Eror Wired Smart TV

Tutorial Perbaikan Error Wired Smart TV secara Efektif dan Menyeluruh

Diposting pada

Error Wired Smart TV adalah keadaan kabel yang menghubungkan Smart TV ke internet eror. Salah satu keunggulan dari Smart TV dibandingkan TV biasa adalah pengguna bisa menggunakan internet di TV layaknya di smartphone dan laptop. Error yang terjadi ini tentu saja akan mengganggu kinerja dari smart TV.

Jika terjadi koneksi kabel eror maka Smart TV seperti kehilangan fungsi utamanya. Perlu diketahui selain tidak bisa browsing, koneksi internet yang eror yang menyebabkan pengguna tidak bisa streaming di platform semisal Netflix. Nah berikut akan diulas tutorial memperbaiki kabel internet Smart TV yang eror.

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Internet Smart TV yang Tidak Terdeteksi

Tutorial Memperbaiki Error Wired Smart TV

Banyak penyebab yang mungkin membuat Smart TV tidak bisa tersambung dengan internet. Salah satunya adalah ketika kehilangan power atau mati listrik. Selain itu juga jika terjadi peralatan jaringan rumah semisal modem dan router rusa. Kemudian bisa juga karena kesalahan pada peralatan atau koneksi broadband dari provider internet yang digunakan.

Jika listrik mati tiba-tiba saat Smart TV masih menyala, maka pastikan dulu bahwa Smart TV bisa dihidupkan setelah daya tersedia. Terkadang listrik yang mati tiba-tiba saat kondisi Smart TV masih menyala bisa menyebabkan TV rusak. Jika TV bisa hidup dengan normal maka periksa apakah kabel koneksi internet dari sumber ke TV yang dibutuhkan sudah terpasang dengan benar

Setelah listrik hidup, semua peralatan jaringan harus diatur ulang. Termasuk router dan juga modem juga perlu di reset agar koneksi internet bisa tersambung kembali. Setelah semua peralatan jaringan diatur ulang tanpa terkecuali, maka bisa dilihat apakah status lampu LED aktif. Status lampu LED yang aktif menandakan bahwa sinyal/jaringan internet sudah kembali dan bisa digunakan.

Untuk memeriksa status akses di Smart TV maka bisa memencet tombol Smart di remote control. Pengguna kemudian bisa memilih Setting>Jaringan>Network Status kemudian tekan Wheel/Enter. Hal ini akan menjalankan status jaringan secara otomatis. Setelahnya pengguna bisa melihat tabel yang melaporkan status jaringan terkini, aktif atau masih belum bisa digunakan.

Pada tabel hasil pengecekan status jaringan ada tanda X dan Ѵ masing-masing di TV, Gateaway, DNS dan Internet. Jika tandanya X maka tidak ada koneksi internet yang terhubung. Sebaliknya jika tanda yang muncul adalah Ѵ maka Smart TV bisa tersambung dengan internet.

Jika yang muncul adalah X entah pada TV, Gateaway, DNS ataupun internet maka disarankan untuk me-reset router atau modem lagi. Jika sudah kembali lakukan cek Network Status seperti langkah di atas. Jika akses internet masih tidak tersedia, maka langsung saja menghubungi penyedia jasa layanan internet. ini adalah langkah terakhir yang bisa dicoba untuk mengatasi kabel internet yang eror.

Cara Memperbaiki Error Wired Smart TV setelah Pengaturan

Untuk memperbaiki Error Wired Smart TV setelah pengaturan maka bisa dicoba untuk memerikasi koneksinya. Maksudnya adalah perikasi kabel LAN apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Kabel LAN harus terpasang dengan benar karena diperlukan untuk menyambungkan modem ke router. Router inilah yang nantinya bisa menerima sinyal dari jaringan internet.

Baca Juga : Cara Memunculkan Aplikasi Item Premium Smart TV pada Menu Home

Kemudian hubungkan kabel LAN dari modem/router ke belakang Smart TV yang mana harus menggunakan CAT5/CAT6 dengan konektor RJ45. Jika semua sudah tersambung dengan benar maka bisa mengecek status jaringan. Jika tidak ada perangkat yang terhubung maka bisa menghubungi provider internet yang digunakan.

Jika ada perangkat yang terhubung maka ini tanda bahwa internet bekerja dengan baik. Selanjutnya perikasi update firmware di Home>Setting>Support>Update Software.  Biasanya dengan memperbarui software masalah jaringan internet bisa teratasi. Update firmware router juga diperlukan jika ingin jaringan internet yang digunakan lebih stabil.

Demikianlah ulasan bagaimana cara memperbaiki Error Wired Smart TV secara efektif dan menyeluruh. Jangan sungkan untuk membaca buku panduan jika anda menemukan masalah pada Smart TV, khususnya tentang jaringan internet. cara-cara yang diulas di atas bisa dilakukan sendiri. Namun jika masalah belum juga sirna tidak ada salahnya mengundang tukang service untuk memperbaikinya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.