14 Bahaya Game Online serta Kecanduannya untuk Kesehatan Anak dan Remaja

  • Whatsapp
Bahaya Game Online serta Kecanduannya untuk Kesehatan Anak dan Remaja

Bahaya game online mungkin sudah sering kita dengar akhir-akhir ini. Game online atau permainan daring keberadaannya kini sudah seperti candu. Terutama bagi kebanyakan anak-anak dan remaja di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Bukan hanya karena keseruannya, bagi sebagian orang bermain game online juga merupakan trend dan gaya, serta kebutuhan dalam hidup sehari-hari. Karena hal ini, mereka lupa akan dampak negatif atau bahaya main game online secara berlebihan.

Dulu, game yang dalam bermainnya menggunakan jaringan internet ini, umumnya lebih banyak dimainkan di PC atau Warnet saja. Namun seiring perubahan jaman dan berkembangnya teknologi, tak ayal lagi berdampak besar pula pada semakin canggihnya teknologi internet digital dan game online.

Bermain game online kini bukan cuma bisa dimainkan di Komputer saja (PC game). Semakin canggihnya teknologi dibidang telepon seluler (handphone) dan konsol game portable, maka keseruan main game online kini bisa dirasakan juga dengan menggunakan gadget.

Bukan hanya lebih mudah, tapi juga praktis. Tentu saja karena ponsel bisa dibawa kemana-mana.

Game Online Populer dan paling Berpengaruh

Game Online Populer dan paling Berpengaruh

Game online yang sangat berpengaruh dan paling sering dimainkan secara bersama-sama atau main bareng (Mabar) adalah game dengan genre Multiplayer Online Battle-grounds Arena (MOBA). Ada juga First Person Shooter (FPS), Role-Playing Game, Arcade dan survival game.

Berikut ini adalah daftar beberapa game online populer,  yang memiliki pengaruh sangat besar. Utamanya terhadap kehidupan anak-anak dan remaja.

Game Online Komputer (PC Game):

  • PlayerUnknown’s Battle-Grounds
  • Minecraft
  • Warframe
  • DOTA 2
  • Fortnite Battle-Royale
  • Counter Strike
  • Dragon Nest
  • League of Legends
  • Aura Kingdom
  • GTA (Grand-Theft Auto)

Game Online Handphone / Smartphone (Mobile Game):

  • Arena of Valor
  • Ragnarok Online
  • Fortnite
  • PUBG mobile
  • Freefire
  • Mobile Legends
  • Clash of Clan
  • Ludo King
  • Monopoly
  • Roblox

Kenapa Game Online Berbahaya ?

Kenapa Game Online Berbahaya

Dibalik serunya main game online, selain pengaruh positif ternyata ada juga beberapa efek negatif. Diantaranya yang di akibatkan oleh kecanduan main game online itu sendiri.

Menurut berbagai penelitian dari para ahli dan lembaga kesehatan. Bahaya game online tersebut besar pengaruhnya terhadap kesehatan mental dan fisik. Terutama untuk kesehatan otak anak-anak dan remaja yang masih dalam tahap tumbuh kembang.

Seiring kian populernya game online,yakni sekitar tahun 2018 dan 2019an. Hal tersebut dibarengi juga dengan banyaknya bermunculan berita bahaya game online diberbagai media berita, baik lokal maupun mancanegara.

Bahkan tidak sedikit pula media-media berita yang menginformasikan tentang beberapa kasus kematian, maupun gangguan kesehatan diberbagai penjuru dunia, yang disinyalir disebabkan terlalu lamanya main game online secara berlebihan.

Menyikapi semakin banyaknya kasus kematian, gangguan kesehatan, dan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja. Dimana hal tersebut banyak dipengaruhi oleh dampak negatif dari game online.

Ketua KPAI Susanto pernah menyampaikan pidato bahaya game online saat konferensi pers, yang diselenggarakan di jakarta pusat tahun 2019 silam.

Ketua KPAI menyatakan bahwa diperlukan adanya peraturan dan ketentuan khusus yang lebih ketat, untuk mengontrol dan mengawasi keberadaan game online. Terutama permainan yang berkonten negatif dan tidak edukatifal tersebut.

Dirinya menilai sangat perlu untuk melindungi anak-anak dan remaja dari pengaruh negatif di dunia maya, khususnya bahaya game online.

Baca juga:

Efek Positif dari Game Online

Efek Positif dari Game Online

Sebelum membahas lebih lanjut tentang dampak negatif atau bahaya game online, mari Kita tinjau dulu beberapa fakta mengenai sisi baik atau pengaruh positif dari hadirnya game online untuk anak-anak dan remaja.

Berikut ini merupakan beberapa dampak positif dari game online.

  1. Melatih kecerdasan otak. Hal ini karena beberapa game online, memerlukan kecerdasan dan konsentrasi tingkat tinggi dalam permainannya.
  2. Dibalik bahaya game online, terdapat sisi positifnya juga yaitu sebagai media untuk berolah raga fisik. Ada beberapa sebagian game online yang mengharuskan pemainnya untuk melakukan gerakan fisik, layaknya berolahraga seperti game online bermain gitar dan menari.
  3. Melatih penglihatan dan kecepatan tangan, dalam bermain game online juga diperlukan sinkronisasi antara mata dan tangan ketika bermain.
  4. Memiliki sportifitas dan solidaritas. Kebanyakan game online yang paling digemari adalah game bergenre multiplayer yang mengharuskan pemainnya bermain sebagai sebuah tim dengan beberapa pemain lainnya. Karena hal ini maka, kekompakan dan kebersamaan sangat diperlukan dalam memainkan game online tersebut.
  5. Menghilangkan stres dan hiburan. Ketika seseorang merasa jenuh karena tidak ada aktifitas untuk dikerjakan, atau merasa bosan dengan rutinitas monoton sehari-hari. Dengan bermain game online bisa untuk mengatasinya.
  6. Menambah banyak teman dari berbagai daerah dan negara, juga sebagai ajang mencari jodoh antar sesama gamer.
  7. Menjadi lahan bisnis untuk menambah penghasilan, seperti jualan voucher game , warnet game online, jual beli akun game.

Bahkan yang tak kalah menjanjikan lagi yaitu menjadi seorang conten creator di youtube gaming, maupun Facebook Gaming Creator yang gajinya hingga ratusan juta perbulan.

Dampak Negatif atau Bahaya Game Online

Dampak Negatif atau Bahaya Game Online

Setelah sebelumnya diatas Kita ulas tentang beberapa hal positif dari game online. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang dampak buruk atau bahaya game online, yang banyak mempengaruhi anak-anak dan remaja. Bukan cuma mental tapi juga fisik serta beberapa pengaruh lainnya.

Efek negatif game online untuk kesehatan

  1. Bahaya game online berpengaruh buruk terhadap otak. Hasil berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan, bermain game online secara berlebihan dapat menimbulkan gangguan terbatasnya kendali impuls pada otak. Mirip seperti kondisi seseorang yang menderita autisme, atau pasien sindrome-down dan skizofrenia.
  2. Metabolisme tubuh terganggu dikarenakan aktifitas main game yang berlebihan. Terutama saat seseorang main game online sampai larut malam, bahkan terus menerus seharian tanpa istirahat dan tidur.
  3. Main game online berlebihan mirip seperti kecanduan dengan obat-obatan dan alkohol. Terlalu fokus dengan game membuat seseorang menjadi lalai dengan aktifitas lailai. Seorang pelajar akan mengurangi fokus terhadap pelajaran di kelas, dengan pemikiran yang selalu terkonsentrasi kepada game.
  4. Dapat mengakibatkan kelainan atau gangguan kejiwaan (Mental disorder). Hal ini telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia (WHO).
  5. Gangguan kesehatan pada mata. Bukan suatu hal aneh bila terlalu sering main game dapat menimbulkan penyakit pada sistem penglihatan. Hal tersebut disebabkan oleh paparan sinar biru (blue ray) yang berbahaya dari layar gadget. Baik komputer ataupun smartphone yang langsung mengenai retina mata tanpa filter.
  6. Meningkatkan berat badan berlebih atau obesitas dikarenakan terlalu banyak diam dan kurangnya aktiftas fisik.
  7. Memicu terjadinya gangguan kelainan pada jari dan pergelangan tangan atau sindrom quervain, serta repetitive strain injury yang mengakibatkan rasa sakit saat jari menyentuh sesuatu, atau ketika memutarkan pergelangan tangan.
  8. Jantung dan stamina melemah disebabkan oleh kurangnya berolahraga.
  9. Mengakibatkan bungkuknya tulang belakang atau punggung , diakibatkan terlalu seringnya duduk dalam durasi waktu yang lama secara terus menerus.
  10. Tidak stabilnya emosi dan perasaan

Pengaruh negatif game online dalam kehidupan sehari-hari

  1. Bahaya game online berakibat pada pola hidup menjadi tak beraturan, lupa dengan aktifitas dan tugas harian serta tanggung jawab di dunia nyata, karena terlalu sibuk dan fokus dengan dunia game.
  2. Berkurangnya bersosialisasi fisik disebabkan lebih banyak bersosialisasi di dunia maya.
  3. Banyak waktu yang terbuang sia-sia dan menjadikan seseorang lalai akan berbagai kewajiban di kehidupan dunia nyata.
  4. Ada beberapa game online yang memakai sistem berbayar untuk dapat menggunakan beberapa fitur atau menu premiumnya, maka bila seseorang sudah kecanduan dengan game tersebut tentunya akan banyak memakan biaya keuangan yang harus dikluarkan

Penutup

Setelah mengetahui pengaruh positif dan dampak negatif atau bahaya dari game online tersebut, mudah-mudahan dapat membuat para orang tua dan anak-anak untuk menjadi lebih bijaksana dan selektif lagi dalam memilih dan memainkan game online.

Setelah mengetahui dampak postitif dan bahaya game online, semoga siapapun semakin waspada. Terutama dalam memutuskan game apa sajakah yang boleh dan tidak boleh untuk dimainkan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar