Cara mengatasi rice cooker nasi cepat kering
Cara mengatasi rice cooker nasi cepat kering

Nasi Anda Cepat Kering? Inilah Cara Mengatasi Rice Cooker dengan Benar

Diposting pada

Sepertinya anda tidak terburu-buru, mencari cara mengatasi rice cooker yang bikin nasi menjadi kering. Karena bisa jadi penyebabnya sangat sepele, yaitu anda tidak menutup rice cooker secara tepat atau rapat. Selain itu mungkin juga, karena jenis rice cooker nya sendiri yang seharusnya tidak digunakan menyimpan nasi terlalu lama.

Referensi Kami : 12 Merk Penanak Nasi Terbaik Magic Com dan Rice Cooker !

Namun meskipun begitu dalam beberapa kasus, rice cooker mengalami penurunan performa. Dimana nasi yang dimasak, baru beberapa jam lebih cepat kering dari biasanya. Tentu masalah seperti ini sangat mengganggu bagi ibu rumah tangga. Karena nasi yang seharusnya masih layak dimakan, menjadi tidak bisa dimakan lagi. Anda juga mengalami masalah seperti itu?

Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya Anda bisa melakukan cara mengatasi rice cooker sendiri dirumah, tanpa harus mengandalkan jasa service rice cooker. Namun sebelum itu, pastikan anda sudah mengetahui penyebab yang membuat nasi cepat kering, saat disimpan di rice cooker anda.

Beberapa Penyebab Nasi Lebih Cepat Kering

Sebelum mencari tahu cara mengatasi rice cooker, berikut ada beberapa penyebab nasi menjadi lebih cepat kering, ketika disimpan di rice cooker:

  • Coba perhatikan, apakah anda sudah yakin menutup rice cooker dengan rapat dan tepat? Karena memang masalah sepele ini sering menjadi penyebab nasi lebih cepat kering.
  • Panci rice cooker yang terkelupas, juga menjadi penyebab nasi lebih cepat kering. Hal ini karena tidak ada pelindung anti lengket, pada panci rice cooker tersebut. Akibatnya nasi menempel pada dinding panci, lalu mengeras dan mengering.
  • Terjadinya kerusakan pada komponen pemanas rice cooker, yang membuat suhunya tidak bisa dikendalikan. Akibatnya rice cooker memiliki suhu yang terlalu panas, dan menyebabkan nasi cepat kering.
  • Jarang membersihkan rice cooker secara teratur, juga bisa menjadi penyebab rice cooker mengalami penurunan performa. Salah satunya diindikasikan dari nasi yang cepat kering.

Langkah Mengatasi Rice Cooker yang Bikin Nasi Cepat Kering

Jika anda sudah mengetahui, penyebab yang membuat nasi cepat kering ketika dimasak menggunakan rice cooker. Mungkin beberapa langkah berikut ini, dapat memperbaiki rice cooker anda:

Baca Juga : Nasi di Rumah Cepat Basi? Gunakan Cara Memperbaiki Rice Cooker Berikut

  • Pertama-tama, pastikan anda sudah menutup rice cooker dengan rapat. Biasanya kerak kerak nasi yang menempel di bagian penutup, juga bisa membuat rice cooker menjadi renggang. Sehingga pastikan rice cooker dalam keadaan yang bersih.
  • Panci rice cooker berfungsi agar nasi tidak lengket ketika dihangatkan. Jadi apabila masalah terletak dari panci rice cooker yang terkelupas, maka tidak ada cara mengatasi rice cooker selain mengganti dengan panci yang baru.
  • Jika masalah terjadi karena kerusakan pada pengatur suhu rice cooker, maka anda bisa mengganti alat pengatur suhu tersebut. Begitu juga apabila kerusakan terjadi karena suhu rice cooker yang naik dan turun. Biasanya hal ini terjadi karena pengatur suhu pada rice cooker sudah aus, sehingga harus diganti. Jika anda tidak bisa menggantinya sendiri, bisa meminta bantuan jasa reparasi rice cooker.
  • Perlu Anda ketahui, bahwa rice cooker yang kotor juga bisa menjadi penyebab nasi lebih cepat kering. Kesalahan yang sering dianggap sepele ini, dapat menyebabkan rice cooker mengalami penurunan performa. Salah satunya yang ditandai dengan nasi yang menjadi lebih cepat kering. Oleh karena itu, anda perlu membersihkannya secara teratur.

Kadangkala kesalahan atau kelalaian sepele, sering menjadi penyebab nasi yang kering lebih cepat ketika disimpan di rice cooker. Itulah mengapa dalam menggunakan rice cooker, perlu dilakukan perawatan dan terus menjaga kebersihannya. Akan tetapi semoga cara mengatasi rice cooker yang bikin nasi cepat kering, seperti yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat bagi pembaca, terutama ibu rumah tangga.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.