Tips memilih kamera vlog terbaik

Tips Memilih Kamera Vlog yang Pas untuk Membuat Konten Makin Berkualitas

Diposting pada

Tips memilih kamera vlog yang berkualitas, cocok dan nyaman sangat penting diketahui oleh banyak orang. Membuat vlog atau video blog, saat ini memang sudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Profesi vlogger pun saat ini sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Sebenarnya dalam membuat vlog sendiri menggunakan kamera smartphone juga bisa, akan tetapi untuk menghasilkan video yang berkualitas tentunya dibutuhkan kamera yang akan membuat video jadi jernih dan tajam.

Saat ini kamera untuk vlog ini juga sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang pastinya bervariasi. Tergantung juga dari segi fitur, spesifikasi, kualitas dan juga harganya. Kamu bisa memilih kamera apapun yang kamu inginkan, tapi tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Menemukan kamera vlog yang cocok memang susah-susah gampang. Apalagi jika kamu adalah seorang pemula dalam dunia vlogging.

Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu lakukan supaya mendapat kamera vlog yang pas dan cocok. Oleh karena itulah, di bawah ini ada tips memilih kamera vlog yang pas dan sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak tipsnya di bawah ini!

Dari Segi Kualitas Video

Ketika memilih kamera vlog, ada baiknya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempertimbangkan kualitasnya. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kamera yang akan digunakan membuat vlog sendiri paling tidak harus full HD atau kalau bisa 4K dari segi kualitas perekamannya. Selain itu jangan lupa untuk membeli kamera dengan koneksi WiFi dan bluetooth agar video yang kamu buat bisa dibagikan dengan mudah.

Memilih Kamera dengan LCD Putar atau Lipat

Tips memilih kamera vlog berkualitas

Tips mrmilih kamera vlog berkualitas berikutnya bisa dilihat dari LCD yang dimiliki suatu kamera. Ketika memilih kamera yang digunakan untuk vlog, biasanya kamera dengan LCD putar atau yang bisa dilipat menjadi kelebihan tersendiri. Kamera vlog yang memiliki kelebihan bisa dilipat atau diputar akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam mengambil video dari sudut pandang manapun. Termasuk jika kamu ingin merekam diri sendiri. Kamu bisa mencari referensi kamera dengan LCD yang bisa dilipat atau diputar ini dari internet. Karena saat ini juga telah banyak kamera dengan spesifikasi semacam itu.

Memilih Kamera dengan Ukuran Lebih Kecil

Ketika membuat sebuah vlog, tentunya kamu akan berjalan ke manapun dan tidak terpaku di satu tempat saja. Maka dari itu, memilih kamera yang mempunyai ukuran kecil sangat penting untuk dipertimbangkan. Hal ini termasuk dalam kenyamanan. Jika kamu memilih kamera yang kecil dan juga ringan, maka akan mudah saja dibawa ke mana-mana.

Meski kamera vlog yang masuk kriteria ini cenderung ke kamera mirrorles, tapi kini beberapa kamera DSLR juga banyak yang berukuran compact. Bisa juga kamu memilih action cam yang dari segi ukuran sangatlah ringan dan juga kecil. Namun, tetap saja, belilah sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang kamu punya.

Baca Juga : Berbagai Pertimbangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Membeli Kamera Baru

Dari segi harga, kamera vlog saat ini juga bervariasi. Ada yang terjangkau, ada pula yang mahal sekali. Namun, tentunya harga tersebut menyesuaikan dengan kualitas yang dimiliki. Sebelum membeli kamera vlog, ada baiknya kamu menabung terlebih dahulu. Kemudian carilah kamera yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan ketika akan membuat video blog.

Pahami Berbagai Jenis Kamera

Memahami berbagai jenis kamera tidak kalah penting dalam tips memilih kamera vlog berkualitas. Dengan mengetahuinya dengan bai, maka kita bisa memilih jenis kamera terbaik yang sesuai, dan cocok dengan aktivitas kita dan lainnya. Adapun jenis kamera tersebut adalah DLSR, Mirorrles, Kamera Pocket, dan Action Cam. Agar lebih mengenal ke-empat kamera tersebut berikut penjelasannya.

  1. DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang sangat populer dan memiliki jumlah pengguna sangat banyak. Salah satu kelebihannya adalah dapat diganti lensanya dengan mudah menyesuaikan kebutuhan. Jenis kamera ini memang memiliki banyak kelebihan khususnya jika digunakan dalam bidang fotografi, tidak sedikit vlogger yang juga menggunakan kamera jenis ini. Ada juga beberapa yang tidak menggunakannya dengan alasan dimensinya yang lumayan ringkih, serta bobot yang cukup berat.
  2. Mirrorless, sama seperti DSLR kamera jenis ini juga lensanya dapat diganti sesuka hati menyesuaikan kebutuhan. Banyak para vlogger yang menggunakan kamera jenis ini, salah satu alasannya karena body yang dimiliki kamera ini relatif simpel dan kecil, dengan kualitas tetap mumpuni.
  3. Kamera Pocket merupakan jenis kamera seadanya, dan cocok digunakan bagi kamu yang tidak membutuhkan berbagai variasi tampilan. Asal pandai dalam memilihnya maka kamu tentu bisa mendapatkan kamera pockt yang bagus untuk aktifitas vlogging. Namun demikian, saat ini tidak sedikit smartphone yang telah dibekali dengan kamera yang kualitasnya tidak kalah dengan kamera pocket.
  4.  Action Cam merupakan sebuah kamera yang simpel berukuran kecil dan mungil, sehingga sangat cocok dibawa saat bepergian atau pun traveling. Selain sangat mudah untuk dibawa kemanapun. kamera ini juga dapat digunakan pada tempat-tempat ekstrim sehingga sangat cocok bagi para motovlogger. Bagi para vlogger traveling, Ation Cam juga suport wide view sehingga sangat menunjang aktivitas.

Baca Juga : 3 Jenis Kamera yang Sangat Ccok untuk Aktivitas Traveling

Banyak sekali anak muda yang sukses karena video blog yang mereka lakukan. Akan tetapi untuk kesuksesan tersebut memang harus ada hal-hal yang dikorbankan. Salah satunya adalah membeli kamera vlog yang berkualitas agar video yang kamu buat semakin bagus dan membuat orang-orang tertarik untuk melihat. Semoga artikel tips memilih kamera vlog berkualitas ini, semakin memudahkan kamu untuk membuat konten terbaik dengan manfaat terbaik pula untuk para penonton nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *