Printer Epson Macet dan Tombol Kertas Nyala? Cek Solusinya

Diposting pada

Printer Epson macet dan tombol kertas sering menyala? Tidak perlu bingung karena Anda bisa menemukan solusinya di sini. Bicara tentang printer merk Epson, seperti yang diketahui Epson merupakan salah satu merk printer yang memiliki banyak kelebihan baik dari segi kualitas maupun kuantitas nya. Karena kualitasnya yang unggul tersebut, tidak heran jika harga yang ditawarkan cukup mahal.

Namun meski kualitasnya bagus, bukan berarti printer merk ini tidak mengalami masalah atau kerusakan. Karena yang namanya barang elektronik pasti pada masanya akan mengalami rusak ataupun error. Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh printer tidak hanya merk Epson tetapi juga merk lainnya yaitu macet dan tombol kertas yang sering menyala. Lalu bagaimana cara mengatasi printer Epson macet ini?

Cara Mengatasi Printer Epson yang Macet atau Error

Penyebab Lampu Tinta dan Kertas Menyala

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah lampu tinta dan kertas yang sering menyala, maka tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakan sebuah printer. Mengidentifikasi penyebab kerusakan pada printer memang perlu dilakukan agar tidak salah dalam proses perbaikannya.

Jika Anda menjumpai lampu tinta dan kertas sering menyala maka itu mengindikasikan bahwa tinta habis atau kosong. Hal ini juga bisa dikarenakan kertasnya mengalami papaer jump atau macet, salah satunya jika mencetak foto dengan ukuran kertas tebal.

Baca : Solusi Mudah Printer Epson Tidak Bisa Cetak Kertas Foto Tebal

Namun jika penyebabnya bukan karena kedua faktor tersebut maka bisa jadi kerusakan pada printer merk Epson yaitu diakibatkan karena hardware yang rusak atau bahkan bagian software-nya yang mengalami kerusakan.

Apabila printer Anda mengalami kerusakan pada bagian software dan hardware-nya maka perlu dilakukan pergantian komponen dan juga dilakukan reset ulang. Jika melihat dari indikasi printer Epson L360 yang lampu tinta dan kertasnya sering menyala biasanya terjadi kerusakan pada komponen software-nya. Sehingga perlu dilakukan reset dengan menggunakan software reseter.

Langkah Mengatasi Lampu Tinta dan Kertas yang Sering Menyala

Solusi printer Epson macet

Sebenarnya untuk mengatasi masalah lampu tinta dan kertas printer Epson yang sering menyala sangatlah mudah. Berikut ini ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyalakan printer terlebih dahulu dan pastikan bahwa driver printernya sudah terinstal dengan sempurna. Setelah itu Anda bisa menjalankan software reseternya.
  2. Selanjutnya pilih jenis printer yang akan direset dengan cara men-klik select pada bagian model name-nya. Untuk bagian port, Anda bisa mengisi dengan auto selection.
  3. Jika sudah maka tahapan selanjutnya adalah klik partikular adjustment pada menu yang tersedia lalu pilih waste inkpad counter.
  4. Setelah itu klik waste inkpad, lalu Anda bisa melakukan beberapa perintah berikut ini:
  5. Beri tanda centang pada Main pad counter dan juga platen pad counter.
  6. Klik tombol initialization dan tunggu sampai proses yang dijalankan selesai dengan sempurna.
  7. Terakhir, klik tombol Finish dan tunggu sampai proses reseter printer yang Anda lakukan selesai.
  8. Setelah proses reseter selesai, maka kemudian akan muncul sebuah notifikasi matikan printer. Selanjutnya Anda Hanya perlu mematikan printer tersebut dan kemudian menyalakannya kembali. Jika proses reseter berhasil biasanya printer akan berjalan normal seperti sebelumnya.

Tips Pemakaian Printer Epson L360 Agar Tetap Awet

Agar printer milik Anda di rumah tidak mudah rusak, maka ada beberapa cara pemakaian yang perlu diperhatikan. Dengan menerapkan pemakaian yang benar dan sesuai dengan prosedur, maka Anda sudah meminimalisir terjadinya kerusakan pada printer. Berikut ini tips pemakaian pada printer merk Epson, yaitu:

  1. Cek tinta pada bagian tangki, jika sudah mencapai batas pengisian atau simbol segitiga maka pastikan untuk segera melakukan pengisian.
  2. Perhatikan bagian kertas pada printer, harap mengatur posisi kertas sesuai dengan jenis kertas yang digunakan untuk mencetak. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari masalah paper jump pada printer.
  3. Jika printer mengalami masalah paper jump, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:
  4. Jika posisi kertas lebih banyak pada bagian atas maka Anda bisa menarik dari sebelah atas.
  5. Jika kertas sudah keluar ke bawah lebih banyak maka sebaiknya untuk menarik dibagian bawah.
  6. Pastikan untuk menarik kertas secara perlahan, karena jika terlalu dipaksakan akan membuat roller patah dan sensor kertas menjadi rusak.

Demikian sedikit informasi seputar cara mengatasi masalah printer Epson yang sering mengalami macet dan lampu kertas sering menyala. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *