5 Cara Streaming Video Lancar dan Nggak Buffering Lagi, Yuk Coba!

  • Whatsapp

Cara streaming video lancar tentu sangat dibutuhkan banyak orang dewasa ini. Seperti kita tahu, internet dan smartphone adalah kebutuhan yang tak terelakkan lagi dalam kehidupan kita. Keduanya memiliki keterkaitan dan tentu saja, tanpa salah satunya banyak pekerjaan yang akan terbengkalai. Selain untuk membantu dalam hal pekerjaan, internet juga bisa digunakan untuk menonton banyak hiburan. Salah satunya video-video yang ada di Youtube atau aplikasi streaming video lainnya.

Nah, biasanya saat streaming-an inilah kita akan menghadapi yang namanya buffering. Yap, buffering kerap kali membuat kesal karena acara menonton video atau film yang kita sukai jadi terganggu. Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa tips supaya streaming video jadi lancar da nggak buffering lagi. Mau tahu tipsnya? Yuk simak!

5 Cara Streaming Video Lancar

1. Bersihkan Cache

Cara Streaming Video Lancar

Tips pertama supaya streaming video lancar adalah dengan membersihkan cache. Kebanyakan orang seringkali mengabaikan cache dan membiarkannya menumpuk begitu saja. Padahal justru cache inilah yang menghambat performa dari smartphone itu sendiri. Mungkin pada awalnya kamu bisa browsing dengan lancar. Namun, seiring dengan membesarnya ukuran cache ini, maka performa ponsel juga akan semakin lambat.

Tentu saja kamu akan sering mengalami buffering saat streaming video. Cache sendiri adalah data yang sifatnya hanya sementara dan mencatat semua aktivitas kamu ketika menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, sebaiknya kamu mulai melakukan pembersihan secara rutin terhadap cache agar performa ponsel kembali cepat dan lancar.

2. Uninstall Aplikasi atau Widget Tidak Penting

Cara streaming video lancar

Salah satu cara streaming video lancar berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak bermanfaat. Penting untuk kamu ketahui bahwa data internet bisa saja terkuras ketika ponsel sedang tak digunakan. Data internet tersebut akan terus terkuras selama masih ada aplikasi yang berjalan otomatis pada background sistem. Karena aplikasi-aplikasi itulah maka streaming video lancar tak bisa kamu dapatkan.

Kamu akan sering mengalami buffering jika tidak segera mengatasinya. Sebab, bandwidth yang digunakan harus terbagi begitu saja. Jadi, untuk bisa membuat pengalaman menonton video semakin menyenangkan dan terhindar dari buffering, sebaiknya kamu mulai menghapus berbagai aplikasi atau widget yang tidak diperlukan.

3. Mencoba Pakai Software Untuk Mempercepat Koneksi

cara streaming video tanpa Buffering

Buat kamu yang suka streaming video lancar dari PC atau laptop, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengunduh software yang dapat mempercepat koneksi. Saat ini pun software semacam itu telah bisa ditemukan dengan mudah. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan. Kamu bebas memilih mana yang sekiranya cocok.

Baca Juga : 5 Aplikasi untuk Mempercepat Koneksi Internet secara Konstant dan Continu

Adapun beberapa rekomendasi software untuk mempercepat koneksi internet yang bisa kamu pakai adalah Flash Speed atau bisa juga Bywifi Video Accelerator. Namun, untuk bisa menggunakan software tersebut ada satu hal yang harus kamu ketahui. Yakni jangan sampai koneksi internet yang kamu punya berada di 153 kbps ke bawah. Karena nanti akan jadi percuma saja.

4. Selalu Update Flash Player

cara streaming video tanpa Buffering

Jika kamu belum tahu, maka flash player ini adalah suatu plugin yang sangat wajib untuk kamu punyai. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan software yang satu ini, seperti misalnya streaming video lancar dan nggak buffering. Namun, kamu harus selalu update dan memperbarui flash player agar streaming video semakin lancar. Jadi, jangan lupa buat di update ya!

5. Gunakan Jaringan Internet yang Super Cepat

cara streaming video tanpa Buffering

Tips ini berguna buat kamu yang belum update jaringan 3G ke 4G. Sebab, seiring dengan kemajuan teknologi, internet pun semakin canggih dan jaringannya semakin cepat serta luas. Meski memang tak secepat seperti yang ada di negara-negara maju sana. Jadi, untuk mendapatkan pengalaman streaming video yang menyenangkan, segera ganti ponselmu dengan smartphone dan provider yang mendukung jaringan 4G.

Penutup

Nah, itulah beberapa tips cara streaming video lancar yang bisa kamu terapkan. Dengan adanya tips di atas, semoga pengalaman menontonmu jadi semakin menyenangkan ya! Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *