6 Tips Supaya Kabel Charger Tetap Awet yang Harus Kamu Terapkan

  • Whatsapp
tips kabel charger tetap awet

Anda tentu ingin mengetahui tips supaya kabel charger tetap  awet. Salah satu printilan gadget yang paling sering dibawa adalah kabel charger. Bisa dibilang benda ini merupakan yang paling sering kita bawa ke mana-mana. Namun, kabel charger sendiri rentan juga terhadap kerusakan. Mungkin saja dalam satu ponsel, kamu bisa mengganti kabel charger hingga berkali-kali lantaran sering rusak dan tidak awet sama sekali.

Baca Juga :Rahasia Membuat Baterai Senantiasa Awet dan Prima

Nah, lantaran masalah kerusakan tersebut, pastinya kamu penasaran dong, kenapa kabel charger ini kok sering banget mengalami kerusakan, hingga tak jarang sampai mengharuskan kita membelichargeran baru. Kadang memang ada kebiasaan-kebiasaan dari kita yang tak sengaja membuat umur kabel yang satu ini jadi begitu pendek. Oleh karenanya, di bawah ini ada 5 tips yang harus kamu terapkan kalau mau kabel charger milikmu jadi awet. Apa saja ya? Yuk check this out!

5 Tips Suaya Kabel Charger Tetap Awet

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membuat kabel charger tetap awet, ada pun diantaranya adalah sebagai berikut :

Memakai Klip Kabel

Klip kabel biasanya sering sekali kita dapatkan ketika membeli kabel charger itu sendiri. Kamu perlu tahu, bahwa klip tersebut tak hanya sebagai teknik pengemasan saja. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan klip ini untuk membantu dalam hal mengikat kabel agar terhindar dari sudut-sudut lancip ketika kamu menekuknya. Jadinya selain lebih rapi, kabel charger kamu jadi lebih awet pemakaiannya.

Jangan Menekuk Sendi Charger dengan Tekukan Tajam

Tips supaya kabel charger tetap awet berikutnya adalah tidak menekuknya. Sebab seringnya, kerusakan yang terdapat pada kabel charger adalah bagian dalamnya yang putus. Selain itu, biasanya kerusakan ini pun terjadi di dekat sambungan port USB sebab titik itu merupakan bagian yang paling lemah dari kabel charger. Tak jarang menekuk sendi charger sampai dalam tahap parah kadang membuat lapisan dalam terekspos jelas karena bagian luarnya sudah mengelupas. Jadi, kamu harus menghindari menekuk kabel ini secara berlebihan ya.

Hindari Mengikat Kabel di Sebuah Objek Dengan Erat

Tak sadar, kadang kita selalu suka mengikat kabel charger ke suatu benda seperti power bank misalnya. Apalagi ikatan tersebut dilakukan dengan sangat erat yang berpotensi mengurangi usia kabel itu sendiri. Tekukan yang terjadi ketika kita mengikat kabel di sebuah objek akan melukainya lama-kelamaan. Nah, kalau begitu jangan lakukan hal ini lagi ya. Lebih amannya kamu gunakan saja coil wrapping jika kamu ingin mengikat kabel tersebut.

Stop Gunakan Ponsel Ketika Dalam Proses Pengisian

Ponsel sudah menjadi candu bagi setiap orang. Bahkan hingga masih proses pengisian pun banyak yang mengabaikan dan malah menggunakannya. Hal ini tak hanya membuat baterai rusak, tapi juga kabel charger milikmu yang bakalan jadi tak awet lagi umurnya. Sebab, kadang kala kita suka sekali memanjangkan kabel charger ini sampai melebihi batas bahkan membengkokkannya tanpa belas kasihan. Oleh karena itu, salah satu tips kabel charger tetap awet, adalah dengan membiarkan ponselmu terisi penuh dulu, baru setelah itu digunakan.

Baca : Hindari 11 Kesalahan Saat Mengecas Smartphone Ini Agar Tidak Sampai Merusak

Hindari Membeli Kabel Murahan

Pastinya kamu sudah sering, bukan, mendengar tentang harga sesuai dengan kualitas. Hal ini juga berlaku untuk kabel charger yang kita pakai. Kabel murah lapisan luarnya sangat tipis dengan kualitas yang rendah sehingga akan gampang sekali rusak. Bahkan tak hanya itu saja, kabel yang murahan ini biasanya tak kompatibel dengan ponsel karena mempunyai resistor yang kurang tepat. Sehingga juga dapat merusak ponsel yang kamu miliki.

Jangan Menyimpan Kabel Charger pada Tas Berisi Penuh

Ada saja para pelajar atau mahasiswa, bahkan mungkin hingga orang yang sudah bekerja, memasukan kabel charger pada tas yang berisi penuh. Padahal saat ini dilakukan, maka kabel bisa tertekuk hingga akhirnya bisa rusak.

Jika dirasa tas sudah penuh, sebaiknya jangan taruh kabel charger di tas tersebut. Solusinya tentu dengan mencari tempat yang lebih longgar.

Rekomendasi Kami : Pahami dengan Baik, Ini Cara Jitu Memperbaiki Port USB Eror

Penutup

Nah, setelah mengetahui tips supaya kabel charger tetap awet dan bertahan di atas, apa kamu sanggup melakukannya? Karena kadang kita seringnya abai terhadap perawatan suatu benda sampai benda tersebut mengalami kerusakan. Membeli kabel charger terus-menerus juga bukan hal yang baik untuk keuanganmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *