fungsi bagian-bagian komputer

Mengenal fungsi bagian-bagian komputer dan fungsinya tentu sangat penting, baik untuk para siswa TKJ (Teknik Komputer Jaringan), atau pun bagi anda yang sangat tertarik dan sering berinteraksi dengan komputer.

Baca Juga : Mau Beli Laptop ? Inilah Tips Membeli Laptop Berkualitas yang Harus Kamu Ketahui

Dengan mengetahui fungsi bagian-bagian komputer, maka ketika ada sesuatu hal yang terjadi pada komputer, maka anda akan lebih mudah dalam menanganinya.Sebab dengan hal ini, maka kita akan lebih mudah mengatahui pada bagian mana, komputer tersebut.

Adapun bagian-bagian komputer yang dimaksud disini adalah hardware atau perangkat keras. Pengertian hardware sendiri adalah bagian-bagian komputer yang terlihat dan fisiknya dapat di sentuh.

3 Golongan Pembagian Hardware Komputer

Secara garis besar hardware sendiri terbagi menjadi 3 golongan atau bagian, sehingga untuk memahami fungsi bagian-bagian komputer kita harus mengetahui ketiganya secara lengkap. Adapun yang ketiga

1.Perangkat Masukkan (Input Device)

fungsi bagian-bagian komputer

Fungsi bagian-bagian komputer yang pertama kita bahas adalah Input Device, perangkat ini memiliki fungsi untuk memasukan data, baik berupa tulisan, gambar dan lainnya ke dalam sistem komputer. Adapun komponen yang termasuk ke dalam golongan input device adalah Mouse, Keyboard, Joystick, Webcam, Touch Screen, Bar code reader, dan juga light pen.

2. Perangkat pengolah data (CPU)

fungsi bagian-bagian komputer

Seperti namanya perangkat ini merupakan pusat dimana data diolah. Central prosesing unit (CPU) memiliki fungsi untuk mengolah data yang masuk melalui input device dan kemudian ditampilkannya melalui output device.

Referensi Kami : 4 Cara Mengatasi Memori C Penuh yang Terbukti Ampuh

Adapun komponen komputer yang masuk pada perangkat pengolah data adalah Casing. VGA Card, RAM, Hardisk, Prosessor, Motherboard, dan juga Power Supply.

3.  Perangkat Output (Output Device)

fungsi bagian-bagian komputer

Fungsi bagian-bagian komputer berikutnya adalah Output Devie. Perangkat ini, memiliki fungsi untuk menampung serta menghasilkan data yang telah diproses untuk ditampilkan, atau dikeluarkan.

Adapun komponen yang termasuk ke dalam output device adalah monitor, printer, speaker, dan infocus.

Demikian penjelasan mengenai fungsi bagian-bagian komputer, jika ada komponen yang belum disampaikan mohon kesediaannya untuk menambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaaat.

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asus ROG Strix G703GX Laptop Gaming Spesifikasi Tertinggi, Dirilis Pertama di Indonesia

Asus ROG Strix G703GX merupakan laptop gaming terbaru, yang telah resmi dirilis di Indones…