Bahan Isolator Terbaik yang Sering Digunakan di Rumah Tangga

  • Whatsapp
Macam-Macam Bahan Isolator

Penggunaan Bahan Isolator di Rumah Tangga banyak sekali. Alat-alat ini sengaja ditambahkan zat yang bersifat Isolator agar pekerjaan lebih mudah dan tidak membahayakan bagi penghuni rumah.

Saat memasang instalasi listrik misalnya, bahan isolator selain berfungsi untuk keselamatan kerja juga digunakan agar tidak terjadi konsleting aliran listrik. Anda tentu sudah sangat akrab dengan hal ini bukan?

Baca Juga : Cara Terbaik Memasang Genset ke Listrik PLN, Mudah dan Aman!

Pengertian Isolator

Dalam ilmu fisika pengertian isolator adalah bahan tidak dapat menghantarkan panas dengan baik.

Sementara itu, dalam ilmu kelistrikan bahan isolator memiliki pengertian yang berbeda, yaitu bahan yang tidak bisa mengantarkan arus listrik dengan baik.

Zat Isolator atau dikenal juga dengan penghambat maupun penyekat. Zat ini memang memiliki kemampuan untuk menghambat arus listrik yang datang. Tempat yang diberikan bahan penyekat tidak akan dialiri listrik. Sehingga aman untuk di pegang.

Penggunaan beberapa bahan penyekat ini, dipakai pada berbagai hal. Tidak hanya untuk rangkaian elektronik yang biasa kita lihat. Tetapi digunakan juga pada berbagai peralatan dirumah.

Macam-Macam Bahan Isolator Rumah Tangga

Jenis bahan Isolator yang digunakan di rumah tangga bermacam-macam, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Plastik

Merupakan bahan sintesis, bisa dibentuk dan dikeraskan melalui proses pemanasan. Kegunaan plastik dalam kelistrikkan sangat penting, karena kemampuan menghambat aliran listrik zat ini banyak digunakan untuk berbagai hal.
Ada dua jenis bahan isolator yang digunakan.

Pertama adalah jenis plastik termoplastik. Bahan ini memiliki sifat akan melunak melalui proses pemanasan dan bila di dinginkan akan mengeras kembali.

Kemudian yang kedua adalah jenis plastik termoseting, jenis plastik ini jika dipanaskan akan mengeras. Kemudian ji
Jenis kedua yaitu termoseting, plastik jenis ini akan mengeras jika dipanaskan. Saat didinginkan plastik ini akan semakin keras dan tidak bisa berubah menjadi bentuk semula. Pemilihan jenis plastik sebagai Isolator tergantung kekuatan daya panas yang akan digunakan.

2. Kayu

Kayu adalah jenis bahan Isolator yang banyak digunakan dirumah tangga. Sifat Isolator kayu dipengaruhi oleh jenis kayu, panjang kayu, kadar air yang dimilikinya. Sertasifat kimia dan suhu kayu itu sendiri. Kayu yang bersifat Isolator akan berubah menjadi konduktor jika terkena air dalam jumlah tertentu.

Selama kayu bersifat kering tidak bisa dilalui oleh listrik maupun panas. Oleh karenanya kayu banyak digunakan dalam peralatan rumah tangga seperti gagang pada alat memasak dan berbagai peralatan lainnya.

Kayu jati merupakan bahan Isolator kayu yang terbaik. Hal itu karena kayu memiliki nilai arus bocor yang terendah,secara penelitian dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Sehingga penggunaannya relatif lebih aman.

3. Kain

macam-macam bahan isolator

Kain juga jenis bahan Isolator yang banyak digunakan dirumah tangga. Kain merupakan serat alami yang banyak kita jumpai. Sifat Isolator serat alami ini tidak bisa mengantarkan listrik dan panas.

Kain yang digunakan sebagai Isolator biasanya dalam bentuk benang yang dililitkan pada kawat. Benang ini akan menghambat aliran arus listrik dari kawat pada tempat di seberang benang.

Saat ini banyak digunakan benang sintetis pada dunia kelistrikkan. Seperti penggunaan benang nano pada lampu diode (LED) yang menggunakan benang nano sebagai komponen optis.

4. Kaca

Mungkin anda tidak pernah perhatikan jika sisi sebelah kaca dipanaskan maka saat anda meraba pada sisi sebelah yang lain, maka kaca akan teraba tetap dingin. Itu karena kaca memiliki jenis bahan Isolator.

Secara fisika kaca adalah zat cair yang mengalami pendinginan sangat cepat. Sehingga butiran silika tidak sempat untuk menyusun diri. Sehingga partikel-partikel yang menyusunnya saling berjauhan.

Kaca yang digunakan untuk Isolator listrik disebut enamel. Kaca jenis ini digunakan untuk melapisi resistor tanjung. Isolator ini banyak digunakan dalam rangkaian elektronik. Selain itu masih manfaat kaca.

Dari ke empat bahan tersebut kaca adalah Isolator yang baik. Sifat kaca tidak akan bisa merubah menjadi konduktor. Oleh karenanya penggunaankaca sebagai Isolator lebih banyak dipilih.

Rekomendasi Kami : 11 Fungsi Kapasitor yang Penting untuk Anda Ketahui

Berbagai peralatan disekitar anda ternyata menggunakan bahan yang bisa menghambat. Baik arus listrik maupun panas. Pilihlah bahan Isolator sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai tersengat arus, karena salah memilih bahan Isolator.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *