Pengertian dan Jenis Memori Semikonduktor dalam Elektronika

  • Whatsapp
Jenis memori semikonduktor

Jenis memori semikonduktor merupakan kata yang umum ditemui pada elektronika. Memori semikonduktor ini dibuat dari bahan semikonduktor yang merupakan perangkat dan berfungsi untuk menyimpan data elektronik. Perangkat ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam perkembangan teknologi. Hampir semua perangkat elektronik memakai memori semikonduktor.

Bentuk dari memori semikonduktor umumnya berupa Integrated Circuit atau IC. Secara umum sifat dari memori semikonduktor adalah random access atau acak. Artinya adalah proses akses data dapat diperoleh pada waktu yang samatanpa dipengaruhidari letak lokasi penyimpanan data.Dalam hal ini memori semikonduktor menjadi efisien pada akses data, penyimpanan data dan pencarian data.

Primary storage pada komputer lebih memilih menggunakan memori semikonduktor dan dipasang sebagai memori utama. Alasannya lebih karena akses memori semikonduktor lebih cepat yaitu hanya dalam hitungan nanodetik. Data yang dapat tersimpan di dalam memori semikonduktor juga lebih banyak.

Jenis-Jenis Memori Semikonduktor

Jenis memori semikonduktor

Jenis memori semi konduktor ada dua jenis yang dibagi menurut pengoprasian dalam penahanan data saat tidak diberi tegangan. Jenis memori semikonduktor ini yaitu RAM atau Random Access Memory dan ROM atau Read Only Memory.

1. RAM

RAM merupakan jenis memori semikonduktor yang pemakaiannya sebagai penulisan dan pembacaan data pada urutan secara acak. Sehingga data tidak perlu dilakukan pengurutan. Umumnya memori jenis RAM ini digunakan untuk aplikasi berupa prosesor memori data, komputer maupun prosesor memori variabel. Ketiga aplikasi tersebut dapat berupa data yang urutannya secara acak.

Data pada RAM dapat disimpan dan dibaca secara berulang. Tetapi data yang telah disimpan tersebut dapat hilang terutama apabila memori semikonduktor tidak dalam posisi teraliri arus listrik. Jenis memori yang seperti ini disebut sebagai Volatile Memori. Jenis memori semikonduktor RAM dapat dibagi menurut aplikasi dan teknologinya yaitu DRAM dan SRAM.

  • DRAM yaitu Dynamic Random Access Memory yang memakai sel memori dari transistor dan kapasitor untuk penyimpanan data. DRAM ini lebih dipilih untuk memori utama pada komputer. Memori dari DRAM ini membutuhkan refresh berulang kali yang harus dilakukan secara berkala.
  • SRAM yaitu Static Random Access Memory yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi dari DRAM. SRAM tidak membutuhkan proses refresh berulangkali seperti DRAM. Namun kekurangannya adalah membutuhkan daya lebih tinggi dan harga lebih mahal. Oleh karena itu SRAM lebih dipilih untuk cache.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai Ilmu Dasar Elektronika yang Harus Diketahui

2. ROM

Pada memori ini data penyimpanannya hanya sekali tulis saja. Namun dalam perkembangannya data pada ROM dapat dihapus maupun ditulis ulang lagi melalui cara khusus seperti menggunakan listrik dan ultraviolet. Data yang telah disimpan pada ROM tidak hilang dan tidak berubah meskipun tidak terdapat aliran listrik. Jenis memori ini dapat disebut non volatile memory.

ROM terbagi menurut teknologinya yaitu PROM, EPROM, EEPROM dan Flash Memory.

  • PROM yaitu Programmable Read Only Memory yang memorinya hanya dapat ditulis sekali dan harus diprogram memakai PROM progammer.
  • EPROM atau Erasable Programmable Read Only Memory yaitu memori dapat dihapus dan diprogram. Program menggunakan sinar ultraviolet.
  • EEPROM yaitu memori yang dapat ditulis, diprogram dan dihapus dengan bantuan memakai tegangan listrik. Jenis memori ini dapat menahan isi memori.
  • Flash Memory yaitu pengembangan dari EEPROM. Data memori dapat dihapus dan ditulis sesuai kebutuhan. Jenis memori ini dipakai sebagai USB Flash Drive dan kartu memori.

Baca Juga : Cara Membersihkan Memori C yang Penuh dengan Cepat dan Tepat

Jenis memori semi konduktor bermacam-macam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Masing-masing memori semi konduktor memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat disesuaikan penggunaannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *