Masalah utama kerusakan printer

Masalah Utama Kerusakan Printer dan Cara Memperbaikinya

Diposting pada

Masalah utama kerusakan printer ada beberapa hal yang mungkin masih belum banyak orang awam mengetahuinya. Biasanya orang hanya akan membawa printer ke tempat servis dan menyerahkan sepenuhnya kepada teknisi saat terjadi masalah. Padahal bisa jadi kerusakan yang dialami printer bisa diatasi sendiri tanpa harus ke tukang servis yang tentunya akan membuang waktu dan membutuhkan biaya. Dengan begitu printer bisa segera digunakan kembali untuk bekerja.

Itulah mengapa sebenarnya sebagai pengguna sebaiknya memahami apa saja masalah utama kerusakan printer agar bisa segera ditangani setiap terjadi gangguan. Inilah beberapa masalah yang sering terjadi pada printer.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau mesin pencetak atau printer tersebut sudah menjadi kebutuhan utama terutama untuk kantor. Bisa dibilang tanpa adanya printer maka pekerjaan akan tersendat dan akibatnya bisa mengganggu kelancaran pekerjaan. Dengan kata lain jika printer mengalami masalah atau kerusakan secara otomatis pekerjaan kantor atau tugas lainnya tidak bisa diselesaikan tepat waktu.

4 Masalah Utama Kerusakan Printer yang Sering Terjadi

Masalah 1 : Tulisan Putus-putus

Anda pasti sudah sering mengalami masalah printer yang tulisannya putus-putus dan dibuat kesal karenanya. Biasanya jika tulisan yang keluar dari printer menjadi putus-putus penyebabnya adalah tinta yang habis tetapi ternyata tidak selamanya begitu. Jika Anda merasa belum lama mengisi tinta tetapi sudah terjadi masalah seperti ini bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh catridge.

Permukaan pada lubang catridge yang bermasalah bisa membuat tulisan jadi putus-putus.

Cara mengatasi hasil cetak tulisan printer putus-putus adalah sebagai berikut.

▪Ikuti langkah klik File à Print à Properties à Maintenance à Cleaning. Lakukan langkah ini hingga beberapa kali sampai tulisan yang keluar normal kembali.

▪ Kalau dengan cara pertama di atas masalah tulisan putus-putus belum bisa teratasi cobalah untuk melakukan pembersihan menyeluruh dengan klik pada tulisan Deep Cleaning. Langkah ini akan memompa tinta sehingga akan keluar ke permukaan catridge.

▪ Cara terakir jika kedua cara di atas belum berhasil adalah dengan mengambil catridge dari printer kemudian rendamlah bagian bawahnya dengan memakai air panas dalam beberapa menit. Setelah itu angkat dan keringkan lalu isi tinta kembali dan cobalah gunakan untuk mencetak.

Masalah 2 : Printer Tidak Mau Mencetak

Masalah utama kerusakan printer yang selanjutnya adalah tidak mau digunakan untuk mencetak. Jika ini terjadi saat sedang dikejardeadline tentunya akan membuat kita menjadi panik. Kalau masalah printer tidak mau mencetak ini terjadi segera lakukan pengecekan apakah kabel data pada printer sudah terhubung secara benar dengan port USB pada PC.

Jika sudah terpasang dengan baik tetap tidak mau dioperasikan Anda bisa cek kabel USB dengan cara menghubungkan dengan perangkat lainnya apakah bermasalah atau tidak. Kalau USB baik-baik saja sementara printer tetap macet segera cek ke pengaturannya dan ubahlah menjadi “Default Printer” lalu coba gunakan.

Masalah 3 : Tidak Ada Cetakan di Kertas

Bisa digunakan untuk mencetak tetapi tidak ada satupun huruf yang ada di permukaan kertas juga merupakan masalah utama kerusakan printer. Lalu apa yang harus dilakukan? Begini caranya.

Lepaskan catridge dari printer kemudian pisahkan head-nya.

▪ Tuangkan air panas ke dalam mangkok kemudian celupkan ujung head ke dalamnya dan goyangkan agar tinta bisa mencair.

Keringkan head lalu satukan lagi dengan catridge.

▪ Pasang lagi pada printer dan cobalah untuk mencetak.

Masalah 4 : Hasil Cetakan Tidak Lengkap

Berikutnya yang menjadi masalah utama kerusakan printer adalah hasil cetakan yang tidak sempurna alias tidak lengkap. Beberapa karakter hilang yang menyebabkan tulisan tidak terbaca dengan baik. Cara memperbaikinya sebagai berikut.

▪ Periksa sambungan printer dan PC serta kabel data yang digunakan.

▪ Coba ganti dengan kabel data yang lain atau periksa pada driver printer.

▪ Kalau masih tidak bisa lakukan re-instal atau update driver printer.

▪ Cek apakah dokumen yang dicetak rusak atau tidak.

▪ Cek apakah pengaturan pada aplikasi printer sudah benar atau belum.

▪ Cek apakah hardisk masih mencukupi kapasitasnya atau sudah penuh.

Itulah beberapa masalah utama kerusakan printer yang sering dialami dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *