Cara membersihkan kulkas

Cara Membersihkan Kulkas dengan Baik, Ini Dia Tahapan yang Harus Kamu Lakukan!

Diposting pada

Cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar, merupakan informasi yang harus Anda ketahui. Sebab kulkas merupakan salah satu produk elektronik yang juga harus Anda jaga kebersihannya. Karena kulkas adalah tempat menyimpan makanan dan jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan rawan dihinggapi kuman penyakit. Terkadang justru banyak orang yang malas untuk melakukannya. Padahal membersihkan kulkas atau lemari es ini termasuk gampang.

Selain menghindarkan dari kuman penyakit, membersihkan kulkas secara rutin juga akan menghindarkan kulkas dari bau tak sedap. Karena di dalamnya kerap kali kita menyimpan banyak bahan makanan seperti sayur, buah, daging dan sebagainya. Tentunya bau tak sedap tersebut sangatlah mengganggu. Maka alangkah baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tahapan di bawah ini ketika hendak membersihkan kulkas.

Baca Juga : Pahami Sebelum Membeli, Ini Daftar Merk Kulkas Terbaik dengan Harga Bersahabat

Keluarkan Semua Isi Kulkas

Kerap kali kita tak sadar bahwa ada makanan yang tertimbun dan membusuk di dalam kulkas. Sehingga ini jugalah yang menjadi penyebab mengapa kulkas bisa bau. Maka dari itu, Anda harus rutin mengecek dan membersihkan kulkas supaya makanan yang sudah tidak layak tersebut bisa dikeluarkan. Maka mengosongkan isi kulkas adalah cara membersihkan kulkas yang pertama kali harus Anda lakukan sebelum berlanjut ke tahap yang berikutnya.

Lepaskan Bagian Rak dan Laci Pada Kulkas

Ketika kulkas sudah kosong dari bahan makanan, maka Anda bisa segera melepas beberapa bagian kulkas seperti laci dan rak. Tujuannya agar laci dan rak tersebut bisa dicuci dengan bersih. Dikarenakan kadang ada kerak atau noda-noda yang menempel sehingga membuatnya jadi tidak bagus.

Mulai dari Bagian Paling Luar

Cara membersihkan kulkas selanjutnya adalah memulainya dari bagian terluar sebelum Anda melanjutkan ke bagian dalam kulkas. Anda bisa mencabut stop kontak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian Anda tinggal mengelap bagian luar tersebut mulai dari atas hingga bawah dan berlanjut ke area belakang yang mana seringnya banyak debu menempel di sana. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa jangan menggunakan lap basah jika Anda hendak mengelap bagian-bagian yang terdapat kabel listrik.

Membersihkan Seluruh Bagian Dalam Lemari Es

Tahapan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan cairan pembersih. Anda bisa menyemprot bagian dalam dengan cairan pembersih ini dan mengelap secara perlahan hingga semua noda yang menempel bisa hilang. Pastikan bahwa sudut terdalam kulkas bisa Anda jangkau dan bersihkan agar benar-benar tak ada noda yang tersisa.

Menata Makanan dan Minuman Pada Tempatnya

Setelah cara membersihkan kulkas di atas Anda lakukan dengan benar dan semua rak serta laci dicuci dengan bersih, maka Anda bisa memasangnya ke dalam kulkas. Pastikan jika rak dan laci sudah kering serta tak ada kotoran juga sabun yang tersisa. Jika sudah terpasang dengan baik, Anda kemudian boleh menata kembali makanan dan minuman ke dalam kulkas yang sudah bersih.

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Cara Mudah Mengatasi Kulkas yang Tidak Dingin!

Namun, tata semua bahan makanan dengan benar. Misal saja letakkan daging mentah pada bagian freezer, kemudian sayuran dan buah pada laci bagian bawah, botol minuman dan telur pada tempat-tempat yang sudah disediakan. Sehingga semuanya tidak bertumpuk jadi satu dan membuat usaha Anda membersihkan kulkas jadi sia-sia. Jangan lupa bersihkan pula berbagai wadah atau botol yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dalam kulkas, sehingga kebersihan kulkas benar-benar optimal.

Tips Agar Kulkas Tidak Cepat Berbau

cara mrmberishkan kulkas

Setelah Anda mengetahui cara membersihkan kulkas dengan benar, tidak kalah penting yang harus Anda ketahui adalah membuat aroma kulkas senantiasa terjaga. Berikut kami uraikan beberapa cara agar kulkas tidak cepat berbau.

Pastikan Menyimpan Makanan dan Minuman yang Fresh

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga agar kulkas tidak cepat berbau, adalah senantiasa memastikan kondisi makanan dan minuman yang akan disimpan masih dalam keadaan fresh. Jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi berbagai makanan yang ada. Jika ada yang sudah tidak layak lagi, segeralah untuk mengeluarkannya dari dalam kulkas.

Selain menjaga suhu di dalam kulkas agar teta steril, hal ini juga untuk memastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi senantiasa sehat dan menyehatkan.

Taruhlah Tisu Gulung di Sudut Kulkas

Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulkas dari bau tak sedap, adalah dengan meletakan tisu gulung. Tisu ini memiliki fungsi untuk menyaring berbagai fartikel penyebab bau tak sedap.  Dalam hal ini Anda cukup menaruh setumpuk tisu gulung di sudut kulkas yang tidak terkena air, sehingga keadaan tisu dapat terhindar dari kebasahan.

Menaruh Air Perasaan Lemon

Seperti kita tahu buah lemon memiliki aroma yang begitu segar dan kuat, dan hal juga berlaku untuk air perasannya. Dengan fakta ini, maka Anda bisa mengurangi bau kulkas yang tidak sedap, sehingga berangsur-angsur baunya bisa berubah menjadi aroma yang menyegarkan. Caranya pun cukup simpel, Anda hanya cukup menaruh air perasan tersebut pada wadah terbuka, kemudian menaruhnya di dalam kulkas.

Referensi Kami : Cara Memperbaiki Freezer Bocor yang Perlu Kamu Tahu!

Menaruh Bubuk Kopi

Kemampuan kopi dalam menghilangkan aroma tak sedap tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Untuk semakin membuahkan hasil yang optimal, sebaiknya kopi diganti setidaknya selama dua minggu sekali. Dengan hal ini, maa kemampuan serap bubuk koi tersebut tidak aka mengalami pengurangan. Selain itu, hal ini juga berguna untuk membuang partikel bau yang tidak sedap yang terkandung dalam bubuk kopi yang sudah lama.

Sekian tahapan dalam cara membersihkan kulkas yang harus Anda terapkan. Memiliki kulkas yang bersih dan juga rapi memberikan kenyamanan bagi diri Anda sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, usahakanlah untuk rutin membersihkannya agar tak dihinggapi kuman dan bau yang mengganggu aktivitas seluruh penghuni rumah. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *