Tips Sederhana Menjaga Komponen Smartphone Agar Awet

  • Whatsapp
menjaga komponen smartphone

Menjaga komponen smartphone tentu semakin penting dewasa ini. Sebab pada perkembangannya, ponsel genggam yang dahulu hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi via suara ataupun pesan berbayar (SMS), sekarang sudah memiliki banyak fitur yang bahkan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Semakin canggih ponsel yang dimiliki, tentunya kita semakin mudah untuk berkomunikasi ataupun mengerjakan hal-hal lainnya lewat ponsel.

Karena demikian, maka ponsel saat ini menjadi hal yang sangat lekat dengan kita. Tetapi, tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan ponsel yang hampir setiap harinya selama 24jam bisa membuat kompenen yang ada dalam ponsel rentan mengalami kerusakan. Inilah beberapa tips sederhana untuk menjaga komponen smartphone senantiasa awet!

Memakai Pelindung Layar dan Casing

Hal sederhana yang satu ini tanpa kita sadari ternyata memiliki banyak kegunaan guna menjaga kompenen smartphone agar tahan lama. Melihat perkembangan ponsel yang berada di pasaran saat ini, ponsel sentuh atau touch screen adalah hal yang biasa, bahkan sudah menjadi keharusan untuk sebuah ponsel genggam. Hanya saja, terkadang kita terlalu malas dan ceroboh untuk memasang pelindung berupa anti gores pada layar. Sehingga layar mudah pecah ataupun tergores.

Baca Juga : Agar Tidak Salah Membeli, Berikut Macam-Macam Layar Smartphone yang Harus Kamu Tahu!

Sama halnya dengan layar, bagian body ponsel pun harus dijaga. Terlebih lagi bagi kamu yang selalu menggunakan ponsel, melindungi bagian body jelas sangat berguna untuk menjaga keawetannya dari bermacam goresan ataupun retakan yang mungkin saja terjadi saat kamu menggunakannya. Jelas mencegah tentunya lebih baik daripada harus beli baru, bukan?

Selalu Memperhatikan Daya Ponsel

Hal lainnya yang sering kita abaikan saat menggunakan ponsel ialah boros baterai. Ingatlah untuk selalu memperhatikan konsumsi pemaiakan bateraimu setiap harinya. Jangan biarkan ponsel mati total! Hal ini berguna untuk menjaga komponen smartphone yang sangat penting satu ini. Jika tidak ada baterai, tentu saja ponselmu tidak bisa digunakan. Selain memperhatikan pemakaian bateraimu, ingat selalu untuk tidak membiarkan ponsel dalam keadaan yang terlalu panas, karena hal ini juga mempengaruhi ketahanan pada baterai.

Keyboard dan Tombol

Dalam penggunaannya, tentu saja ponsel tak jauh dari keyboard dan juga tombol. Seringkali kita mengetik banyak hal saat mengirim pesan, atau menekan banyak tombol saat bermain game dan semacamnya. Tetapi penggunaan secara berlebih tentunya dapat membuat keyboard atau tombolmu lebih rentan rusak. Karena komponen pada smartphone yang satu ini jelas saja merupakan bagian penting lainnya, jadi ingat selalu untuk menekan keyboard dan tombol dengan lebih hati-hati atau jangan terlalu keras.

Port Charger

Komponen ini juga tidak kalah penting untuk menyokong pengguanaan ponselmu. Port charger ialah tempat untuk kita mengisi daya. Itu, lho lubang kecil untuk masuknya kabel USB. Walau bagian satu ini terdengar tidak cukup penting, tapi kita juga perlu menjaga komponen smartphone ini guna mengisi daya ataupun memindahkan data yang memerlukan kabel USB. Cara mudah untuk menjaga port charger ialah dengan selalu membersihkannya dan juga berhati-hati saat memasang atau melepas kabel USB. Jika komponen yang satu ini rusak, maka rasanya dunia ini seakan tamat.

Beberapa list komponen di atas hanyalah sebagian kecil dari penyokong berfungsinya sebuah ponsel. Memang terdengar mudah dan sepele, tetapi jika salah satu dari bagian ponselmu ada yang rusak atau bermasalah, maka hal tersebut bisa memengaruhi bagian lainnya juga. Sering tanpa kita sadari dengan baik, karena penggunaannya yang seperti keharusan tersebutlah maka kita menjadi ketergantungan pada ponsel.

Baca Juga : Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membuat Smartphone Baru Lebih Awet

Semua hal dapat dengan mudah dan dijangkau lewat smartphone, karena itu kita harus senantiasa merawat dan juga menjaga komponen smartphone. Selain agar tahan lama dan awet, kamu juga bisa belajar lebih menghargai dan bertanggung jawab pada barang milikmu. Jadi, gunakanlah ponsel sebagaimana mestinya, rawat serta jaga tidak hanya di luar tetapi juga di dalam. Software ponsel yang baik juga menyokong ponsel yang sehat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *