Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Berbelanja dengan Aman dan Nyaman

  • Whatsapp
Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja online

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja nyaman dan aman sangat penting diketahui. Hal ini terutama karena maraknya kasus penipuan dan pembobolan dana di rekening oleh oknum yang tidak bertangggung jàwab, sehingga Anda harus benar-benar serius dalam menyikapi hal ini.

Di Indonesia sendiri saat ini menggunakan kartu ATM sudah tidak seaman dulu lagi. Adanya metode skimming ATM yang sudah memakan cukup banyak korban, membuat masyarakat harus benar-benar waspada saat menggunakan ATM nya.

Kejahatan ini biasanya mamanfaatkan alat skimmer di mesin ATM untuk kemudian membaca data dari magnetic stripe yang ada pada kartu ATM target korbannya.

Padahal hampir semua orang mendapatkan gaji nya melalui transfer bank ke rekeningnya, sehingga mau tidak mau merek harus mengambil uang tersebut melalui ATM. Selain itu, saat uang tunai tidak cukup membayar uang belanjaan maka ATM kemudian dapat berfungsi sebagai kartu debit yang bisa digunakan untuk melakukan proses pembayaran.

Memiliki kartu ATM memang sangat memudahkan kita dalam hal pembayaran maupun mengambil uang. Kemana pun kita pergi selama membawa kartu ATM maka kita akan nyaman dan tenang dalam hal keuangan. Atas dasar itulah mayoritas orang saat ini memiliki kartu ATM.

Meski pun setiap segala sesuatu mengandung resiko, namun percayalah setiap resiko juga pasti disertai solusinya. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja dengan aman sehingga akan senantiasa terbebas dari kejahatan, terutama kasus pembobolan.

Apa Itu Kartu Debit?

Sebelum membahas cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja yang aman, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu pengertian kartu debit itu sendiri.

Kartu ATM dan kartu debit pada dasarnya adalah kartu yang sama. Kartu tersebut disediakan pihak perbankan dengan tujuan utama memberikan kemudahan berbelanja melalui mesin EDC bagi para nasabahnya. Mesin EDC sendiri adalah mesin kecil yanh berfungsi untuk melakukan transaski belanja di ritel sehingga customernya tidak harus menggunakan uang tunai. Selain ada di tempat perbelanjaan, mesin EDC biasanya juga ada di agen bank resmi untuk memudahkan berbagai proses transaksi perbankan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menjadi Agen BRILINK Berpenghasilan Fantastis

Dana yang ada pada kartu debit sendiri berasal dari saldo rekening yang Anda miliki. Setelah melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu debit, maka secara otomatis saldo rekenig Anda akan berkurang sesuai dengan jumlah nominal yang digunakan untuk berbelanja.

Agar kartu debit Anda bisa digunakan di mesin EDC dari berbagai bank berbeda, umumnya pihak bank akan bekerja sama dengan Mastercard maupun VISA.

Bank Central Asia (BCA) awalnya tidak bekerja sama dengan Mastercard maupun VISA, sehinyga nasabahnya hanya bisa menggunakan di mesin EDC dari BCA saja. Namun akhirnya BCA pun bekerjasama dengan jaringan Mastercard, sehingga selain bisa digunakan untuk berbelanja di dalam maupun luar negeri juga dapat digunakan berbelanja secara online.

Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Berbelanja dengan Mudah

Bagi Anda yang selama ini sudah sering menggunakan kartu ATM, cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja tentu akan terasa sangat mudah. Secara singkat prosedur penggunaan kartu debit adalah sebagai berikut:

Silahkan berikan kartu debit Anda kepada petugas toko. Setelah petugas menggesek kartu tersebut ke mesin EDC maka ia akan memasukan nominal biaya yang harus dibayarkan untuk transaksi belanja tersebut. Pastikan Anda mengecek kesesuaian nominal tersebut sebelum disetujui.

Dalam hal pengesahan pembelanjaan tersebut Anda bisa menggunakan salah satu dari dua cara, yaitu dengan memasukan pin ATM atau melalui tanda tangan. Dengan menggunakan metode PIN berarti Anda harus memasukan PIN seperti saat melakukan transaksi di mesin ATM, maka setelah itu struk pembayaran akan keluar. Sementara jika menggunakan tanda tangan berarti Anda wajib mentanda tangai struk pembayaran setelah ia keluar

Apabila proses transaksi sudah selesai segera ambil kartu debit Anda dan taruh kembali pada dompet Anda. Sebaiknya Anda memiliki akun internet banking atau mobile banking, sehingga dapat dengan mudah untuk mengecek kesesuaian jumlah saldo Anda terutama setelah melakukan mutasi, seperti setelah berbelanja menggunakan kartu debit tadi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Pengguna Kartu Debit

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja online

Dibalik kenyamanan dan kemudahannya berbelanja menggunakan kartu debit memang tidak sepenuhnya aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka pengguna harus tetap memperhatikan beberapa poin penting.

Salah satu yang membuat pengguna tenang adalah sudah banyaknya ritel yang mewajibkan pemegangan kartu debit memasukan 6 pin digit ATM nya. Penguunaan CCTV berkualitas di banyak tempat seperti tempat berbelanja membuat masyarakat semakin merasa aman. Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan pengguna kartu debit, yaitu sebagai berikut:

1. Bisa Disalah Gunakan

Kartu debit yang dicuri atau hilang bisa saja disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kartu debit tersebut dapat digunakan mereka untuk melakukan transaksi berbelanja.

Pastikan Anda menjaga kerahasiaan PIN dari kartu tersebut. Sebaiknya miliki pula tanda tangan yang tidak mudah ditiru orang lain, otorasi kartu yang menggunakan tanda tangan biasanya lebih rentan pemalsuan dari tanda tangan tersebut. Segera hubungi pihak perbankan ketika Anda kehilangan kartu debit, dengan hal ini maka saldo yang ada di dalamnya bisa segera terlindungi.

2. Tanpa Jaminan dari Bank

Di dunia digital seperti sekarang ini berbelanja online memang sangat trend di kalangan masyarakat kita. Menariknya selain dapat digunakan untuk berbelanja di tempat yang memiliki mesin EDC, kartu ini juga dapat digunakan untuk berbelanja oline.

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja online juga cukup mudah, Anda hanya menuliskan informasi lengkap di situs belanja online tersebut, dan kemudian memasukan 3 kode CVV, yaitu 3 digit angka rahasia yang berada di belakang kartu debit.

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja online

Meski mayoritas aman, namun berbelanja online juga memiliki resiko salah satunya resiko penipuan. Saat penjual berhasil menipu Anda, maka pihak bank tidak akan bertanggung jawab akibat dana yang hilang pada saldo rekening Anda dikarenakan transaksi penipuan tersebut.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan kartu kredit yang dananya bersumber dari bank penerbit kartu tersebut.  Jika hal ini terjadi pengguna dapat melaporkan tindakan penipuan online tersebut kepada pihak bank, dan selama permasalahan tersebut belum diselesaikan pihak bank penerbit maka Anda tidak harus membayarkan tagihan karti kredit terlebih dahulu.

3. Berlaku Biaya Administrasi

Beberapa tempat perbelananjaan memberlakukan biaya tambahan ketika customernya menggunakan kartu debit untuk membayar belanjaannya. Besarnya biaya ini bervariasi ditentukan kebijakan masing-masing tempat dimana Anda berbelanja.

Jika Anda menggunakan kartu debit yang tidak sama dengan mesin EDC yang digunakan oleh tempat berbelanja tersebut, biasanya juga ada yang memberlakukan biaya tambahannya.

4. Belum Bisa Digunakan di Semua Tempat

Meski sudah menggunakan jaringan VISA maupun Mastercard ternyata kartu tetap memiliki keterbatasan. Hal ini akan sangat terasa terutama jika Anda melakukan transaski pembayaran di luar negeri.

Ada beberapa tenant di luar negeri yang bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit dengan jaringan VISA maupun Mastercard, namun tidak menerima pembayaran menggunakan kartu debit sekalipun sudah menggunakan jaringan VISA atau Mastercard.

5. Jangan Lupa Perhatikan Limit Hariannya

Dengan memiliki kartu debit memang akan terasa sangat mengasikan. Dengannya Anda tidak perlu repot lagi membawa banyak uang tunai ketika hendak berbelanja. Namun demikian, kartu debit tetaplah memiliki limit harian, jadi tidak bisa digunakan dengan seenaknya.

Jika Anda belum mengetahui limit katu debit yang dimiliki sebaiknya tanyakan segera kepada pihak bank yang bersangkutan.

Cara Aman Berbelanja Menggunakan Kartu Debit

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja online

Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya. Selain praktis berbelanja menggunakan kartu kredit tentu juga mengandung resiko. Semua pengguna tentu sudah mengetahui resiko tersebut, meskipun demikian nyatanya kartu ini senantiasa banyak digunakan. Berikut ini tips aman berbelanja menggunakan kartu debit.

  • Hindari menggunakan tanda tangan saat otorisasi pembayaran, akan lebih aman jika Anda mengunakan 6 digit PIN yang dimiliki.
  • Pastikan Anda menutup jari Anda menggunakan tangan ketika Anda sedang memasukan PIN tersebut di mesin EDC.
  • Selalu perhatikan kesesuaian nominal yang dimasukan petugas dengan jumlah yang harus dibayarkan dari barang belanjaan Anda. Jika ada kesalahan jumlah, pengembalian dananya akan cukup sulit dan membutuhkan waktu lama.
  • Setelah digunakan simpan kartu debit Anda dengan baik dan aman, hindari meminjamkannya pada orang lain.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tutup 3 digit kode CVV yang berada di belakang kartu menggunakan stiker.

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja dengan aman. Sekalipun bisa memanfaatkan sejumlah promo untuk lebih menghemat, tetap pastikan Anda membeli produk yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat. Hindari membeli produk yang tidak dibutuhkan yang hanya akan membuatnya mubajir karena tidak digunakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *