Cara mematikan laptop windows 10

5 Cara Mematikan Laptop Windows 10 dengan Baik, Benar, dan Cepat

Diposting pada

Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara mematikan laptop Windows 10 dengan baik dan benar, praktis serta cepat. Memiliki laptop atau netbook Windows 10 memang merupakan kebanggaan tersendiri, sebab sistem operasi ini merupakan sistem yang paling baik saat ini.

Sebab sistem operasi yang sudah matang, cara mematikan laptop Windows 10 pun cukup beragam. Dengan hal ini, maka memiliki berbagai pilihan untuk memilih cara yang paling mudah dan nyaman untuk digunakan.

Menurut pengalaman pribadi, salah satu keadaan yang memaksa untuk tidak mematikan Windows 10 dengan benar, adalah ketika pasokan listrik yang ada dalam baterai habis. Dengan hal ini, maka penggguna akan kehilangan waktu untuk mematikannya dengan benar. Terutama jika saat baterai benar-benar kosong, pengguna sedang tidak berada di dekat perangkatnya.

Bagi para pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, kemungkinan terjadinya laptop mati mendadak karena kehabisa suplai listrik sangatlah kecil. Terkcuali jika baterai laptop yang dimiliki memang sudah sangat lemah atau pun rusak, sehingga akhirnya lebuh memilih menggunakan sumber daya listrik langsung melalui colokan PLN.

Apabila laptop dengan sistem operasi Windows 10 tidak kita matikan dengan benar, ada kemungkinan jika sistem operasi tersebut, masih membuka file data dari apa yang sebelumnya sedang dikerjakan. Sehingga juga ada kemungkinan, bukan hanya hasil dari ketikan saja yang tidak tersimpan, namun bisa juga menyebabkan file data yang sedang dikerjakan tersebut menjadi rusak, sehingga tidak bisa dibuka dan dibaca oleh aplikasi yang digunakan.

Apabila file yang dimatikan tersebut merupakan file data, maka solusi terbaiknya adalah dengan megerjakan atau mengetik ulang pekerjaan tersebut. Namun jika yang rusak karena laptop mendadak mati ini, adalah file aplikasi atau file sistem yang sedang digunakan, maka beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah sebagai berikut :

  • Gagal melakukan booting
  • Aplikasi menjadi tidak stabil
  • Mudah hang
  • Ujung-ujungnya dapat merusak media penyimpanan seperti flash disk, hard disk, bahkan yang terparah adalah modul RAM.

5 Cara Mematikan Laptop Windows 10

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada perangkat Anda, jalan terbaik adalah senantiasa mematikan laptop dengan prosedur yang benar. Dilansir dari techie.xyz, setidaknya ada 5 cara yang benar untuk mematikan laptop Windows 10, dengan cepat, tepat, dan aman.

Keempat cara tersebut dimulai dari yang paling umum hingga yang sedikit ribet, yakni :

  • Dengan menggunakan tombol Start
  • Melalui kombinasi tombol ALT + F4
  • Melalui kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del
  • Dengan tombol power
  • Dengan menutup layar laptop

Penulis sendiri lebih sering mematikan laptop Windows 10 dengan menggunakan kombinasi tombol ALT + F4, selain praktis prosesnya juga sangat cepat. Namun jika Anda merasa kurang nyaman menggunakan cara ini, tentu bisa menggunakan ketiga cara yang lainnya. Untuk lebih jelasanya, mari kita bahas satu persatu.

1. Menggunakan Tombol Start

Cara mematikan laptop Windows 10 yang pertama adalah melalui tombol Start. Cara ini merupakan cara paling umum, tak ayal jika panduan Windows 10 sepertinya semuanya menyarankan menggunakan cara ini. Caranya yang runtut, merupakan salah satu alasan bagi para pengguna sangat merasa aman dan cocok menggunakan cara ini.

Aapun prosedur dari cara pertama ini adalah sebagai berikut :

  • Klik tombol Start (secara umum posisi defaultnya ada di taksbar pojok kiri bawah).
  • Klik ikon Power.
  • Pada menu yang muncul silahkan pilih dan klik Shut Down.

Setelah itu maka laptop akan mulai melakukan proses Shut Down. Jika ada aplikasi yang masih terbuka, maka akan ditutup terlebih dahulu satu persatu. Baru setelah itu Windows akan mematikan dirinya sendiri.

Cara ini memang sangat lazim, mudah dan aman. Namun dalam prkateknya, cara pertama ini kuranglah cepat, sebab setidaknya harus melakukan proses klik menu sebanyak tiga kali.

2. Melalui Kombinasi Alt+F4

Cara mematikan laptop windows 10

Jika Anda menginginkan cara yang cepat untuk mematikan laptop Windows 10, maka cara inilah plihian tepatnya. Hal ini karena ketika Anda menekan kombinasi tombol Alt+F4 secara bersamaan, maka tidak sampai sedetik saja Windows 10 sudah bisa langsung melakukan proses Shut Down.

Namun tetap saja, cara ini memiliki kelemahan, yakni di desktop yang Anda gunakan harus benar-benar tanpa ada aplikasi yang sedang berjalan atau digunakan.

Jika saat melakukan cara ini masih ada beberapa aplikasi yang berjalan, maka berarti harus menekan tombol tersebut beberapa kali, hingga semua aplikasi mati.

2. Melalui Ctrl+Alt+Del

Satu lagi cara mematikan laptop Windows 10 yang menggunakan tombol kombinasi keyboard, yaitu dengan menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan.

Setelah itu dilayar kemudian akan langsung muncul menu, Lock, Switch User, Signt Out, Change a Pasword, dan Task Manager. Selanjutnya lihat ke pojok kanan bawah, di sana ada tombol Shutdown, klik tombol tersebut maka akan muncul pilihan Shutdown atau Restart. Untuk mematikan laptop, tentu saja pilih Shut Down, maka setelah itu laptop akan langsung berjalan untuk proses Shut Down.

Dalam menggunakan cara ini pun sama, disarankan Anda sudah menutup semua aplikasi yang digunakan. Jika Anda lupa, biasanya akan muncul pemberitahuan sebelum proses Shut Down berlangsung. Jika memiliki pekerjaan yang belum disimpan, seperti di Micrososft Office maupun Photoshop, akan muncul pertanyaan disimpan atau tidak pekerjaan tersebut.

3. Menggunakan Tombol Power

Untuk mematikan laptop Windows berapapun sebenarnya bisa langsung dengan menekan tombol Power. Namun ini merupakan cara yang sangat tidak baik, bahkan sangat kejam untuk perangkat Anda.

Meski cara ini sangat efektif, sebaiknya jangan lakukan cara ini kecuali jika Anda memang sangat terpaksa, misalnya seperti laptop mengalami nge-freeze atau pun hang.

4. Dengan Masuk ke Power Options Windows 10

Untuk mematikan komputer Windows 10, Anda juga bisa melakukannya dengan masuk ke menu Power Options. Di menu ini, Anda bisa mengatur apa saja sesuai keinginan, sehingga ketika tombol Power ditekan maka akan melakukan sesuatu sesuai yang Anda atur tersebut.

Khusus untuk laptop Windows 10 yang mengalami hang, Anda bisa membuat laptop melakukan proses Shut Down hanya dengan menekan tombol Powernya beberapa detik saja.

5. Dengan Menutup Layar Laptop

Selain dengan menekan tombol Power, cara kejam lain yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop Windows 10, adalah dengan langsung menutup layar laptopnya.

Ini merupakan cara yang sangat efektif, khususnya jika Anda memang sedang sangat terburu-buru. Hanya dengan menutup layar laptop saja, maka Windows 10 kemudian akan melakukan proses Shut Down dengan sendirinya.

Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, mungkin Anda akan sering menggunakan cara ini. Adapun cara mengatur agar laptop bisa langsung mati, ketika layarnya ditutup adalah dengan masuk ke menu Power Optinons

Untuk masuk ke Power Option Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada ikon baterai. Kemudian pilih Choose what closing the lid does. Setelah itu silahkan ubah berbagai pengaturan sesuai keinginan Anda.

Salah satu kelemahan dari cara ini adalah bisa mengalami kegagalan. Hal ini karena bisa saja, tanpa kita sadari ternyata layar laptop tersebut sudah ditutup. Selain itu, kadang juga ada aplikasi yang meminta konfirnasi untuk menyimpan perubahan. Akhirnya kita sadarnya setelah laptop mati karena kehabisan daya listrik, bahkan bisa juga laptop menjadi sangat panas karena ternyata terus-terusan menyala.

Baca Juga : Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Senantiasa Prima

Menghindari hal tersebut, penulis menyarankan sebaiknya Anda menggunakan pilihan Sleep atau Hibernate saja.

Demikian ke-5 cara mematikan laptop Windows 10, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *