7Jenis Kulkas yang Umum Digunakan Masyarakat Indonesia

  • Whatsapp
jenis-kulkas

Jenis Kulkas – Kulkas merupakan barang yang banyak digunakan di rumah dan warung-warung untuk mendinginkan makanan dan minuman.

Kulkas pertama kali ditemukan oleh Fred W. Wolf dari Fort of Wayne, Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1913 silam. Pada awal di temukan dan dikembangakan, kulkas sudah memiliki beragam jenis dengan bentuk, ukuran, kapasitas, warna dan desain yang berbeda-beda.

Apalagi di zaman sekarang ini semakin banyak lagi jenis kulkas yang bisa Anda pilih untuk di gunakan dalam rumah Anda.

7 Jenis Kulkas yang Umum Digunakan

Kali ini, saya  akan membahas tentang tujuh jenis kulkas yang umumnya banyak di gunakan untuk keperluan domestik dan rumah tangga.

1. Kulkas Komersil

Kulkas komersil biasanya banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Jenis ini disebut juga showcase, yaitu kulkas yang berguna untuk keperluan komersil.

Biasanya digunakan di berbagai toko atau supermarket, dan rumah makan. Baik untuk menyimpan makanan atau jualan minuman dingin.

Kulkas komersil di lengkapi dengan satu pintu kaca. Sehingga dapat memperlihatkan isi dari kulkas tersebut. Di dalamnya di lengkapi dengan empat sampai lima rak penyimpanan.

Kulkas jenis ini di pasaran biasanya di jual dengan harga di bawah sepuluh juta per-unitnya.

2. Kulkas Mini

Sesuai dengan namanya, kulkas mini memiliki ukuran paling kecil di banding semua jenis kulkas yang lain. Kulkas mini memiliki ukuran yang beragam.

Ada yang berukuran 45x47x51 cm dengan kapasitas 46 liter. Ada pula yang memiliki ukuran dan  kapasitas yang lebih besar lagi.

Kulkas mini hanya memiliki satu pintu, di dalamnya di lengkapi dengan dua sampai tiga rak. Fungsinya untuk menyimpan makanan, dan rak untuk botol minuman.

Karena ukurannya yang kecil, kulkas mini sangat hemat listrik yakni mulai 70 watt saja. Selain itu harganya juga sangat hemat di kantong,  kisaran  ratusan ribu sampai satu jutaan lebih.

3. Freezer-less

Kulkas jenis freezer-less merupakan kulkas yang cukup sederhana karena hanya memiliki satu pintu saja dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Sehingga cocok untuk Anda yang memiliki dapur atau ruangan yang kecil.

Kulkas jenis freezer-less ini bisanyanya di lengkapi dengan rak khusus botol, rak  tempat menyimpan telur,  rak khusus sayuran dan buah, serta dua rak multifungsi.

Dengan bentuknya dan ukurannya yang tidak terlalu besar, kulkas ini hemat listrik dan juga harganya pas di kantong yakni di pasaran harganya mulai dari satu jutaan.

4. Top Freezer

Jenis kulkas top freezer  adalah yang paling umum, dan  banyak digunakan oleh kebanyakan orang  Indonesia. Kulkas jenis Top Freezer ini memiliki dua pintu. Satu pintu untuk freezer di bagian atas, dan satu pintu di bagian bawah.

Di dalam kulkas ini terdapat berbagai macam rak,  seperti dua rak multifungsi. Rak yang digunakan untuk buah dan syuran letaknya di bagian paling bawah. Rak untuk menaruh botol minuman, dan  juga rak untuk menyimpan telur.

Kulkas jenis ini, di pasaran dijual dengan kisaran harga dua hingga puluhan juta rupiah. Tergantung dari brand, kapasitas, fitur, dan kualitasnya.

5. French Door

Kulkas french door merupakan kulkas sejenis by side. Memiliki dua pintu sampaing dan satu atau dua pintu di bagian bawahnya.

Kulkas jenis ini di lengkapi dengan banyak rak penyimpannan, berukuran lumayan besar dengan ketinggian dapat di atur.

Di dalam pintu  bagian bawah, biasanya merupakan freezer yang terdiri dari enam tempat penyimpanan.

Dengan kapasitas yang besar dan kualitasnya yang bagus, harga kulkas frech door ini lumayan menguras dompet.

Di pasaran harganya kisaran belasan hingga puluhan juta rupiah per untinya. Namun meski harganya tinggi, kulkas ini tetap banyak diminati. Hal ini karena kapasitas, kualitas dan desainnya sangat sebanding dengan harganya.

6. Side by Side

Jenis kulkas side by side tidak kalah elegan dari kulkas jenis french  door. Kulkas ini di lengkapi dengan dua pintu samping  yang besar.

Di dalamnya  terdapat sekitar delapan rak multifungsi, yang terletak paling atas. Ada empat tempat penyimpanan freezerkulkas di bagian bawah. Sepuluh rak yang yang menempel pada bagian dalam kedua pintu kulkas.

Selain itu , kulkas jenis side by side terkadang juga memiliki satu pintu tambahan. Terpisah di luar pintu samping utama.

Biasanya terletak di bagian kanan atau atas kiri kulkas, yang berfungsi untuk penyimpannan minuman. Untuk harganya, jenis kulkas ini berkisar antara belasan hingga puluhan juta rupiah.

7. Kulkas Wine

Jenis kulkas yang terakhir ini adalah kulkas wine. Seperti namanya kulkas ini berguna untuk menyimpan wine. Kulkas ini tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas.

Ada yang berukuran sedang untuk menampung sekitar empat puluh lima botol. Ada yang ukuran lebih besar dengan penyimpanan lebih dari puluhan botol wine.

Juga ada yang berukuran mini untuk menampung sekitar puluhan samapai belasan botol saja.

Kulkas wine di pasaran dijual mulai dari harga dua juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari ukuran dan brand kulkas tersebut.

Itu lah tujuh jenis kulkas yang umumnya banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak dijual di pasaran dengan berbagai merk. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda dalam memilih kulkas jenis mana yang cocok untuk Anda beli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *