Suka Gaming di HP? Perhatikan Dulu Cara Mengamankan HP Saat Gaming Ini

Diposting pada

Sekarang ini, semakin banyak sekali peminat dari game online. Jadi tidak heran, jika banyak kaum milenial yang memburu smartphone, yang bisa digunakan untuk gaming. Jaringan internet sendiri, juga semakin mendukung akan hal yang satu ini. Sebelum Anda memutuskan untuk bermain game online melalui smartphone, sebagai pengguna smartphone, Anda harus waspada dengan cara mengamankan hp saat gaming.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat Bermain Game

Tips Mengamankan HP Saat Gaming

Cara mengamankan smartphone saat bermain game online, sangat perlu diketahui. Hal ini tentu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa cara tersebut :

Amankan Data Pribadi

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan game online, adalah keamanan data yang Anda miliki, atau yang Anda simpan pada smartphone Anda. Ada satu cara yang bisa diupayakan, sehingga data yang dimiliki tidak sampai dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, saat Anda tengah bermain game online.

Lakukanlah enkripsi pada data-data yang ada pada smartphone kesayangan Anda, guna mengamankan hp Anda saat gaming. Terutama untuk menghindari data-data tersebut dicuri, saat Anda tengah bermain game online. Data pribadi yang merupakan hal yang sangat rawan, untuk disalahgunakan. Jadi lebih baik diantisipasi lebih awal, agar Anda tidak menjadi korban dari pencurian data, yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Buka Game dari Sumber Terpercaya

Banyak aplikasi game dan website penyedia game online, yang tidak aman bagi smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijak lagi dalam memilih game yang ingin Anda mainkan.

Coba pilihlah penyedia game online yang memiliki jaringan sangat luas.

Memilih game dengan jaringan luas, adalah satu upaya mengamankan hp saat gaming yang bisa Anda lakukan. Dengan luasnya jaringan layanan mereka, Anda bisa pastikan bahwa sekuritas untuk data Anda, akan selalu terjamin. Tidak hanya itu, game ini juga menggunakan fitur SSL yang telah terbukti sangat aman, dalam merahasiakan data Anda.

Ini terlihat dari penggunaan protokol https pada alamat website tersebut. Penyedia game online seperti ini, menandakan bahwa data Anda telah dienkripsi sebelum dikirimkan ke server tersebut.

Tidak hanya itu, data Anda juga tidak akan bisa dibaca oleh orang lain, bahkan jika saat itu Anda menggunakan koneksi internet yang tidak aman.

Telitilah Saat Memberikan Izin dan Akses

Ketika anda menginstall game online pada smartphone, Anda tentunya akan diminta untuk memberikan izin kepada aplikasi tersebut. Izin seperti ini, menungkinkan aplikasi untuk menggunakan koneksi internet dan mengakses data-data yang diperlukan.

Hanya saja, terkadang sistem ini digunakan oleh para penjahat digital, untuk mengakses data personal milik Anda. Ini karena bisa saja, Anda memberikan izin untuk aplikasi tersebut tanpa sadar. Oleh karena itu, membaca izin dan membatasi install kepada aplikasi yang tidak meyakinkan, menjadi pilihan Anda untuk menghindari pencurian terhadap data Anda.

Atur Kembali Sistem Keamanan

Tips mengamankan hp saat gaming selanjutnya, adalah memperhatikan verify app. Sistem keamanan dari Android versi lama, hingga versi baru pun sebenarnya masih rentan terhadap serangan malware ataupun virus.

Baca : 9 Fitur Sistem Operasi Android Pie yang Akan Membuatmu Terkagum-Kagum

Sangat dianjurkan, Anda sebaiknya mengatur sistem keamanan masing-masing, untuk mengantisipasi serangan virus yang tak diinginkan.

Pengaturan ini fungsinya salah untuk mengingatkan pengguna, ketika setiap kali ingin menginstal aplikasi apapun. Dengan adanya peringatan ini, maka pengguna akan lebih waspada lagi, ketika akan menginstal aplikasi apapun.

Gunakan Aplikasi Antivirus

Upaya untuk mengamankan hp saat gaming lainnya, yakni dengan menambah sistem pengamanan extra hp android Anda. Bisa dengan menginstal aplikasi antivirus, sebagai pengaman tambahan seperti Avast, McAfee serta beberapa antivirus terbaik, yang terkenal demi keamanan ekstra ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Aplikasi Anti Virus dengan Mudah

Jika sudah melakukan beberapa tips di atas, setidaknya Anda sudah berusaha untuk mengamankan hp saat melakukan game online, terutama dalam mengamankan data-data pribadi yang biasanya dicuri untuk disalahgunakan.

Sudah bukan hal baru lagi, jika sekarang ini semakin banyak orang yang data pribadinya dicuri, termasuk info bank sehingga marak terjadi penipuan, dan juga pencurian melalui m-banking. Oleh karenanya jika Anda memang sangat gemar bermain game online, cobalah untuk membuka game yang memang terpercaya agar data personal Anda tetap aman. Itulah sedikit tips mengamankan hp saat gaming, Semoga membantu!

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.