10 Merk Freezer Terbaik dengan Kualitas Mumpuni dan Awet, Simak Sebelum Membeli!

  • Whatsapp
merk freezer terbaik

Merk freezer terbaik benar-benar harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis Freezer. Selain agar mendapatkan produk berkualitas dan harga yang tepat, merk juga sangat berpengaruh terhadap keawetan suatu produk tertentu.

Mengingat kebutuhan akan freezer semakin tinggi, dimana selain untuk kebutuhan industri maupun usaha seperti jualan makanan beku dan es krim, masyarakat juga mulai membutuhkannya untuk kebutuhan rumah tangga. Salah satunya untuk mengawetkan daging dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cukup lama.

Apapun keperluanmu saat ini, baik untuk kebutuhan rumah tangga, usaha, maupun industri, mengetahui rekomendasi merk freezer terbaik tentu sangatlah penting. Pada kesempatan kali ini, Dunia Elektronik akan memberikan rekomendasinya agar bisa menjadi dasar dalam memilih produk berkualitas.

A. Pengertian dan Jenis-jenis Freezer

Sebelum membahas merk freezer terbaik, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian freezer dan jenis-jenisnya.

Pada dasarnya freezer mirip seperti kulkas yaitu sebagai alat pendingin. Bedanya kulkas suhunya di atas 0°C, sementara freezer memiliki suhu di bawah 0°C sehingga dapat membuat makanan yang disimpan di dalamnya lebih cepat dingin hingga membeku. Dengan menggunakan freezer maka kamu bisa menyimpan dan mengawetkan makanan dengan lebih lama, hal ini karena dalam suhu -18 0°C bakteri yang terdapat pada makanan akan tertidur, sehingga tidak akan menyebabkan makanan membusuk.

a. Jenis-Jenis Freezer

1. Slow Freezer

Slow freezer adalah alat pendingin yang memiliki suhu 0°C hingga -25°C, dengan laju pergerakan es 0.2 cm/h. Contoh freezer yang masuk dalam kategori ini adalah chest freezer, cold storage, dan juga curva glass freezer.

Seperti namanya, jenis freezeer ini cukup lama dalam membekukan bahan makanan. Kendala yang sering dihadapi pengguna, biasanya efisiensi penggunaannya dapat terganggu karena pembentukan bunga es nya terbilang sangat cepat.

Chest Freezer

jenis-jenis freezer

Chest freezer adalah jenis freezer yang masuk dalam kategori slow freezer. Alat ini digunakan untuk meyimpan dan membekukan berbagai bahan makanan seperti sayur, frozeen food (sea food, nuget, sosis dan lainnya), hingga daging segar. Selain keperluan rumah tangga, chest freezer juga biasanya digunakan untuk keperluan toko, restoran, cafe, dan juga hotel.

Jika kamu membutuhkan freezer untuk dapat mengawetkan makanan dalam waktu lama, sebaiknya tidak menggunakan freezer jenis ini. Hal ini karena proses penginginnya bisa mencapai waktu 3 sampai 72 jam sehingga cukup lama.

2. Curve Glass Freezer

jenis-jenis freezer

Jenis freezer yang masuk dalam kategori slow berikutnya adalah chest freezer. Selain dilengkapi dengan kunci, alat ini juga dapat ditambahkan media iklan sehingga cocok untuk berjualan, seperti es krim, frozen food, dan lainnya.

Hampir sama dengan jenis freezer sebelumnya, alat ini juga bekerja pada suhu 0-25 °C.

2. Quick Freezer

Quick freezer adalah jenis freezer dengan laju pembekuan 0.5- 3 cm/h, sehingga terbilang lebih cepat dibandingkan chest freezer. Bekerja pada suhu 0°C hingga -40°C, tak heran jika kemampuannya bisa tiga kali lebih cepat dari slow freezer. Masuk dalam ketegori jenis freezer ini contohnya adalah air blast freezer.

Air Blast Freezer

Air blast freezer adalah jenis freezer yang banyak digunakan pada industri bahan makanan seperti produk perikanan dan lainnya. Jenis freezer ini bekerja pada suhu 0°C hingga minus 40°C, selain proses pendinginannya yang sangat cepat sehingga kualitas makanan lebih terjaga, hal ini juga dapat menghambat proses deteriorasi yang dilakukan oleh mikroba sehingga makanan tetap segar dan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

B. Tips Memilih Freezer yang Bagus

1. Pilih Merk Berkualitas

Setiap merk memiliki standar kualitasnya sendiri, selain awet dan berperforma handal kamu juga bisa mengetahui merk freezer berkeluatitas dari review atau ulasan para penggunanya. Selain melalui internet, tentu mudah mendapatkan ulasan ini, baik dari teman, saudara, atau siapapun yang sudah memiliki freezer di rumahnya.

Jika kamu ingin mendapatkan rekomendasi merk freezer yang bagus, jangan khawatir karena kali ini dunia elektronik akan membahasnya dengan lengkap.

2. Beli Di Toko Terpercaya

Selain merk freezer yang bagus, kamu juga harus membeli produk tersebut di toko terpercaya. Selain dapat terhindar dari barang palsu, ini juga dapat meminimalisir oknum toko yang bisa saja berbuat curang dan dapat merugikan customernya.

Sama seperti cara mengetahui merk freezer terbaik, kamu juga bisa mengetahui rekomendasi toko elektronik terbaik, dari review customernya. Jika kamu memiliki kenalan dekat yang memiliki toko elektronik, tentu membeli di tempatnya lebih kami rekomendasikan. Selain dapat mempererat tali persaudaraan, komplain mudah, kualitas produk tentu lebih dapat terjamin.

3. Hemat Listrik

Jika suhu dalam ruang freezer sudah dingin sebenarnya daya listrik yang dibutuhkannya tidak terlalu besar. Namun, selain di awal kerjanya membutuhkan daya yang lebih untuk melakukan proses pendinginan, jika freezer sering dibuka juga akan membuatnya kehilangan beberapa udara dingin dan harus kembali mengulang proses pendinginan tersebut.

Hal ini tentu akan sering terjadi, khususnya freezer yang sering dibuka seperti curva glass freezer yang pasti akan dibuka setiap ada customer yang membeli produk yang kamu jual di dalamnya. Oleh karena itu, untuk menghindari biaya tagihan listrik membengkak sebaiknya belilah produk yang hemat energi listrik. Cara mengetahui produk hemat listrik, silahkan bisa kamu pelajari pada artikel sebelumnya dengan cara klik di sini.

4. Memiliki Daya pendingin yang Maksimal

Fungsi utama freezer adalah sebagai alat pendingin, oleh karena itu memilih produk dengan daya pendingin maksimal tentu merupakan pilihan yang sangat tepat.  Jika kita salah memilih, maka kinerjanya bisa kurang optimal sehingga dapat menghambat proses kerja dan mengurangi kualitas makanan yang disimpan.

5. Menggunakan Material Berkualitas

Tips memilih freezer yang bagus berikutnya adalah memilih dengan material yang bagus. Salah satu material eksterior freezer yang bagus adalah yang terbuat dari stainless steel. Selain kokoh bahan ini juga anti gores dan tidak menghilangkan bekas meski sering disentuh, jika kotor proses pembersihannya pun sangat mudah.

Stainless stell juga umumnya berdesain mengkilap sehingga semakin memperindah penampilan freezer.

6. Memiliki Fitur yang Dibutuhkan

cara memilih freezer

Selain membeli merk freezer yang bagus, kamu juga harus memperhatikan fitur yang dimiliki suatu produk. Adapun beberapa fitur penting yang umumnya dibutuhkan adalah auto deforst dan child lock device.

Fitur Auto Defrost

Fitur auto defrost sangat berguna untuk membersihkan lapisan es pada freezer, dimana biasanya jika dibiarkan maka akan semakin mengeras. Dengan adanya fitu ini, maka freezer bisa membersihkan lapisan es tersebut dengan sendirinya. Dalam hal ini kamu cukup memindahkan makannan yang ada dalam freezer dan biarkan ia bekerja, setelah sudah bersih dari lapisan es tersebut maka kamu bisa memasukan makanan tersebut kembali.

Fitur Child Lock Device

Jika freezer yang digunakan untuk menjual aneka makanan untuk anak-anak, atau memang memiliki anak di rumah dan bisa menjangkau freezer dengan mudah sebaiknya pilihlah produk yang memiliki fitur ini. Fitur child lock device sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada anak-anak saat menyentuh benda ini.

Selain itu fitur child juga dapat mencegah kunci tertinggal pada pintu, sebab dengan fitur ini maka kunci akan terlepas otomatis saat kamu selesai mengunci pintu freezer.

7. Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih sesuai kebutuhan tentu tips memilih freezer yang bagus dan juga tepat yang tidak boleh kamu lupakan. Dengan membeli sesuai kebutuhan, maka akan mencegah produk menganggur karena fungsinya sudah tidak dibutuhkan. Mengetahui jenis-jenis freezer yang telah dibahas di atas, tentu akan semakin kamu mudah memahami jenis produk apa yang memang benar-benar kamu butuhkan.

cara memilih freezer yang bagus

Selain memperhtikan jenis freezer, produk yang sesuai kebutuhan tentu saja yang ukurannya juga sesuai kebutuhan. Jika untuk keperluan bisnis membeli freezer berukuran besar tentu tidak masalah, asalkan memang sesuai dengan keperluan bisnis. Namun jika tujuannya hanya untuk keperluan rumah tangga, sebaiknya pilihlah freezer yang berukuran kecil, selain simpel dan hemat ruang juga lebih hemat listrik.

Ukuran freezer yang ada di pasaran tentu sangat beragam, untuk ukuran terkecilnya sendiri yaitu 57 x 49 x 88 cm dengan volume 105 liter, sementara ukuran terbesarnya bisa mencapai 222 x 82 x 88 cm, dengan volume 1200 liter.

8. Sesuai Budget

Tips memilih freezer yang bagus berikutnya tentu saja membeli yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Tidak selalu produk harga lebih murah itu kualitasnya rendah, begitupun sebaliknya. Jika keuangan tidak cukup sebaiknya jangan membeli freezer dengan harga melebihi budget, sebab bisa menghambat atau mengganggu kebutuhan kamu yang lainnya. Jika tetap ingin membeli produk tersebut, menabung sampai uang benar-benar mencukupi tentu adalah keputusan bijak.

9. Bergaransi

Dalam membeli prdouk apapun garansi adalah satu hal yang sangat penting, dengan hal ini kamu tidak akan mengalami kerugian berarti jika produk yang dimiliki cepat mengalami kerusakan. Selain memastikan adanya garansi, waktu garansi tersebut juga harus kamu pikirkan. Semakin lama waktu garansinya maka semakin lama pula produk tersebut mendapatkan perlindungan.

Salah satu bagian utama pada freezer yang sangat membutuhkan garansi adalah compressor. Oleh sebab itu, saat kamu membeli freezer baru pastikan bagian tersebut masuk dalam garansi.

C. 10 Merk Freezer Terbaik

Setelah membahas pengertian freezer dan jenis-jenisnya, maka tibalah saatnya untuk kita membahas apa saja merk freezer yang bagus itu. Untuk lebih jelasnya, berikut daftarnya.

Baca Juga :

1. LG

merk freezer yang bagus

Kamu tentu sudah akrab dengan merk yang satu ini, ya merk freezer terbaik yang pertama kita bahas adalah LG. Sekali pun vendor ini tidak memproduksi freezer dengan skala besar, namun dari spesifikasi produk dan pengalamannya di bidang elektronik tentu kualitas freezer LG tidak perlu diragukan lagi.

Freezer box LG dilengkapi dengan pocket handle yang tangguh dan juga door lock yang dapat digunakan untuk mengunci freezer. Vendor ini melengkapi produknya dengan LED Lighting sehingga freezer dibuka dapat memberikan pencahayaan.

Selain dilengkapi stabilizer sehingga dapat mengendalikan arus litrik saat terjadi low voltage, produk ini juga dilengkapi dengan teknologi fast charging sehingga dapat membekukan makanan dengan lebih cepat.

2. Sanyo

merk freezer yang bagus

Sanyo merupakan salah satu vendor yang terbaik yang cukup konsisten dalam memproduksi berbagai freezer box berkualitas. Salah satu freezer andalan dari merk freezer yang bagus ini adalah chest freezer SF-C11K. Selain dilengkapi white coating inner box, di dalamnya juga telah dilengkapi dengan keranjang. Masa garansinya pun cukup lama, yaitu selama 3 tahun.

Perusahaan ini menyediakan berbagai varian freezer box, mulai dari kapasitas 100L hingga 700L. Dengan berbagai varian yang tersedia tersebut, kamu semakin dimudahkan untuk memilih ukuran freezer yang benar-benar sesuai kebutuhan.

3. Sharp

merk freezer yang bagus

Merk elektronik yang sudah diakui kualitasnya berikutnya adalah Sharp, yang juga turut memproduksi freezer. Ukuran frezer box yang diproduksinya yang paling besar adalah berkapasitas 300L.

Selain memproduksi freezer box yang dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan, Sharp juga turut memproduksi freezer yang dilengkapi dengan sliding door dengan bagian atas terbuat dari kaca bening. Freezer jenis ini tentu sangat cocok digunakan untuk berjualan, misalnya saja seperti jualan es krim dan lainnya.

4. AQUA

merk freezer yang bagus

Merk freezer terbaik berikutnya adalah AQUA. Frizer yang diproduksi merk ini terbukti hemat listrik dan eco-friendly. Menariknya lagi, freezer AQUA juga dapat difungsikan juga sebagai cooler. Freezer tersebut juga dilengkapi teknologi fast freezing sehingga dapat lebih cepat dalam membekukan makanan.

Selain untuk keperluan rumah tangga, freezer AQUA juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis. Salah satu kelebihan lainnya beberapa produknya juga dapat bekerja dalam keadaan low voltage sekalipun tanpa dukungan stabilizer yang bagus.

5. Electrolux

merk freezer yang bagus

Selain menghadirkan lemari es yang berkualitas, Electrolux juga turut memproduksi freezer berkapasitas besar yang handal. Beberapa varian freezernya antara lain berkapasitas 113L, 186L, dan juga 274 L, masing-masing daya yang dibutuhkan produk tersebut untuk bekerja adalah 115 warr, 120 watt, dam 140 watt.

Salah satu merk freezer terbaik ini selain sudah tekenal kualitasnya, keawetannya pun sudah tak perlu diragukan lagi. Bagi kamu yang mencari freezer berkapasitas besar namun hemat listrik, merk Electrolux adalah salah satu pilihan yang tepat.

6. Midea

merk freezer terbaik

Midea merupakan salah satu merk freezer terbaik. Vendor ini menghadirkan berbagai varian produk yang lengkap, dimulai dari kapasitas terkecil 99L dan yang paling besar 600L. Untuk produk dengan kapasitas terbesar, dilengkapi dengn doubel door dan bagian dalamnya juga dilengkapi keranjang yang dapat dilepas. Kamu pun bisa dengan mudah memindahkan salah satu merk freezer yang bagus ini, hal ini karena pada bagian bawahnya telah dilengkapi dengan roda.

Bagi kamu yang membutuhkan freezer hanya untuk berukuran kecil saja, maka bisa memilih produk dengan ukuran kapasitas 99L, 198L, hingga 300L. Selain semua produknya telah dilengkapi keranjang yang bisa dilepas, Midea juga turut membekali beberapa varian freezernya dengan LED Lighting.

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak membutuhkan freezer dengan kapasitas yang besar, Midea juga menyediakan freezer dengan ukuran 99L, 198L, sampai dengan 300L. Semua freezer box Midea sudah dilengkapi dengan keranjang dalam yang bisa dilepas. Beberapa di antaranya juga sudah dibekali dengan LED Lighting.

7. Daewoo

merk freezer terbaik

Merk freezer yang bagus berikutnya adalah Daewo, vendor ini sudah cukup familiar sebabab beberapa produk elektroniknya memang telah dipasarkan di tanah air. Selain untuk keperluan bisnis, perusahaan elektronik ini juga turut menghadirkan freezer box untuk kebutuhan rumah tangga, mulai dari kapasitas 60L, 100L. 150L, hingga 200L.

Salah satu merk freezer terbaik ini telah dilengkapi dengan teknologi quick freezing sehingga dapat membekukan makanan dengan lebih cepat. Menariknya lagi disediakan juga pengatur temperatur yang bisa kamu atur sesuai keinginan.

8. Sansio

merk freezer terbaik

Bagi kamu yang sedang mencari merk freezer yang bagus, Sansio merupakan salah satu pilihan yang tepat. Ini merupakan merk freezer dengan kapasitas besar yang cukup familiar, sebab banyak digunakan untuk menyimpan berbagai makanan beku dan es krim di berbagai supermarket.

Freezer box dari vendor ini telah dilengkapi dengan keranjang yang dapat dilepas sehingga dapat menjawab berbagai kebutuhan. Untuk mendukung penjualan produk di freezernya Sansio juga telah menyediakan produknya yang telah dilengkapi sliding door dengan kaca bening. Selain dijual dengan harga reasonable, Sansio juga menjamin produk freezer box nya juga hemat listrik.

9. Modena

merk freezer terbaik

Merk freezer terbaik berikutnya adalah Modena, yang juga sangat terkenal akan produk oven berkulitas dan kompor gasnya. Vendor ini juga menyediakan freezer box dengan kapasitas hingga 1.300L. Dengan hal ini, bagi kamu yang membutuhkan freezer berkapasitas besar, maka vendor ini bisa menjadi referensi yang tepat.

Selain memproduksi freezer dengan bahan pelastik, freezer yang diproduksinya juga menggunakan bahan stainless steel sehingga selain kokoh, anti gores, penampilannya juga menawan.

10. Ikeda

merk freezer terbaik

Bagi kamu yang sedang mencari merk freezer yang bagus, idak usah bingung lagi sebab selain merk-merk di atas, ada lagi satu merk yang kami rekomendasikan yaitu Ikeda. Wajar jika kualitas freezer dari vendor ini tidak perlu diragukan lagi. Salah satu alasannya adalah karena kompresoe yang digunakannya merupakan buatan Panasonic Japan.

Semua produk freezer Ikeda telah dilengkapi dengan teknologi yang dapat membuat makanan lebih cepat membeku. Kualitasnya juga semakin terjamin dengan adanya jaminan garansi selama dua tahun.

D. Penutup

Dengan mengetahui 10 merk freezer terbaik di atas, tentu sekarang kamu sudah memiliki rekomendasi untuk membeli salah satu merk freezer yang bagus tersebut. Nah menurut kamu, diantara semua merk freezer yang telah dijelakan di atas, manakah yang paling menarik. Bagaiaman pesan dan kesanmu setelah menggunakan freezer dengan merk tersebut, yuk berbagi dengan yang lainnya di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *