2 Cara Memasang Genset ke Listrik PLN dengan Aman dan Mudah

  • Whatsapp
Cara Memasang Genset ke Listrik PLN

Pada postingan kali ini kita akan membahas cara memasang genset ke  listrik PLN baik menggunakan cara yang biasa, maupun cara instalasi genset otomatis. Selain untuk kebutuhan rumahan cara ini juga penting diketahui bagi siapa saja yang memiliki usaha, sehingga saat mati lampu sekali pun usaha yang dijalankan tidak akan mengalami gangguan.

Banyak sekali jenis usaha yang sangat membutuhkan energi listrik untuk menopang usahanya, misalnya saja usaha percetakan, warnet, BRI Link, dan lain sebagainya. Selain berguna untuk membuat usaha tetap berjalan ketika mati lampu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga keamanan usaha. Saat mati lampu di malam hari, peluang orang berbuat tidak baik di usaha kita tentu akan semakin tinggi.

Pengertian Genset

Sebelum membahas cara instalasi genset ke listrik rumah, ada baiknya kita pahami pengertian genset itu sendiri.  Pada dasarnya genset merupakan kepanjangan dari Generator Set, dimana  jika diartikan secara harfiah  berarti satu set pembangkit listrik, sebab berasal dua kata yaitu generator yang artinya pembangkit listrik dan set satu set.

Sementara menurut Wikipedia, pengertian genset adalah suatu alat yang digunakan untuk memproduksi energi listrik dimana energi tersebut berasal dari sumber energi mekanik, yang umumnya menggunakan induksi elektromagnetik.

Cara Kerja Genset

Pengertian genset yang dapat disebut sebagai genarator set, hal ini dikarenakan di dalam genset tersebut terdapat dua jenis perangkat utama, yakni generator dan juga mesin. Dalam hal ini kedua perangkat tersebut saling berhubungan, dimana fungsi utama mesin adalah untuk memutar generator, perputaran ini kemudian membuat perangkat generator dapat menghasilkan induksi elektromegnetik.

Menurut ilmu fisika dapat kita pahami, bahwa ketika mesin bekerja maka akan memutar rotor genertor yang kemudian pada kumparan statornya akan timbul medan magnet.  Medan magnet yang ditimbulkan tersebut kemudian akan berinteraksi dengan rotor, sehingga kemudian menyebabkan terjadinya arus listrik seperti yang telah dijelaskan dalam hukum Lorentz.

Manfaat Genset

Setelah membahas pengertian genset, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas manfaat genset itu sendiri. Dahulu sebelum PLN masuk ke desa, penulis pun mengenal alat yang bisa menyalakan lampu di malam hari untuk pertama kalinya adalah genset. Dimana saat itu, kehadiran  genset dapat membuat rumah-rumah warga terang disaat malam hari.

Saat ini manfaat genset tentu akan sangat terasa ketika terjadinya pemadaman listrik, terutama saat malam hari. Namun selain kebutuhan saat mati lampu, nyatanya kehadiran genset memang sangat dibutuhakn diberbagai acara misalnya saja acara pramukaan, hajatan, kampanye, pentas musik dan lainnya yang mayoritas membutuhkan pasokan energi listrik dalam sekala besar.

2 Cara Memasang Genset ke Listrik PLN

Cara Memasang Genset ke Listrik PLN

Setelah membeli genset biasanya beberapa orang mengalami kebingungan, khususnya dalam hal cara memasang genset ke listrik pln agar kebutuhan listrik tetap bisa terpenuhi meski terjadi pemadaman. Dalam hal memasang instalasi genset rumah memang kita tidak boleh sembarangan, dan tidak diperkenankan untuk menyambung secara langsung aliran listrik dari genset ke jaringan listrik yang ada di rumah.

Baca Juga : 13 Merk Genset Terbaik untuk Kebutuhan Rumahan dan Industri, Pahami Sebelum Membeli!

Apabila salah dalam instalasi genset rumah ini, maka tentu dapat mengakibatkan kerusakan. Terutama ketika listrik PLN menyala kembali namun genset masih tersambung langsung ke jaringan listrik yang ada di rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, pada postingan kali ini kita akan membahas 2 cara instalasi genset ke listrik rumah.

