Cara memilih AC berkualitas

Cara memilih AC berkualitas harus benar-benar anda pahami, terutama sebelum memutuskan untuk membelinya. Banyaknya merk yang ada di pasaran, tak jarang bisa dengan membuat siapa saja bingung jika tanpa memiliki pedoman.

Penting Diketahui : 10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Cara Pencegahannya

Dengan hadirnya tulisan cara memilih AC berkualitas yang sesuai kebutuhan ini, diharapkan anda akan terbantu. Sehingga sekali pun ada baru pertama kali membeli AC, hal tersebut takan menghalangi untuk bisa mendapatkan produk terbaik.

10 Tips Membeli AC yag Berkualitas

Untuk lebih jelasnya mengenai cara memilih AC berkuakitas, mari kita simak bersama ulsannya berikut ini.

1. Menyesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Cara memilih AC berkualitas

Sebagai langkah utama dari cara memilih AC berkualitas, adalah dengan mengetahui luas ruangan yang akan anda pasangkan AC tersebut. Dengan hal ini, maka anda akan mudah untuk menentukan besarnya PK AC yang dibeli. Dengan membeli PK AC yang sesuai luas ruangan, maka suhu dingin yang dikeluarkan AC pun akan dapat menyebar secara merata di dalam ruangan itu.

Contohnya jika luas ruangannya adalah 10 m2, maka anda bisa membeli AC ½ PK, 14 m2 memilih AC ¾ PK, 18 m2 memilih AC 1 PK, 24 m2 memilih AC 1 ½ PK, 36 m2 memilih AC 2 PK. Sementara jika luas ruanagn tersebut lebih dari 36 m2, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan AC lebih dari satu buah.

2. Memilih AC yang Sesuai dengan Kebutuhan

Cara memilih AC berkualitas

Tidak sedikit orang yang memahami, bahwa AC dibuat dengan jenis yang berbeda. Contohnya saja jenis AC split yang umumnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara untuk menjawab kebutuhan kantor, selain AC Split anda juga bisa menggunakan AC Cassette yang dapat dipasang pada langit-langit.

Untuk hotel dan pusat perbelanjaan, umumnya menggunakan AC Central yang telah dibekali dengan kompresor berukuran besar. Sementara bagi anda yang membutuhkan AC yang dapat dipindah-pindah, maka anda bisa menggunakan AC Standing.

3. Pilihlah AC yang Hemat Listrik

Saat ini, mayoritas perusahaan produsen AC, senantiasa mempromosikan produknya dengan hemat energi listrik. Memang memilih AC yang hemat energi adalah suatu pilihan bijak, dengan hal ini maka tagihan listrik tidak membengkak karenanya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli AC alangkah baiknya anda pahami terlebih dahulu, kapasitas daya yang dibutuhkan produk tersebut untuk beroprasi.

Sekalipun anda menggunakan AC yang hemat listrik, hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya untuk mendinginkan suhu ruangan. Bagi anda yang ingin membeli untuk dipasang di kamar tidur, sangat disarankan memiliih AC yang memiliki fitur Auto. Dengan fitur ini, maka AC hanya akan bekerja hanya saat dibutuhkan. Sebab ia akan mati sendiri ketika suhu ruangan sudah dingin, dan juga akan menyala kembali ketika suhu ruangan mulai panas.

4. Pilihlah AC yang Memiliki Fitur Mumpuni

Cara memilih AC berkualitas

Cara memilih AC berkualitas salah satunya adalah dengan memastikan, bahwa AC tersebut memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tentu akan menjadi sia-sia, sekalipun membeli AC dengan fitur yang banyak berharga mahal, namun fitur yang dimilikinya tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi sebelum anda memutusakan membeli suatu produk AC, teliti dan pelajari terlebih dahulu apakah fiturnya bisa menjawab kebutuhan anda atau tidak. Jika sesuai, maka berarti anda bisa membelinya, namun jika tidak segeralah cari AC lain yang memiliki fitur yang anda butuhkan.

Contohnya saja fitur Plasmacluster yang dimiliki Sharp. Fitur tersebut sangat bermanfaat guna membersihkan jamur di udara, membersihkan alergen, dan dapat digunakan untuk memurnikan udara dalam ruangan. Butuh tidaknya fitur ini, tentu akan berbeda bagi setiap customer. Jika ruangan yang anda miliki sudah terpasang penjernih udara, maka fitur ini memang sudah tidak terlalu penting lagi.

5. Beli AC dengan Merk Terbaik

Saat anda masuk ke sebuah toko elektronik, biasanya anda akan dibuat bingung dengan begitu banyaknya pilihan merk yang terpajang di sana. Tetapi jika anda sudah memahami merk berkualitas, tentu anda tidak akan dibuat bingung lagi akan hal ini.

Baca : 10 Merk AC Terbaik yang Senantias Awet dan Prima

Disadari atau tidak, merk memang mengambil peranan yang sangat penting. Baik terhadap kualitas maupun keawetannya. Oleh karena itu, senantiasa pilihlah produk apapun yang memiliki merk terpercaya.

6. Pilih Tipe AC yang Sesuai

Cara memilih AC berkualitas

Memilih tipe AC adalah suatu perkara yang tidak bisa dianggap remeh. Saat ini, setidaknya ada dua tipe AC yang sudah beredar di pasaran, yakni tipe Standard dan tipe Inverter.

Bagi sobat yang berniat membeli tipe AC low watt, ketahuilah pada dasarnya AC tersebut adalah tipe AC standrad. Dimana kemudian kompresor dari AC tersebut ukurannya dikurangi.

Sementara untuk AC Inverter adalah jenis AC yang bekerja ekstra ketika baru pertama kali dinyalakan, ketika suhu udara di dalam ruangan sudah dingin AC ini akan mengurangi kinerjanya, sehingga listrik menjadi lebih irit. Bagi anda yang menggunakan AC lebih dari 6 jam setiap harinya, sebaiknya gunakanlah AC jenis ini.

7. Pilih AC dengan Klaim Garansi yang Jelas

Cara memilih AC berkualitas

Ketika hendak membeli produk apapun, termasuk AC jangan pernah ragu untuk menanyakan klaim garansi. Sebagus apapun suatu produk tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan, baik karena sistem maupun human eror. Disinilah pentingnya garansi, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, produk yang kita beli bisa diganti dengan yang baru, atau pun diperbaiki.

Lamanya garansi dari setiap vendor AC tentu berbeda-beda, oleh karena itu pilihlah vendor AC yang memberikan klaim garansi yang cukup, sehingga dapat memberikan perlindungan lebih lama.

8. Pilih AC yang Memiliki Desain Sederhana

Cara memilih AC berkualitas

Cara memilih AC berkualitas lainnya adalah dengan memilih AC berdesain sederhana. Hal ini sangat penting, sebab dengan hal ini maka anda akan dapat dengan mudah membersihkan unit AC tersebut.

Ketika anda memilih AC dengan desain yang detail, maka saat membersihkannya akan menjadi lebih sulit. Sebenarnya membersihkan AC itu sangat mudah, anda tinggal melepaskan filternya untuk kemudian dicuci hingga bersih.

9. Belilah di toko Terpercaya

Cara memilih AC berkualitas

Membeli AC di toko elektronik terpercaya, adalah salah satu langkah tepat dalam cara memilih AC berkualitas.

Referensi Kami : Mau Belanja Elektronik ? Ini 10 Toko Elektronik Terbaik di Jakarta

Senantiasa pastikan bahwa toko elektronik tersebut, memang memiliki kualitas barang yang bagus dan memiliki banyak pelanggan. Jangan pernah tergiur untuk membeli AC murah, yang boleh jadi baru beberapa bulan saja sudah rusak.

10. Sesuaikan dengan budget

Sebenarnya ini poin paling penting. Meskipun saat ini banyak sistem cicilan, sebaiknya selalu gunakanlah pembayaran langsung. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu budget anda sudah cukup, sebelum akhirnya memutuskan pergi berbelanja ke salah satu toko elektronik.

Jika budget anda belum cukup, tidak ada salahnya memilih AC yang lebih terjangkau. Namun ingat tetap jadikan kualitas sebagai nomor satu, sehingga anda takan tergiur dengan AC sangat murah namun kualitasnya meragukan.


Demikian cara memilih AC berkualitas, jika ada tips lainnya mari bisa sobat bagikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Memilih Teko Listrik agar Senantiasa Sehat dan Aman untuk Keluarga

Tips memilih teko listrik merupakan informasi penting, khususnya bagi anda yang hendak mem…