Dari SUV Hingga Sedan, Inilah 8 Jenis Mobil yang Harus Kamu Ketahui!

  • Whatsapp
jenis-jenis mobil

Jenis-jenis mobil nampaknya belum banyak yang mengetahuinya secara rinci. Padahal mobil adalah barang yang sangat bermanfaat dan berguna dalam keseharian kita, sehingga harus benar-benar membelinya sesuai jenisnya yang tepat. Mungkin kamu juga salah satu orang yang menyadari hal ini dan ingin membeli sebuah mobil untuk membantu pekerjaan dan aktivitasmu.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, kamu juga harus tahu mengenai berbagai jenis mobil dan keunggulannya. Ada 8 jenis mobil yang sering digunakan di Indonesia. Apa saja ya?

Jenis-Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

1. Multi Purpose Vehicle (MPV)

jenis mobil

MPV adalah mobil yang memiliki keunggulan berupa interiornya yang luas dan dimensi ruangannya yang cukup besar. Selain itu, jenis mobil yang satu ini juga sangat mudah dialihfungsikan kabinnya. Kebanyakan mobil dengan jenis MPV ini memiliki daya angkut penumpang yang banyak. Kisarannya antara 6 hingga 7 penumpang.

Adapun mobil dengan jenis MPV ini juga telah memiliki pengelompokannya sendiri. Pengelompokan tersebut dimulai dari Big MPV, Medium MPV, kemudian Compact MPV hingga High Roof MPV. Tentunya setiap kelompok tersebut juga ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Adapun contoh tipe mobil MPV ini adalah seperti Kijang Inova, Grand Livina, Nissan Serena, dan lain sebagainya.

2. Sport Utility Vehicle (SUV)

jenis mobil

Kata sport dalam jenis mobil ini tak melulu diartikan sebagai mobil dengan kemampuan balap. Tapi kata sport di sini adalah sebagai suatu penanda jika SUV adalah mobil dengan ketangguhan yang lebih dibandingkan mobil jenis yang lainnya. Jenis SUV nyatanya mempunyai ketangguhan di bagian daya jelajahnya.

Ada pengaplikasian dari teknologi ground clearance, mesin dengan tenaga yang besar atau bisa juga dari penggerak rodanya yang bertipe 4×4. Bahkan saat ini, seiring dengan canggihnya teknologi yang berkembang, SUV tak hanya memiliki badan yang besar saja atau istilahnya Big SUV. Tapi dikelompokkan juga menjadi Medium SUV, Mini SUV, Crossover dan juga Compact SUV. Contoh tipe mobil SUV yaitu Toyota Fotuner, Mitsubishi Pajero Sport.Daihatsu Terios, dan lainnya.

3. Wagon

jenis ,mobil

Wagon, adalah jenis mobil yang tak banyak dimiliki oleh orang di Indonesia. Hanya sedikit orang-orang yang memilih mobil yang satu ini sebagai kendaraan mereka. Dari ukuran dan panjangnya, Wagon sangat mirip dengan mobil berjenis Sedan yang mempunyai 4 pintu. Namun, ada sedikit perbedaan dari keduanya.

Beda mobil Wagon dan Sedan adalah Wagon justru memiliki bagian bagasi yang difungsikan sebagai kabin penumpang. Seperti misalnya MPV atau SUV. Sehingga hal ini membuat penambahan satu pintu lagi di bagian belakang mobil Wagon ini. Contoh tipe mobil ini adalah Honda Accord Wagon, Nisan Avenir, dan lainnya.

4. Sedan

tipe mobil

Jenis mobil ini populasinya sangat banyak di Indonesia. Meski masih sedikit kalah dengan mobil berjenis MPV. Namun, mobil yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang menginginkan bepergian dengan mobilitas yang tinggi tanpa harus ribet dan juga memperhatikan daya angkut yang banyak.

Ciri yang ada pada mobil Sedan adalah dari segi kabin yang muat oleh 5 penumpang serta bagasi yang seluruhnya terpisah dari bagian penumpang. Kenyataannya, mobil ini memang tak cukup banyak dimiliki oleh orang Indonesia karena harga dan pajaknya memang lebih tinggi dibandingkan MPV.  Cntoh tipe mobil sedan ini seperti Honda Civis, Toyota Corolla Altis, Nisan Teana, dan lainnya.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli

5. Coupe

tipe mobil

Nah, jenis mobil yang satu ini cocok banget kalau kamu gunakan untuk bergaya. Sebab, kebanyakan mobil Coupe memiliki ruang yang hanya muat dengan 2 penumpang saja. Mungkin ada juga mobil jenis ini yang muat 4 penumpang, tapi untuk hal itu harus ada bagian yang dikorbankan. Dalam hal ini adalah bagasinya yang harus dipersempit.

Mobil Coupe sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Notchback Coupe, Fastback Coupe, Liftback Coupe, Convertible Coupe, dan Coupe 4 Pintu. Adapun contoh tipe mobil coupe yaitu seerti BMW Seri 3 Coupe, Nissan Silvia, dan lainnya.

6. Convertible

tipe mobil

Convertible adalah salah satu tipe mobil yang umumnya berbentuk kecil dengan bagian atap bisa dilipat, sehingga pengguna bisa leluasa menjadikannya mobil tertutup atau terbuka.

Ada 2 jenis mobil tipe ini, yaitu hard convertible dan convertible soft top. Untuk tipe hard bagian atasnya biasanya terbuat dari plastik atau baja. Sedangkan untuk yang jenis sof atapnya biasanya terbuat dari kanvas atau vinyl. Selain dapat dilipat secara manual, beberapa model kendaraan lainnya ada juga yang menggunakan sistem otomatis.

Ciri lain dari mobil convertible umumnya memiliki 2 pintu, 4 convertible, dan jok mobil mulai dari 2 hingga 4 buah. Adapun contoh tipe mobil ini adalah Ford Mustang, Mitsubishi Eclipse Spyder, New beetle, dan lain sebagainya.

7. Hatchback

tipe mobil

Tipe Mobil Hatchback merupakan jenis mobil yang ruang kabin dan bagasinya menyatu. Umumnya mobil jenis ini memiliki 5 pintu, yaitu 1 pintu untuk bagasi dan yang lainnya untuk penumpang.

Dengan hal ini, tempat penyimpanan barang tersebut bisa diakses melalui kursi penumpang paling belakang. Memiliki ukuran mid-size, tak heran jika diperkotaan banyak sekali penggunanya.

Mobil jenis ini juga sering dinamakan sebagai city car, selain karena bentuknya yang kecil penggerak roda depannya juga memang didesain agar lincah saat digunakan di jalanan perkotaan. Di Indonesia sendiri ada 3 jenis mobil ini, yakni compact hatcback, hatchback kecil, dan juga hatchback mini. Ada pun contoh mobil ini yaitu Mini Cooper, Geo Metro, Dodge Caliber, Chevrolet Aveo dan lain sebagainya.

8. Pick Up

tipe mobil

Pick up adalah mobil yang cocok untuk mengangkut barang. Mobil jenis ini juga selalu menjadi pilihan bagi para pebisnis yang mengutamakan pengiriman barang. Pick up hanya memiliki kabin yang dapat memuat 2 penumpang di bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakangnya adalah bak kosong yang berfungsi untuk mengangkut barang.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini juga ada pick up dengan tipe Double Cabin (4 penumpang) dan juga Extra Cabin (empat penumpang dan ruang kecil sebagai bagasi).

Baca Juga : 5 Jenis Teknologi MotoGP yang Sudah Ada di Pabrikan Motor

Penutup

Itulah beberapa jenis mobil yang harus kamu ketahui. Pilihlah mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Semoga dengan mengethui berbgai klasifikasi mobil ini, kamu bisa benar-benar mendapatkan kendaraan terbaik ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *