3 Cara Merekam Layar HP Android Dengan dan Tanpa Aplikasi

  • Whatsapp

Cara merekam layar hp Android nampaknya sangat menarik, khususnya bagi kamu konten kreator yang hobi membuat video tutorial. Dengan mempraktekan cara ini maka video yang kamu buat akan semakin berkualitas, hal ini semakin didukung dengan semakin banyaknya pengguna smartphone yang sering mencari tutorial di YouTube.

Tangkap layar dalam bentuk video sering dilakukan apabila ingin membuat konten berupa video seperti Game, tutorial android, tips gadget dan lain sebagainya.

Saat kamu ingin menangkap gambar layar dengan sebuah video, pasti harus menggunakan cara merekam layar di hp. Baik itu menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi, kedua cara tersebut sangat mudah sekali.

Semua hp bisa melakukan perekaman layar, mulai dari Samsung, Xiaomi Redmi, Smartfren Andromax, Lenovo, Oppo, Vivo, HTC dan lain sebagainya. Sekarang, Kamu dengan mudah dapat melihat berbagai cara merekam layar hp Android berikut ini, supaya hp kamu dapat merekam layar.

Cara Merekam Layar HP Android dengan & Tanpa Aplikasi

1. Cara Merekam Layar HP dengan Aplikasi

cara merekam layar hp android

Dengan sedikit bantuan aplikasi, maka kamu tidak pusing lagi untuk merekam layar secara mudah. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di google playstore atau toko aplikasi lainnya.

Berikut ini cara merekam layar hp Android menggunakan aplikasi Screen Recorder :

  • Download dulu aplikasi Screen Recorder di Google Playstore.
  • Setelah selesai di unduh dan dipasang pada hp kamu, sekarang jalankan aplikasi Screen Recorder tersebut.
  • Kemudian pilih ikon Video yang ada di sudut kanan bawah layar hp kamu.

cara merekam layar smartphone android

  • Jika dimintai izin aplikasi, izinkan aplikasi Rekam Layar tersebut.
  • Lalu akan muncul sebuah menu yang mengambang, untuk memulai merekam layar kamu pilih opsi yang bergambarkan Video/ Kamera.

cara merekam layar smartphone android

  • Dan setelah itu proses perekaman sudah berlangsung.
  • Untuk mengakhiri perekaman layar hp tersebut, kamu usap ke bawah untuk membuka menu Bar, kemudian pilih opsi Stop.

cara merekam layar hp android

Secara otomatis video akan tersimpan ke aplikasi Screen Recorder itu. Dan sekarang kamu bisa memulai rekam layar baru atau mulai mengedit video yang sudah dibuat.

Baca Juga : Aplikasi Anti Virus Terbaik dan Paling Ringan

2. Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Android Ringan (Tanpa Root)

Kalau kamu tidak ingin menggunakan aplikasi screen recorder yang saya berikan panduannya karena ada alasa tertentu.

Kamu dapat menggunakan rekomendasi aplikasi perekam layar tanpa root dan tanpa iklan yang admin berikan di bawah ini :

Nama Aplikasi Tautan
AZ Screen Recorder Download
Lollipop Screen Recorder Download
ADV Screen Recorder Download
Ez Screen Recorder Download
REC-Screen Recorder Download
Super Screen Recorder Download

Jadi itulah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar di android. Kebanyakan, aplikasi diatas hanya membutuhkan penyimpanan yang tidak begitu banyak dan terjamin aplikasi perekam layar yang ringan.

Baca Juga : Cara Flashing Smartphone dengan Langkah Mudah Ini!

3. Cara Merekam Layar Hp Android Tanpa Aplikasi

cara merekam layar hp android tanpa aplikasi

Kurang rasanya bila tidak menyampaikan informasi cara merekam layar hp tanpa aplikasi. Kalau pakai aplikasi kan pasti ada kelemahannya, yaitu menambah penyimpanan internal dan membuat pemakaian RAM meningkat walaupun tidak signifikan.

Merekam  layar tanpa aplikasi ini sudah ada di android keluaran 1 tahun terakhir ini. Sebagai contoh saya, oppo A7, kamu hanya perlu menggunakan smart sidebar saja untuk melakukan perekaman layar Android tanpa aplikasi.

Bagaimana caranya bisa merekam layar hp tanpa aplikasi? Berikut cara merekam layar smartphone Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan dan aplikasi pihak ketiga :

  1. HP kamu harus mendukung fitur smart sidebar atau yang lainnya. Kalau di hp lain mungkin ada fitur lain yang memiliki fungsi yang sama. Ada juga yang menggunakan aplikasi bawaan saja sudah bisa rekam layar, seperti hp Xiaomi redmi.
  2. Kemudian tekan tombol Record atau Rekam yang ada di fitur tersebut. Biasanya menggunakan ikon lingkaran berwarna merah.
  3. Sekarang kamu bisa memulai perekaman layar android tanpa aplikasi dan tanpa root.
  4. Kalau kamu sudah selesai melakukan recording video, fitur pada bawaan smartphone biasanya akan menyimpan sendiri namun kamu harus mengetuk tombol Stop yang ada disana.

Hanya seperti itu saja sih perekaman layar di smartphone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan yang bikin menarik, fitur tersebut sudah mendukung hampir semua aplikasi yang kamu install. Kan ada juga tuh aplikasi atau fitur perekam Android yang tidak berfungsi di beberapa aplikasi.

Penutup

Nah, itulah cara merekam layar hp Android dengan dan tanpa aplikasi. Untuk yang menggunakan aplikasi kamu bisa menjelajahi semua aplikasi Screen Recorder yang ada di Playstore untuk Android, dan Appstore untuk Iphone IOS. Dengan begitu, informasi yang saya berikan ini sudah selesai, kalau ada hal yang ingin dipertanyakan, kamu bisa memberikan opini di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *