Fungsi Humidifier
ilustrasi via istockphoto

10 Fungsi Humidifier yang Mengangumkan, Ternyata Bukan Hanya Menjaga Kelembapan!

Diposting pada 109 views

Setelah sebelumnya kita membahas merk humidifier terbaik. Agar lebih memahami lebih dalam lagi, kali ini duniaelektronik.net akan membahas fungsi fungsi humidifier.

Banyak yang mengetahui fungsi humidifer untuk melembabkan udara dalam ruangan. Namun sedikit yang tahu fungsi lainnya yang beragam.

10 Fungsi Humidifier

Dalam menjankan fungsinya untuk melembabkan udara ruangan, humidifer bekerja dengan cara menyemprotkan uang air udara, hingga kelembabannya mencapai batas ideal.

Bagi kamu yang ingin mebeli alat elektronik ini, dan ingin mengetahui keseluruhan fungsinya berikut telah duniaelektronik.net rangkum:

1. Meminimalisir Penyebaran Virus

Virus merupakan salah satu musuh bagi kesehatan makhluk hidup. Bahkan saat ini masyarakat dunia masih dihebohkan oleh virus Covid-19. Dimana selain berbahaya juga telah mengganggu banyak aktifitas, mulai dari ekonomi, hingga pendidikan.

Diantara himbauan pemerintah adalah menggunakan masker. Bakteri atau virus memang menyebar melalui udara, dan masker adalah salah satu solusi untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan.

Tahukah kamu, jika fungsi humidifier ini salah satunya adalah untuk meminimalisir penyebaran virus, terutama firus penyebab flu. Jadi tepat sekali, jika setiap keluarga mulai tertarik untuk menggunakannya.

Berdasarkan studi yang dilakukan National Academy of Science, meyatakan bahwa udara yang kering memiliki korelasi cukup kuat. Baik terhadap kelangsungan organisme maupun penyebaran virus di udara.

Dengan adanya humidifier di ruangan, maka lingkungan yang ada akan merugikan bagi virus penyebab influenza, sehingga peluang menyerang keluarga akan semakin kecil.

2. Fungsi Humidifier Meringankan Gejala Penyakit

Tempat yang memiliki tingkat kelembapan udara yang baik, juga dapat meringkatkat gejala penyakit tertentu. Khususnya yang berhubungan dengan penyakit saluran pernafasan atad seperti batuk, flu, pilek, serta demam.

Kerennya lagi, air humidifier juga cukup efektif untuk membantu proses penyembuhan. Jadi selain memberikan lingkungan yang nyaman, keluarga yang sakit juga bisa cepat sembuh.

Hal ini terutama karena udara yang ada di ruangan, lebih aman dan aman dari polutan asing berbahaya. Dimana jika sampai terhirup oleh sistem pernafasan, dapat memperparah seseorang yang mengalami gangguan tenggorokan, maupun pernafasan itu sendiri.

3. Melindungi Mata

Fungsi humidifier ternyata juga dapat menjaga mata agar senantiasa sehat. Hal ini karena saat udara kering, selain bisa menyebabkan mata cepat kering juga bisa menjadikan iritasi.

Seperti dibahas sebelumnya, bahwa udara kering mengandung partikel atau polutan asing yang dapat membahayakan kesehatan mata. Misalnya saja iritasi mata yang ditandai gejala seperti mata merah, gatal, bahkan bisa membengkak.

Jika keadaan ini dibiarkan, besar kemungkinannya mata akan mengalami infeksi.

Untuk menghindari masalah ini, salah satu solusinya adalah menggunakan humidifier. Dengan menggunakannya maka penyebaran polutan asing seperti debu akan lebih mudah dicegah.

4. Fungsi Humidifier Melindungi Tenggorokan

Tak sedikit orang yang menggap sepele kondisi udara kering di ruangannya. Padahal, hal tersebut juga bisa menyebabkann masalah diantaranya adalah pada pita suara.

Udara yang kering bisa menjadi penyebab utama tenggorokan terasa gatal, kering, sakit, hingga menyebabkan seseorang kehilangan suaranya.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan, maka lambat laun kondisi tenggorokan akan semakin parah. Lebih dari itu, ada kemungkinan pita suara menjadi rusak.

Disinilah fungsi humidifier sebagai alat pencegah penyebaran virus penyebab radang tenggorokan berperan. Ruangan dengan tingkat kelembapan udara yang baik, juga dapat merelaksasi otot pernafasan. Sehingga selain lebih terlindungi, tenggorokan juga akan semakin terasa nyaman.

5. Melembapkan Kulit dan Bibir

Setiap orang pasti ingin memiliki penampilan yang senantiasa menarik, baik itu laki-laki terlebih perempuan. Salah satu daya tarik seseorang akan terpancar, manakala kulitnya sehat.

Udara kering, bukan hanya bisa merusak kesehatan tubuh bagian dalam namun juga luar. Diantaranya adalah kulit dan bibir.

Hal ini karena kelembapan kulit akan menurun seiring dengan meningkatnya udara panas. Akihatnya kulit dan bibir dapat menjadi kering, gatal, bahkan juga mengelupas.

Tentu kamu tidak ingin penampilan kamu terganggu karena hal ini. Untuk mengatasi hal ini, menggunakan humidifier adalah solusi terbaik. Fungsi humidifier untuk melembabkan ruangan, secara tidak langsung juga akan melembabkan kulit dan bibir kamu secara alami.

6. Fungsi Humidifier Mengatasi Masalah Sinusitis

Bernafas selain sebagai salah satu ciri, juga merupakan suatu kebutuhan makhluk hidup. Sekali pun merupakan aktivitas normal, namun hal ini ternyata terasa menyiksa bagi penderita penyakit sintusitis.

Penyakit ini bisa terjadi dikarenakan adanya infeksi, yang menjadi penyebab selaput lendir hidung meradang.

Hal ini diakibatkan oleh udara di ruangan yang terlalu kering. Atas dasar itulah, penderita sintusitas merasakan ketidak nyaman pada hidungnya, terutama saat bernafas. Selain itu, juga bisa menyebabkan munculnya beberapa penyakit penyerta seperti sakit kepala hingga hidung berdarah. Tentu ini sangat menakutkan.

Fungsi humidifier yang dapat memaksimalkan tingkat kelembapan udara, tentunya akan membuat penderita sinusitis menjadi lebih merasa nyaman.

Kelembapan udara merupakan salah satu cara efektif, untuk mencegah tersumbatnya saluran hidung.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Fungsi Humidifier

Apakah kamu sering mengalami insomnia, atau sulit untuk tidur. Tentu hal ini sangat menjengkelkan, terlebih jika harus bangun pagi-pagi untuk bekerja atau melakukan kegiatan penting.

Padahal tidur selain membuat tubuh lebih fresh juga akan membuat lebih bersemangat. Tidur yang cukup juga memiliki pengaruh yang baik untuk metabolisme tubuh, yang nantinya akan berdampak pada kesehatan.

Selain fikiran, kondisi udara juga menjadi salah satu penyebab terganggunya aktivitas tidur.

Tepat sekali jika banyak masyarakat menggunakan humidifier untuk mengatasi hal ini. Selain dapat mengkondisikan udara ruangan menjadi lembab. Udara yang kebersihannya terjaga, juga akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Akhirnya, kualitas tidur pun menjadi meningkat.

8. Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur adalah kebiasaan seseorang yang memang cukup mengganggu kenyamanan saat tidur. Apalagi jika suara yang dihasilkannya cukup keras.

Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kondisi udara ruangan yang kering.

Seperti dibahas di atas, udara kering dapat menyebabkan hidung tersumbat serta tenggorokan membengkak. Hal ini tentu akan membuat aktivitas bernafas melalui hidung mengalami kendala.

Akhirnya membuat seseorang bernafas melalui mulut, termasuk dalam keadaan tidur. Akibatnya kebiasaan mendengkur pun bisa semakin parah. Di sinilah fungsi humidifier berperan, untuk mengatasi masalah seperti ini.

9. Melindungi Furnitur dan Lantai

manfaat humidifier untuk kesehatan

Bagi kamu yang memiliki berbagai furniture maupun lantai berbahan dasar kayu, sangat tepat jika menggunakan humidifier.

Selain berfungsi untuk hal-hal di atas, alat elektronik ini ternyata juga bisa melindungi furnitur dan lantai tersebut. Hal ini karena produk beebahan kayu, akan lebih mudah bereaksi terhadap kelembaban udara dalam ruangan.

Penting untuk diketahui, bahwa udara kering juga bisa menyebabkan produk berbahan dasar kayu mudah retak dan belah. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya segeralah gunakan salah satu merk humidifier terbaik, yang telah kami rekomendasikan sebelumnya.

10. Menjaga Kesuburan Tanaman Hias

Bagi kamu yang menyukai tanaman hias, tepat sekali jika tertarik untuk membeli humidifier.

Alat ini, selain bermanfaat untuk manusia, juga memiliki pengaruh sabfat baik untuk jenis tanaman hias yang hidup di lingkungan udara lembab.

Dengan menggunakan humidifier kelembapan udara akan terjaga. Akhirnya tanaman hias yang terbiasa hidup dilingkungan udara lembap pun bisa bertahan hidup lebih lama, dan memiliki kesempatan berkembang jauh lebih baik di dalam ruangan.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 fungsi humidifier. Dilihat dari manfaatnya, alat penjaga kelembapan ruangan ini memang patut untuk segera dibeli.

Gambar Gravatar
Menerima kerja sama review produk, bisnis, dan lainnya melalui duniaelektronik.net Jasa pembuatan website, press release dan backlink ke berbagai Media Nasional Indonesia. More info bisa via WhatsApp 0823 2727 7319.