Tentunya bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal apabila secara tiba-tiba listrik PLN kembali menyala namun generator masih tersambung secara langsung di jaringan listrik rumah. Bagaimana cara instalasi generator ke jaringan rumah tanpa harus memanggil teknisi. Berikut ini adalah ulasan langkah demi langkah cara memasang instalasi generator di rumah sebagai referensi anda dalam proses pemasangan instalasi generator di rumah. Berikut Penjelasannya:

Cara Memasang Genset ke Listrik PLN dengan Saklar Ohm

cara memasang genset ke listrik pln

Cara memasang genset ke listrik pln di rumah salah satunya bisa menggunakan saklar Ohm. Sebelum melakukan instalasi genset rumah dengan cara ini, sebaiknya kamu persiapkan terlebih dulu berbagai alat yang dibutuhkan seperti tespen, kabel berkualitas, isolatip, saklar Ohm, klem untuk saklar, tang, dan juga obeng.

Jika semua peralatan telah kamu siapkan, maka selanjutnya tinggal memahami bagaimanacara instalasi genset ke listrik rumah. Adapun fungsi saklar Ohm di sini adalah untuk menentukan aliran listrik yang akan digunakan, yaitu menggunakan genset atau PLN.

Di dalam saklar Ohm umumnya ada 3 terminal atas, tengah, dan bawah yang bertugas untuk menentukan beban. Pada kondisi netral kamu bisa memposisikan saklar pada bagian tengah, yang berarti tidak ada aliran listrik pada instalasi rumah. Untuk posisi bawah maupun atas bisa ditentukan sesuai keinginan, misalnya posisi atas untuk PLN dan bawah untuk genset, maupun sebaliknya.

Selanjutnya kamu tinggal memasang kabel-kebel yang ada pada saklar Ohm. Dilangkah pertama sebaiknya kita melakukan pemasangan jalur pada listrik yang berasal dari generator. Kita ambil contoh posisi bawah untuk generator dan posisi atas untuk jaringan listrik PLN. Maka kamu tinggal memasang kabel dari generator ke terminal saklar posisi bawah. Pastikan kabel tersebut terpasang dengan benar dan rapi.

cara memasang genset ke listrik pln

Selanjutnya matikanlah aliran listrik dari PLN dan putuskan pula jalur utamanya. Pasang kabel pada posisi atas saklar Ohm atau biasa juga disebut sebagai saklar besar di posisi atasnya, kemudian hubungkan dengan instalasi listrik PLN yang ada di rumah.

Agar kamu tidak harus mematikan berbagai beban listrik ketika hendak menyalakan generator, setelah memasang saklar Ohm sebaiknya kamu juga memasang sejumlah MCB. Dengan hal ini maka kamu akan dipermudah dalam  hal pengurangan arus listrik dari generator, sehingga sangat membantu jika kekuatan listrik dari generator tidak mampu untuk menyuplai semua beban listrik yang ada di dalam rumah.

Jika semua kabel telah terpasang dengan baik dan benar, selanjutnya kamu tinggal menutup saklar Ohm dengan penutup bagian luarnya. Selanjutnya kamu tinggal memposisikan saklar Ohm di bagian atas untuk mencoba menyalakan listrik PLN melalui MCB yang terpasang pada KWH meter. Selanjutnya jika terjadi mati lampu, kamu tinggal memposisikan saklar Ohm pada posisi bawah untuk kemudian menyalakan genset.

Cara Instalansi Genset Otomatis

instalasi genset otomatis

Setelah membahas cara memasang genset ke listrik pln menggunakan saklar Ohm, selanjutnya kita juga akan membahas cara instalasi genset otomatis. Dengan menggunakan cara ini, maka listrik akan berpindah secara otomatis sesuai kondisi yang terjadi di lapangan. Jadi ketika kamu sedang menggunakan genset kemudian aliran listrik PLN menyala, maka kamu tidak harus khawatir lupa melupakan genset tersebut.

Dalam melakukan instalasi genset otomatis ini, kamu harus menyiapkan berbagai alat dan bahan pendukungnya terlebih dahulu diantaranya sekring otomatis, boz sikring, relay omron, soket relat, kabel NGA, terminal kabel, dan juga papan kayu. Agar mudah dalam melakukan pengkabelan, sebaiknya pada setiap terminalnya diberikan nama.

Kamu juga membutuhkan dua buah relay, adapun fungsi relay kedua ini berfungsi untuk membantu switch S1 (relay 1/R1) sehingga dapat memutus hubungan aki ketika genset dalam posisi kembali menyala.

instalasi genset otomatis

Untuk mengecek rangkaian yang dipasang sudah benar atau belum, kamu bisa mengeceknya dengan mematikan aliran listrik PLN melalui MCB. Kemudian nyalakan genset dan cek listrik yang menyala pada sumber aliran listriknya, selanjutnya hidupkan kembli saklar MCB PLN tersebut. Apabila rangkaiannya sudah benar, maka aliran listrik akan berpindah pada PLN, dan genset pun akan mati secara otomatis. Jika kurang yakin dalam melakukan instalasi genset otomatis, sebaiknya kamu menggunakan jasa orang yang sudah ahli dalam bidang ini.

Cara Aman Menggunakan Genset

cara aman menggunakan genset

Selain memahami cara memasang genset ke listrik PLN kamu juga harus memahami cara aman menggunakan genset. Dengan hal ini, maka selain instalasi PLN maupun genset akan senantiasa berfungsi dengan baik, keselamatan diri juga akan terjaga. Adapun hal-hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

Tempatkan Genset di Ruangan Terbuka

Demi menjaga kesehatan diri dan keluarga, sebaiknya jangan menyimpan genset di ruangan yang tertutup. Hal ini karena ketika bekerja genset mengeluarkan karbon monoksida, dimana ketika terkontiminasi dengan udara sangat tidak baik jika sampai terhirup manusia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tempatkan genset di luar sehingga sirkulasi udaranya baik. Namun tetap pastikan genset tersebut terlindung dari hujan maupun paparan sinar mata hari langsung ya.

Tempatkan Genset di Tempat Datar

Setelah melakukan cara memasang genset ke listrik pln dengan baik, selanjutnya pastikan kamu menaruh genset pada tempat yang datar, dengan hal ini maka genset tersebut tidak akan berpindah tempat akibat getaran yang dihasilkannya.

Jauhkan Genset dari Bahan Bakar

Selain menyimpan di tempat yang datar, pastikan kamu menjauhkan genset pada area yang di sana ada bahan bakarnya. Selain itu, ketika mengisi bahan bakar genset jangan sampai di dekatnya ada rokok menyala, atau pun sumber api yang lainnya. Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kamu juga memiliki alat pemadam kebakaran.

Jangan Menghubungkan Genset Secara Langsung pada Instalasi Listrik Rumah

Hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah, karena hal tersebut dapat membuat umpan balik pada saluran listrik yang ada di rumah kamu. Selain itu, hal ini juga berpotensi menyebabkan kerusakan fatal baik pada generator maupun perlatan listrik yang kamu gunakan.

Kamu juga harus mengindari memasukan kabel generator pada stop kontak, selain dapat menyebabkan matinya jaringan listrik juga bisa berpotensi melukai tetangga maupun pekerja utilitas. Sebaiknya gunakan cara instalasi genset otomatis maupun menggunakan saklar besar seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jangan Sampai Kabel Genset Terendam Air

Cara aman menggunakan genset berikutnya adalah dengan menghindari kabel genset terendam air. Sebab jika sampai ada kabel yang terkelupas maka bisa dengan mudah terjadi konsleting.

Pastikan Oli dan Bakar Sudah Terisi

Baik saat pertama menyalakan maupun pemakaian berikutnya, pastikan bahwa oli dan bahan bakar genset memiliki volume yang cukup. Jangan mengisi bahan bakar maupun oli terlalu berlebihan, karena hal itu juga tidak baik pada kinerja mesin.

Ketika pertama dinyalakan sebaiknnya coba terlebih dulu pada peralatan dengan konsumsi daya besar, setelah itu baru berlanjut pada peralatan dengan konsumsi daya listrik kecil. Jika tidak menggunakan cara instalasi genset otomatis, pastikan saklar MCB dalam posisi off sehingga benar-benar menjamin tidak adanya aliran listrik lain selain dari genset.

Hindari Membebani Genset

Cara aman menggunakan genset berikutnya adalah dengan tidak menggunakan perlatan listrik, yang jumlah dayanya melebihi kapasitas output genset. Jika hal ini dilakukan maka berbagai peralatan elektronik berharga yang kamu miliki bisa rusak. Oleh karena itu, sebaiknya gunakalah peralatan elektronik yang benar-benar dibutuhkan saja.

Baca Buku Panduan dengan Seksama

Untuk menghindari pemasangan genset yang salah, sebaiknya pahami dengan sesama segala tata cara dan aturan pemasangan genset dengan baik dengan benar. Dengan hal ini, selain genset, dan peralatan lainnya dapat terhindar dari kerusakan, kamu dan keluarga juga akan senantiasa aman.

Penutup

Demikian cara instalasi genset ke listrik rumah, baik menggunakan saklar Ohm maupun menggunakan instalasi genset otomatis.

Semoga pembahasan mengenai cara memasang genset ke listrik pln ini bermanfaat, jangan lupa share agar semakin banyak masyarakat kita yang bisa terbantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *