5 Kamera Dashboard Mobil Terbaik Full HD dengan Kualitas Mumpuni

  • Whatsapp
kamera dashcam terbaik

Kamera dashboard mobil terbaik saat ini bukan hanya penting untuk keselamatan, bukti suatu peristiwa dan lainnya, namun sangat cocok dimiliki para YouTuber yang setiap waktunya senantiasa bertambah. Dengan memasang dash cam terbaik, maka konten yang dihasilkan akan semakin penuh warna, menarik dan tentu saja memiliki nilai jual tinggi.

Anda tentu penasaran mengenai apa saja kamera dashboard mobil terbaik bukan? Selain membahas hal itu, duniaelektronik.net akan membahas secara lengkap seputar kamera mobil ini.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera Vlog Berkualitas untuk Para YouTuber

Pengertian Kamera Dashboard

Dilansir dari wikipedia.org kamera dasboard memiliki nama yang berbeda-beda, seperti event data recorder (EDR), dashcam, DVR mobil, dan juga perekam kemudi. Adapun pengertiannya yaitu suatu kamera onboard, yang terus merekam berbagai pemandangan dari berbagai posisi layar, seperti layar depan, layar belakang, jendela kendaraan, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa dascam yang juga digunakan untuk merekam bagian dalam kendaraan.

Cara kerja dashcam hampir sama dengan CCTV, bahkan dapat dikatakan ini merupakan CCTV mini.  Hal ini karena kamera ini sengaja dipasang, untuk merekam semua kejadian yang terjadi saat mengemudi. Hasil rekaman yang dihasilkannya pun sama, yaitu dalam bentuk video, yang kemudian bisa dirender dan disimpan. Baik dalam bentuk CD atau pun alat penyimpan data yang lainnya.

Jenis Kamera Mobil yang Perlu Diketahui

kamera dashboard mobil terbaik

Sebelum memutuskan membeli kamera mobil, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis-jenis kamera mobil itu sendiri. Berdasarkan tipenya kamera mobil dibedakan menjadi 4, yaitu:

  • Kamera yang menghadap ke depan.
  • Kamera interior
  • Kamera outdoor, dan
  • Kamera dua channel (depan & belakang)

Dalam memilih kamera tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis kamera mobil yang telah dilengkapi sensor gerak. Dimana sangat bermanfaat saat mesin mati atau mobil dalam keadaan diam. Dengan mengunakan kamera ini, maka pengguna bisa mengerti keadaan mobilnya. Contohnya saat sedang parkir,tersenggol keadaan lain, hingga adanya upaya pencurian. Kamera jenis ini akan otomatis aktif jika ada sekecil apapun pergerakan dari mobil.

Selain itu, ada juga jenis kamera yang telah dilengkapi dengan GPS dan fitur pengukur kecepatan. Dengan hal ini, maka pengguna bisa dengan mudah mengetahui dan melacak keberadaan mobilnya, jika sedang dibawa orang lain.

Manfaat Kamera Dashboard Mobil

Bagi para YouTuber manfaat kamera dashboard mobil, salah satunya adalah untuk memperolah video viral yang bisa terjadi kapanpun saat berkendara. Lebih penting dari itu, jika ada insiden frontal yang melibatkan beberapa pihak, maka rekamannya bisa menjadi alat bukti yang kuat.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera Vlog Berkualitas untuk Para YouTuber

Menyadari begitu pentingnya kamera ini, beberapa perusahaan asurasni mobil di negara dengan tingkat kecelakaan cukup tinggi, bahkan mewajibkan kliennya memasang kamera ini pada kendaraannya. Dengan adanya kamera dashboard mobil, maka dapat memberikan ketenangan Anda dalam berkendara. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :

Menghindari Terjadinya Modus Penipuan Jalanan

Selain di sinetron, tentu Anda sering mendengar aksi modus penipuan jalanan diberbagai media pemberitaan. Aksi kejahatan ini memang nyata adanya, mulai dari pura-pura tertabrak, ban bocor, hingga mengancam secara langsung. Dengan adanya dashcam mobil terbaik yang terpasang, mereka akan takut terlebih dahulu menargetkan Anda sebagai korbannya.

Dapat Dijadikan Bukti Kecelakaan dan Lainnya

Terjadinya kecelakaan, perkelahian, dan lainnya di jalan raya, bukanlah sesuatu yang baru. Berbagai pemicu bisa terjadi, dan tak sedikit yang salah ngotot membenarkan dirinya sendiri, dan berusaha menyalahkan yang benar.

Dengan menggunakan kamera mobil terbaik 2020, maka Anda bisa memiliki bukti atas insiden yang terjadi. Baik untuk orang lain atau pun ketika mengalaminya sendiri. Selain itu, jika diperlukan hal ini juga bisa menjadi salah satu bukti kuat, yang dapat membantu berbagai pihak yang bersangkutan.

Dapat Digunakan untuk Klaim Asuransi

Kamera yang terpasang dalam mobil Anda, dapat juga digunakan sebagai bukti kelaim asuransi ketika terjadi insiden kecelakaan. Klaim ini tentu dibutuhkan, ketika mobil yang diasuransikan tersebut mengalami kerusakan, atau pun jenis kerugian lainnya.

Merekam Berbagai Momen Berharga

Bagi seorang YouTuber, bukan hal yang tidak mungkin dashcam mobil terbaik bisa menjadi perantara mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari penghasilan tinggi, hingga jumlah subbscribe yang meningkat tajam. Hal ini salah satunya adalah dikarenakan sebuah video yang bisa viral, hingga tak sedikit yang muncul di media pemberitaan.

Kita tidak tahu, kapan berbagai momen berharga tersebut bisa ditemukan. Dengan kamera yang terpasang pada mobil, maka Anda akan selalu siap sedia untuk merekamnya.

5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik

Bagi Anda yang butuh referensi, berikut 5 kamera dashboard mobil terbaik :

1. Blackvue DR490-2CH

kamera dashboard terbaik 2018
image via bukalapak

Blackvue DR490-2CH, adalah dash cam mobil terbaik yang pertama kami rekomendasikan. Memiliki sensor amera dari Sony STARVIS, membuat hasil rekamannya senantiasa jelas dan memukau, sekali pun diambilnya di waktu malam hari.

Kerennya lagi, meski berada di luar jangkauan kamera, Blackvue DR490-2CH juga tetap bisa merekam suara percakapan atau pun benturan, sehingga semakin kuat jika diperlukan sebagai alat bukti.

Selain berkapasitas besar, baterai yang terpasang pada kamera ini pun sudah dilengkapi teknologi Power Magic Ultra Battery, sehingga tentu sangat tahan lama. Untuk mengisi ulang dayanya pun, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 40 menitan saja. Adapun harga dashcam terbaik ini, adalah sekitar Rp. 2,8 jutaan.

2. Blackbox G1W

kamera dashboard terbaik 2019

Kamera dashboard mobil terbaik berikutnya, adalah Blackbox G1W. Kamera ini hadir dengan layar LCD 2.7 TFT, dan sensor 3M CMOS.

Hanya dengan harga sekitar Rp. 600 ribuan saja, Anda sudah bisa memiliki kamera keren ini. Dimana beberapa kelebihannya diantaranya sudah Full HD, memiliki fitur TV-out, dan motion detection. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan microphone, yang sangat berguna untuk mengawasi setiap aktivitas mencurigakan di luar mobil kesayangan Anda.

3. DOD LS430W car DVR

kamera dashboard terbaik 2020

Rekomendasi kamera dashboard mobil terbaik berikutnya, adalah DOD LS430W car DVR. Hadir dengan dimensi 112.4 x 65 x 32.8 mm, dengan lebar layar 2.7 inci, tentu Anda akan dapat dengan mudah memindahkan posisinya sesuai keinginan.

Sekalipun berukuran mungil, namun soal kemampuan kualitasnya tak perlu diragukan lagi.  Kamera mobil terbaik ini telah dilengkapi dengan1/3 CMOS sensor. Soal dayanya, ia telah ditopang oleh baterai Lithium-ion berukuran 500 mAh 3.7V.

Canggihnya lagi, kamera seharga Rp. 3,3 jutaan ini juga telah dilengkapi fitur pencatatan posisi kendaraan. Dengan hal ini, maka Anda akan senantiasa mudah memantau posisi kendaraan, terutama jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Philips CVR108

kamera dashboard terbaik 2020

Setidaknya ada beberapa kelebihan sehingga Philips CVR108, sangat tepat masuk dalam daftar rekomendasi kamera dashboard mobil terbaik. Diantaranya adalah memiliki sudut lensa berukuran sekitar 130 derajat. Dengan adanya lensa ini, maka berbagai peristiwa dapat Anda tangkap dengan jarak yang lebih luas dan lebar.

Bukan hanya itu, dashcam terbaik 2020 ini juga dapat merekam dengan resolusi 1080, sehingga bisa mendapatkan gambar berkualitas tinggi. Dengan hadirnya fitur G-sensor Lock, maka data yang terdapat dalam memori akan tersimpan otomatis, sehingga Anda tidak khawatir lagi akan kehilangan rekaman. Adapun harga salah satu dashcam mobil terbaik ini, sekitar Rp. 1,4 jutaan.

5. Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P

kamera dashboard terbaik 2020

Rekomendasi kamer dashboard mobil terbaik yang terakhir, yang akan kita bahas adalah Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P. Di Buka Lapak harga kamera ini hanya sekitar Ep. 498 ribuan, sehingga sangat cocok bagi Anda yang mencari dashcam murah dengan kualitas mewah.

Meski harganya sangat terjangkau, namun bukan berarti salah satu kamera mobil terbaik 2020 ini bisa diremehkan. Beberapa kelebihannya diantaranya telah dilengkapi fitur Voice Control. Melalui fitur ini, Anda bisa memberikan perintah melalui suara, seperti mengambil foto, video, atau pun mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi dan voice recorder.

Bukan hanya itu, dengan hadirnya G-Sensor kamera ini tentu juga bisa dengan mudah mendeteksi ketika terjadi tabrakan, dan dapat merekam secara otomatis ketika ada insiden yang terjadi. Meski berada di tempat minim cahaya, kamera dashcam mobil terbaik yang bisa merekam FULL HD ini, tetap bisa merekam dengan jelas. Hal ini tentu karena ia telah dilengkapi juga dengan HIGH ISO Sensor.

Baca juga: Alat Ukur Otomotif Elektronik yang Sangat Penting untuk Mobil Kesayangan Anda

Cara Memasang Kamera Dashboard Mobil

Setelah mengetahui kamera dashboard mobil terbaik, sepertinya kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tips dalam pemasangannya. Dengan hal ini, maka fungsi kamera bisa bekerja dengan maksimal. Dengan memasang dengan benar, maka kabin mobil pun akan tetap rapi. Selain itu yang paling penting, tentu saja jangan sampai mengganggu pandangan mata pengemudi.

Kamera mobil memang bisa dipasang dimana saja, namun sebaiknya pasanglah di bagian depan, yaitu di bagian belakang kaca spion tengah mobil. Dengan posisi ini, maka semua objek disetiap bagian bisa tertangkap. Baik bagian tengah, kanan, dan juga kiri kendaraan.

Dalam hal peletakan kabel, Anda juga harus mengaturnya dengan baik, sehingga tidak sampai mengganggu pandangan ketika mengemudi. Dalam hal ini, disarankan Anda mengurutkan kabel tersebut, dan memasukannya melalui sela-sela dashboard.

Jika sudah, selanjutnya Anda tinggal menyambungkan kabel tersebut ke kabel kelitsrikan, ataupun dicolokan pada lubang lighter. Cara menyalakan dashcam juga sangat mudah, dengan hanya menyalakan kendaraan saja, maka kamera ini akan langsung menyala dan memulai merekam.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai berbagai hal tentang kamera dashboard mobil terbaik. Semoga bermanfaat, dan pastikan membelinya di tempat terpercaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *