Aplikasi Meditasi Terbaik

Sedang Stres? Yuk Coba 10 Aplikasi Meditasi Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Kembali Rileks

Diposting pada

Daftar aplikasi meditasi terbaik merupakan informasi menarik agar pikiran bisa segera rileks ketika masalah hidup menghampiri. Dengan memiliki salah satu aplikasi tersebut, maka proses meditasi dapat  berlangsung dengan lebih baik.

Mungkin kamu sering melihat cara melakukan meditasi di film-film. Bahkan dalam film laga  meditasi juga sangat berperan penting dalam proses suatu ilmu kebatinan. Lantas apakah sebenarnya meditasi itu?

Pengertian Meditasi dan Manfaatnya

Sebelum membahas aplikasi meditasi terbaik, ada baiknya jika kita pahami terlebih dahulu pengertian meditasi itu sendiri. Pada dasarnya meditasi merupakan suatu praktik relaksaksi untuk melepaskan semua pikiran negatif yang ada dalam pikiran.

Dalam hal ini meditasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan mental yang terstruktur yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan menganalisa, menyimpulkan, dan menentukan berbagai langkah selanjutnya dalam menyikapi atau menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan dan lainnya.

Dilansir dari wikipedia.org, ada banyak arti dari meditasi atau yang juga sering disebut sebagai semedi ini. Adapun beberapa pengertian tersebut diantaranya yaitu:

  • Sebagai jalan berkomunikasi dengan Tuhan Semesta Alam.
  • Sebagai jalan untuk meraih ketenangan batin.
  • Sebagai jalan masuk ke dalam kesadaran jiwa.
  • Sebagai jalan untuk intropeksi diri.
  • Sebagai jalan untuk mengubah hidup.

Manfaat Meditasi

manfaat meditasi
Dilansir dari sumber yang sama, Seorang ahli jantung dari Universitas Harvard, Dr. Herbert Benson, adalah orang pertama yang sangat yakin menggabungkan pengobatan gaya barat dengan manfaat meditasi. Dirinya kemudian menjelaskan manfaat-manfaat meditasi secara ilmiah, yaitu :

  1. Jika dilakukan sdcara rutin, meditasi bermanfaat untuk membuat sel dan organ-organ tubuh dalam keadaan baik, dan senantiasa bekerja dengan baik pula.
  2. Menerima dengan baik segala hal yang terjadi dalam kehidupan, baik hal yang menyenangkan maupun sebaliknya.
  3. Dapat membawa berkah dengan sesama.
  4. Senantiasa berprilaku hidup yang baik.
  5. Dapat mengerti orang lain dan memaafkan kesalahannya.
  6. Mampu mengatur dan mengendalikan orang lain serta memaafkannya.

10 Aplikasi Meditasi Terbaik

Mungkin kata meditasi adalah sesuatu hal yang umum di era sekarang ini. Praktik kesehatan yang membutuhkan pemusatan pikiran dan perasaan ini nyatanya dapat mengurangi stres dan lelah yang kerap dirasakan oleh banyak orang. Karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan juga jiwa, akhirnya meditasi semakin meluas dan dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia.

Melakukan meditasi memang kerap kali membutuhkan pembimbing, akan tetapi di era yang sudah canggih ini kamu juga bisa melakukannya sendiri. Bermodalkan beberapa aplikasi yang ada di smartphone, kamu sudah bisa melakukan meditasi dengan mudah. Nah, untuk membantumu melakukan hal tersebut, di bawah ini ada rekomendasi aplikasi meditasi terbaik yang bisa kamu coba terlebih dahulu dan pilih mana yang sekiranya cocok. Apa saja aplikasinya?

Baca Juga : 15 Aplikasi untuk Mengatasi Insomnia, Tidur Tenang dan Makin Nyaman

1. Stop, Breathe & Think

Aplikasi Meditasi Terbaik

Aplikasi meditasi yang satu ini ditujukan untuk kalangan remaja atau yang usianya di bawah 25 tahun. Aplikasi ini pun menawarkan meditasi mindfull, yang mana pengembangnya berharap dengan adanya Stop, Breathe & Think, maka banyak remaja dan orang-orang dewasa muda mampu mengatasi emosi yang ada pada diri mereka.

Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat mengatasi isu tentang kesehatan mental contohnya saja seperti depresi, serangan panik, anxiety, kecemasan dan lain sebagainya. Kamu yang ingin mencoba aplikasi satu ini bisa menjajalnya secara gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati fasilitas yang lebih lengkap darinya, kamu bisa melakukan pembayaran dengan nominal tertentu.

2. The Mindfulness App

Aplikasi Meditasi Terbaik

Cocok sekali jika dicoba oleh para pemula dalam bidang meditasi. The Mindfulness App akan memberikanmu sebuah pelatihan meditasi yang baik dan juga cukup cepat. Pada aplikasi meditasi ini kamu akan mulai diberi latihan dan juga pengenalan selama paling tidak 5 hari.

Setelah itu akan masuk pada sesi meditasi terbimbing yang dilakukan selama 3-30 menit. Kamu pun bisa membuat sebuah jurnal dan bahkan ada pengingat juga yang menjaga agar kamu tidak lupa melakukan meditasi ini.

3. Insight Timer

Aplikasi Meditasi Terbaik

Ada lebih dari 700 lagu untuk meditasi yang bisa kamu coba di Insight Timer. Bahkan di aplikasi meditasi yang satu ini, kamu juga bisa mencoba ribuan panduan dalam hal meditasi untuk pemula hingga yang sudah profesional. Tak hanya itu saja, ada grup diskusi dan komunitas yang akan membantumu bersosialisasi dengan para pengguna yang lainnya. Jadi, bermeditasi sekaligus mencari teman, bukan?

4. Simply Being

Aplikasi Meditasi Terbaik

Kalau aplikasi yang satu ini, justru dibuat oleh pendiri dari podcast Oasis Meditasi yaitu Richard dan juga Mary Maddux. Kamu tak perlu kerepotan dalam memakainya, karena Simply Being sangat mudah penggunaannya. Berbagai bimbingan bermeditasi akan kamu dapatkan.

Selain itu, di aplikasi meditasi ini kamu juga bisa menyesuaikan waktu dan juga gaya meditasi yang kamu inginkan. Contohnya saja kamu bisa melakukan meditasi dengan adanya suara alam atau musik yang menenangkan. Nah, jadi lebih menarik, bukan?

5. Aura: Sleep & Mindfulness

Aplikasi Meditasi

Bagi kamu yang memiliki jadwal dan kesibukan yang padat, aplikasi ini sangat cocok untuk diunduh. Aura memang dirancang agar kamu bisa melakukan meditasi selama 3 menit dan juga membantumu dalam mengatasi stres. Selain itu, Aura juga bisa membantu kamu dalam memperbaiki kualitas tidur agar lebih nyenyak lagi.

Rekomendasi Kami : Review Aplikasi Kesehatan Terbaik SehatQ

6. The Breathing App

Aplikasi Meditasi

Seperti namanya, The Breathing App memiliki konsentrasi dari latihan pernafasan, serta manfaat psikologis yang dapat pengguna dapatkan dari latihan pernafasan tersebut. Manfaat tersebut di dalamnya termasuk meningkatkan kesehatan paru-paru, penurunan kecemasan dan stres, serta untuk meningkatkan keseimbanbangan emosi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, semua itu juga sangat bermanfaat untuk pola tidur. Aplikasi yang dikembangkan oleh Deepak Chopra dan Eddie Streen ini sangatlah sederhana dan sempurna, sangat cocok bagi siapa saja yang menginginkan manfaat besar dari meditasi, dan juga kesehatan pikiran.

7. Headspace

Aplikasi Meditasi

Headspace adalah salah satu aplikasi meditasi terbaik yang dikembangkan oleh Andy Puddicombe, seorang ilmuan olahraga yang kemudian menjadi biksu Budha. Aplikasi ini sangat kami rekomendasikan, di dalamnya mencangkup berbagai latihan meditasi, baik dengan artikel, video, maupun latihan secara langsung.

Saat pertama kali menggunakannya, aplikasi Headspace ini akan mengajak kamu melalui 10 sesi meditasi. 10 sesi tersebut sangat penting, sebab merupakan pondadi atau dasar-dasar meditasi yang harus kamu pahami. Tak heran jika aplikasi ini begitu populer dan tentu sangat rekomend bagi yang ingin belajar meditasi dengan baik.

8. Smiling Mind

Aplikasi Meditasi

Smiling Mind pertama kali pembuatannya ditujukan untuk anak-anak serta remaja, namun kemudian juga dapat digunakan oleh pengguna yang sudah dewasa.

Aplikasi ini mengajak anak-anak dan remaha untuk mengenal perasaan dan menguasai emosi yang muncul dari dalam dirinya. Untuk orang dewasa sendiri, Smilling Mind dapat digunakan untuk belajar meditasi sesuai topik tertentu, misalnga seperti kemampuan mendegar dan juga makan dengan sadar.

9. Buddhify

Rekomendasi aplikasi meditasi terbaik berikutnya adalah Budfhify. Aplikasi ini hadir membawa banyak jenis meditasi yang berdasarkan emosi maupun kegiatan. Aplikasi ini merupakan penyedia meditasi tingkat lanjut, sangat cocok bagi kamu yang sudah memiliki kemampuan dalam bermeditasi dan ingin mengembangkannya.

Selain aplikasi ini, sang kreator dari Buddhify juga telah mengembangkan beberapa meditasi khusus yang hanya dapat difungsikan jika penggunanya bermeditasi dengan pasangan, sahabat, rekan kerja, maupun orang lain. Dengan memiliki aplikasi ini, kamu juga bisa mengirim meditasi kepada teman yang diinginkan.

10. Calm

Ini merupakan aplikasi meditasi terbaik terakhir yang akan kita bahas. Calm menawarkan beragam meditasi khusus, sebab aplikasi ini memang didesain khusus untuk membantu pengguna, supaya dapat merasakan ketenangan hati dan pikiran. Waktu yang harus dilalui untuk bermeditasi juga cukup beragam, yaitu mulai dari 3 menit sampai 25 menit.

Dalam aplikasi ini, juga ada program meditasi harian sepuluh menit, yaitu Daily Calm. Program ini sangat cocok digunakan saat kamu mulai memulai hari dan juga sebagai sesi terakhir aktifitas di hari tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan latihan pernafasan, musik menenangkan, dan juga cerita yang dapat membantu penggunanya untuk tertidur. Selain untuk pengguna Android, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna iOS.

Penutup

Itu dia beberapa aplikasi meditasi terbaik yang bisa kamu coba untuk meredakan stres dan juga lelah yang sering kamu alami. Nah, semoga dapat bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *