jenis virus komputer

Sebelum Terlambat, Kenali Dulu 16 Jenis Virus Komputer Berbahaya Ini!

Diposting pada

Pada postingan kali ini kita bukan hanya akan membahas jenis virus komputer, namun juga pengertian, sejarah, jenis-jenis, hingga cara mencegah dan mengatasinya. Bukan hanya penting diketahui pengguna komputer, tapi ulasan ini juga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan referensi untuk membuat makalah tentang virus komputer.

Virus merupakan musuh terbesar bagi setiap gadget yang ada di dunia ini. Tak hanya gadget seperti smartphone, laptop, tablet saja yang bisa terkena virus tapi komputer pun demikian. Virus biasanya dirancang secara khusus dengan tujuan merusak suatu program hingga membuat komputer tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Seringnya, virus ini digunakan oleh para hacker entah itu untuk tujuan yang penting atau hanya sekedar iseng dan coba-coba saja.

Pengertian Virus Komputer

Pengertian virus komputer menurut wikipedia.org adalah suatu program komputer yang memiliki kemampuan menyalin atau menggandakan dirinya sendiri. Hasil dari salinan dirinya tersebut kemudian disisipkan pada dokumen, ataupun program lain yang ada dalam komputer yang terinveksi.

Virus ini dapat diibaratkan seperti halnya virus biologis, dimana ia juga menyebar menggunakan cara menyisipkan diri sendiri ke dalam sel makhluk hidup. Selain dapat meruak data atau dokumen dalam komputer, beberapa virus juga membuat pengguna komputer merasa terganggu, namun tidak sedikit juga virus komputer yang tidak menimbulkan dampak sedikit pun.

Sejarah Virus Komputer

sejarah virus komputer

Tentu Anda juga ingin mengetahui sejarah dari virus komputer bukan? Ternyata sejak pertama kali komputer muncul virus ini juga sudah ada loh. Adapun virus yang pertama kali dibuat adalah Core War atau Perang Program.

Sesuai namnya virus Core War sengaja dibuat untuk menyerang, memperbaiki, dan juga memusnahkan program. Inti dari pembuatan virus sendiri tujuannya adalah untuk hal-hal negatif yang berakibat merugikan.

Sejalan dengan virus yang terus mengalami perkembangan, untuk mencegah penyebarannya yang kian marak maka perkembangan pertahanan virus juga semakin meningkat, sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang diakibatkan virus.

Virus polimorf ditemukan pada tahun 1989, dimana virus ini memiliki kemampuan untuk merubah dirinya menjadi varian baru, dan dikenal luas dengan V2Px. Sekitar satu tahun setelahnya, ditemukan virus yang dapat menginfeksi program melalui upayanya menyerang berbagai data FAT, ada pun virus tesebut adalah V2Px.

Cara Kerja Virus Komputer

Lantas bagaimanakah cara kerja virus komputer itu? Umumnya virus ini memang dapat merusak software (perangkat lunak) komputer, namun tidak bisa secara langsung merusak hardwarenya (perangkat keras).

Dalam hal merusak cara kerja virus komputer adalah dengan jalan memuat program yang dapat memaksa suatu perangkat untuk over process.

Dampak negatif dari virus komputer yaitu kemampuannya dalam menyalin dirinya sendiri, sehingga dapat mengurangi sumber daya komputer secara signifikan. Virus komputer dengan basis OS windows hampir mendekati angka 95%. Selebihnya menyerang, Mac, FreeBSD, Sun Operating System, OS/2 IBM,  dan Linux/GNU. Virus komputer paling berbahaya biasanya sampai dapat merusak perangkat keras.

16 Jenis Virus Komputer Berbahaya

jenis virus komputer

Virus pun memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda. Sebelum terlambat, maka kamu harus mulai mengenal jenis-jenis virus komputer agar nantinya data-data yang kamu punya tetap aman. Apa saja sih jenis virusnya? Berikut ini jawabannya untuk kamu.

1. Boot Sector

Tahukah kamu, Boot Sector cara kerjanya adalah dengan menginfeksi hard disk. Kemudian jika ada USB yang diakses ke komputer yang terinfeksi virus ini, maka virus ini pun akan menyebar begitu saja. Berhati-hatilah dengan adanya jenis virus Boot Sector, karena dia akan memberatkan kinerja komputer terutama ketika komputer tersebut sedang dalam keadaan menyala.

2. Companion Virus

Berbeda dengan nama virus komputer lainnya, virus ini bekerja dengan cara menggandakan data dan kemudian merubahnya menjadi format .com. Dengan hal ini, maka kapasitas memori komputer pun akan dapat berkurang. Untuk mengatasi virus ini, Anda bisa mengandalkan antivirus.

3. Browser Hijacker

Browser Hijacker merupakan jenis virus komputer yang mungkin sering kita temui. Sebab, Browser Hijacker akan memunculkan beberapa software yang sebenarnya tak pernah kamu install sama sekali. Jika sudah begitu, maka hasilnya adalah kamu akan melihat banyak iklan yang bertebaran di komputer milikmu.

4. Direct Action

Nah, kalau virus yang satu ini lebih sering menyerang data dengan format .exe atau .com. Apabila hal ini terjadi dan dibiarkan maka Direct Action akan mudah sekali menyebar ke data-data yang lainnya dan pada akhirnya membuat data tersebut tidak dapat dibuka. Maka sebaiknya kamu harus waspada dengan virus jenis ini.

5. Directory Virus

Selain Direct Action ada juga jenis virus komputer lain yang menyerang data berformat .exe. Jika komputer terinfeksi virus ini, maka ia tidak akan mampu berjalan sebagaimana biasa.

Ini adalah salah satu virus komputer paling berbahaya, sebab jika tidak cepat ditangani virus ini dapt merusak semua file berjenis exe, bahkan dampak terparah Anda sampai harus memformat HDD serta menginstal ulang sistem operasi komputer. Untuk mengatasi virus ini, kadang antivirus pun tak dapat melakukannya.

6. FAT Virus

Pernahkah Anda mengalami beberapa file di komputer tiba-tiba menghilang secara misterius ? Jika ia, kemungkinan besar komputer Anda terinveksi virus FAT.

Fat adalah salah satu virus komputer paling berbahaya berjenis File Allocation Table, yang memiliki kemampuan untuk merusak file-file di direktori tertentu. Untuk mengatasi virus ini adalah menggunakan antivirus.

7. File Infector

Kamu juga harus mengenal virus File Infector. Sebab, cara kerjanya justru cukup menarik. Virus komputer ini akan menulis ulang data yang sudah terinfeksi sehingga para pengguna tidak akan bisa mengenalinya dengan mudah.

8. Macro Virus

Macro virus adalah sebuah virus yang seringnya muncul dari email masuk. Nama virus komputer ini mengidentifikasi berbagai fie makro seperti .docm, .pps. .xls, dan lainnya.

Untuk mencegah virus ini, sebaiknya hindarilah menerima pesan asing. Selai itu, rutinlah menggunakan antivirus untuk menscan komputer.

9. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus meruapakan salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Hal ini karena virus jenis ini dapat menginfeksi RAM yang ada pada komputer.

Untuk melawan virus ini, sangat disarankan Anda menggunakan antivirus seperti Avira, Avast atau yang lainnya.

10. Multipartite

Sesuai dengan namanya, virus ini mempunyai banyak sekali cara untuk bisa menginfeksi komputer. Menariknya, cara-cara tersebut bahkan bisa dijalankan secara bersamaan. Bahkan yang harus lebih kamu waspadai adalah adanya anti virus dengan kualitas tinggi tidak bisa menangani virus Multipartite dengan mudah.

Baca Juga : 5 Antivirus Terbaik untuk Melawan Berbagai Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

11. Overwrite Virus

Overwrite Virus adalah sebuah jenis virus komputer yang memiliki kemampuan menghapus data yang telah terinveksi tanpa sedikit pun mengurangi kapasitas hardisk. Jadi sekalipun file yang telah terinfeksi hilang, seolah-olah file tersebut tetap ada di direktori sebab kapaitas hardisk kmputer masih tetap normal.

Dengan hal ini maka Anda tidak merasa  curiga jika file pada komputer ada yang hilang.  Jika file yang terinfeksi tidak segera dihapus maka dapat menyebar ke file lainnya. Atas dasar itu, tak berlebihan rasanya jika penulis berpendapat ini adalah salah sati virus komputer paling berbahaya.

12. Polymorphic

Polymorphic dapat juga diartikan berubah bentuk. Diberikan nama tersebut karena memang anti virus biasanya sangat susah dalam mendeteksi virus komputer yang satu ini. Polymorphic sendiri selalu berubah kode ketika dia menginfeksi data yang lainnya. Sehingga akan sangat sulit untuk ditemukan.

13. Resident

Jenis virus komputer ini konon menyimpan dirinya sendiri di dalam memori yang ada pada komputer. Hingga kemudian dia bisa menyerang data yang lain juga. Kamu harus waspada dengan adanya virus satu ini. Karena meski program yang terkena infeksi telah dibuang, nyatanya virus Resident akan tetap bisa berjalan dengan mudah.

14. Trojan

Trojan adalah virus yang umumnya datang dari internet atau e-mail masuk yang diterima pengguna. Virus Trojan sangat berbahaya, sebab dapat mengontrol hingga mencuri data yang ada pada komputer korbannya.

Untuk melawan jenis virus komputer ini, pengguna komputer umumnya dapat mengandalkan software Trojan Remover.

15. Web Scripting

Virus komputerin yang satu ini biasanya beraksi dari situs ke situs dan bisa saja menembus keamanan dari web browsing yang kamu punya. Dengan adanya virus ini, maka hacker akan dengan mudah mencuri segala informasi dan juga data milikmu lewat web browser yang kamu gunakan.

16. Worm

Worm adalah salah satu jenis virus komputer yang dapat membuat berbagai file acak tak berguna, sehingga memuat hardisk komputer cepat penuh. Virus ini juga memiliki kemampuan untuk berkembang dan menggandakan diri, sehingga dianggap cukup berbahaya.

Rekomendasi Kami : 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori C Komputer Penuh, Bersih Seketika!

Untuk mengatasi virus Worm biasanya cukup dengan melakukan scaning melalui antivirus Avast.

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Komputer

cara mencegah virus komputer

Meski mengenali jenis virus komputer dapat memberimu pengetahuan tentang cara kerja virus komputer tersebut, akan tetapi kamu juga membutuhkan cara-cara supaya virus tersebut tidak menginfeksi komputer yang kamu gunakan.

Jika sudah terserang, maka akan sangat sulit bagi komputermu untuk melawan dan berfungsi dengan baik. Hal ini juga akan menggangu pekerjaanmu. Setidaknya berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi virus komputer.

  • Senantiasa mengupdate pembaruan komputer dan juga antivirus yang digunakan.
  • Jangan menggunakan WiFi gratis yang tidak terpercaya, sebab bisa jadi itu adalah perangkap hacker.
  • Senantiasa menyecan portable device ketika baru digunakan, misalnya saja seperti flashdisk dan usb yang juga rentan membawa virus.
  • Backup berbagai data penting ke perangkat lain, sehingga ketika virus berhasil menghilangkannya kamu masih punya salinannya.

Penutup

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis virus komputer dan lainnya. Penulis yakin ini merupakan refernsi yang baik untuk membuat makalah tentang virus komputer, atau pun untuk sumber pengetahuan agar selalu waspada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *