aplikasi pemantau banjir

5 Aplikasi Pemantau Banjir yang Bisa Diinstall di Smartphone

Diposting pada

Aplikasi pemantau banjir terbaik sangat penting untuk kamu miliki. Dengan memiliki apikasi ini, maka kamu bisa memantau banjir secara akurat, perkiraan cuaca, hingga peringatan tentang potensi bencana yang bisa terjadi. Hanya melalui smartphone, maka kamu bisa meminimalisir kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Ketika curah hujan mulai tinggi, biasanya akan diikuti dengan adanya banjir yang meluap di beberapa daerah, khususnya daerah perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya. Hal ini tentu membuat masyarakat kesulitan untuk melakukan segala aktivitas sebab adanya banjir ini.

Namun, di era digital saat ini semuanya dibuat serba canggih. Kemunculan berbagai aplikasi yang berguna untuk memantau banjir bisa mempermudah masyarakat untuk mengetahui segala hal. Termasuk jalan mana saja yang sedang dilalui banjir. Sehingga aktivitas mereka tak terhambat dengan adanya aplikasi tersebut.

5 Aplikasi Pemantau Banjir Terbaik

Pantau banjir Jakarta

Nah, karena banyaknya aplikasi pemantau banjir yang ada di Play Store, ada baiknya jika kamu tahu apa saja aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Beberapa aplikasi di bawah ini adalah yang paling direkomendasikan dan memiliki fitur-fitur yang menarik. Berikut aplikasinya untuk kamu!

Baca Juga : Sedang Stres? Yuk Coba 10 Aplikasi Meditasi Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Kembali Rileks

1. Info BMKG

Pantau banjir Jakarta

Aplikasi pemantau banjir pertama yang sangat direkomendasikan untuk kamu adalah Info BMKG. Merupakan kepanjangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang juga dapat memberikan kamu informasi mengenai cuaca hari ini, perkiraan cuaca untuk 3 hari ke depan dan kualitas udara saat ini. Bahkan di aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang gempa bumi, peringatan cuaca dan sebagainya. Aplikasi yang satu ini tak perlu diragukan lagi, karena memang informasi yang kamu akses adalah langsung dari pengamatan BMKG. Selain itu, akan ada press release serta info yang aktual dari BMKG sendiri.

2. Pantau Banjir

aplikasi pemantau banjir Jakarta

Selain aplikasi pemantau banjir yang berasal dari BMKG, kamu juga bisa mengunduh aplikasi lainnya yaitu Pantau Banjir. Di sini kamu akan mendapatkan informasi tentang ketinggian air per RW, kemudian laporan tentang kondisi yang ada di pos pengamanan, pompa air yang beroperasi di Jakarta dan sebagainya.

Sama seperti info BMKG, kamu juga tak bisa meragukan aplikasi yang satu ini. Dikarenakan Pantau Banjir memang dikeluarkan sendiri secara khusus oleh Pemprov DKI Jakarta. Maka segala hal yang ada di dalamnya sudah bisa dipastikan sangat akurat dan bisa kamu percaya.

3. LewatMana

aplikasi pemantau banjir

Satu lagi aplikasi yang bisa digunakan saat ada bencana banjir. LewatMana merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang sangat berguna dan bisa dikatakan cukup lengkap fiturnya. Ada informasi yang bisa kamu akses perihal lalu lintas terkini dan bisa dipakai untuk memantau banjir yang mungkin terjadi. Menariknya lagi dari aplikasi untuk memantau banjir yang satu ini adalah, ada fitur yang akan membuat kamu dapat melihat kondisi jalan dengan cara real time dan berasal dari kamera jalan yang terpasang. Sehingga kamu bisa memantau dengan mudah dan menghindar area-area yang terdampak banjir.

4. Z-Alert

aplikasi pemantau banjir

Kalau aplikasi pemantau banjir ini adalah garapan dari PT Zurich Insurance Indonesia yang dapat membantu banyak warga Jakarta mendapatkan informasi terkini perihal bencana seperti contohnya banjir, kecelakaan, pemadaman listrik, kebakaran dan sebagainya. Nantinya, jika kamu mengunduh Z-Alert ini, maka kamu juga akan mendapatkan notifikasi mengenai peringatan bencana dan lengkap dengan lokasinya.

5. Waze

Mungkin kamu mengenal aplikasi Waze ini sebagai penunjuk jalan. Namun, nyatanya kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi pemantau banjir ketika sedang dibutuhkan. Ada fitur komentar yang bisa kamu gunakan di dalam sini untuk mengetahui kondisi jalan yang nantinya akan kamu lalui.

Penutup

Itulah berbagai aplikasi pemantau banjir yang bisa kamu unduh di Play Store. Tak hanya banjir saja, bahkan ada info mengenai bencana lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Nah, yuk buruan install aplikasinya! Jangan lupa share informasi ini, sehingga akan banyak keluarga, saudara, dan sahabat-sahabat kita yang bisa terbantu karenanya. Selain sebagai ibadah menyebarkan informasi bermanfaat juga merupakan salah satu bukti kita mencintai sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *