HP Tiba-Tiba Restart Sendiri

9 Alasan Kenapa HP Tiba-Tiba Restart Sendiri

Diposting pada

Virus

Terlalu banyak virus juga akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada ponsel. Virus ini dapat menumpang dari aplikasi-aplikasi yang didownload dari sumber yang tidak jelas. Jika sudah terlanjur mendownload aplikasi yag tidak jelas sumbernya maka sesegera mungkin untuk menghapus dan menscan ulang ponsel. Selain itu juga hapuslah beberapa file yang menjadi pengganggu beroperasi.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Virus Hp dengan dan Tanpa Aplikasi

Aplikasi sembarangan

Aplikasi yang diinstal secara sembarangan dan brutal apalagi jika tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan membuat masalah. Beberapa yang ditimbulkan memang tidak seberapa seperti hp yang tidak berfungsi sementara waktu, restart bahkan mati total. Gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan ponsel dan gunakan aplikasi dari sumber yang bersih.

Kualitas baterai

hp tiba-tiba restart sendiri

Kualitas baterai yang sudah melemah juga menyebabkan hp tiba-tiba restart sendiri. Baterai yang kualitasnya menurun bisa disebabkan oleh waktu yang sudah tua sehingga memang waktunya diganti. Penyebab lain juga karena baterai palsu sehingga memiliki kualitas yang buruk. Selain itu penggunaan baterai yang sudah buruk kualitasnya tidak hanya menyebabkan restart sendiri namun dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan lain yang lebih serius.

Overhet

Overhet terjadi karena aplikasi yang berjalan pada ponsel secara bersamaan. Aplikasi ini bisa berjalan di layar depan maupun layar belakang. Penggunaan aplikasi yang berlebihan akan membuat ponsel bekerja sangat keras dan lelah. Jika hardware yang dimiliki oleh ponsel itu memiliki daya kecil maka ponsel akan mengalami overhet.

Hardware lemah

Hardware yang lemah juga dapat menjadi penyebab kenapa hp tiba-tiba restart sendiri. Mesin bawaan dari hp yang memiliki spesifikasi rendah namun digunakan oleh berbagai aplikasi yang berat tentunya tidak akan kuat. Bisa juga karena hardware yang sudah tua hingga lemah menjadikannya harus diupgrade kembali dengan spesifikasi lebih tinggi.

Panas berlebih

Panas yang berlebih dari hp bisa disebabkan oleh aplikasi yang terlalu banyak, jaringan ponsel yang lemah atau bahkan baterai yang tidak sesuai. Selain itu penyebab lain juga bisa disebabkan karena perubahan suhu lingkungan dan juga penggunaan charger yang tidak sesuai dengan hp. Hal-hal tersebut memang sangat bisa diantisipasi dengan mengurangi atau bahkan tidak menggunakan HP untuk sementara waktu.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Agar HP Tidak Mudah Panas

Beberapa penyebab lain juga mungkin menjadi penyebab HP restart sendiri. Untuk mengantisipasi kerusakan yang berlebih sebaiknya gunakanlah hp sesuai spesifikasinya. Sehingga tidak menyebabkan hp overhet apalagi daya tegangan baterai yang tidak normal. Semoga bermanfaat !

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.