Cara menyembunyikan file dan folder komputer

Cara Menyembunyikan File dan Folder Komputer

Diposting pada

Cara menyembunyikan file dan folder komputer merupakan salah satu cara untuk mengamankan data penting, terutama dari ulah tangan-tangan jahil. File dan folder tersebut akan memiliki frivasi tinggi, sebab tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Kursor Hilang pada Windows 7, 8, dan 10

Dengan mengetahui cara menyembunyikan file dan folder komputer ini, anda akan senantiasa nyaman dalam menjalani hari, sekalipun laptop atau komputer yang anda gunakan sedang digunakan oleh orang lain.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara cepat untuk menyembunyikan file dan folder komputer tersebut. Selain prosesnya yang cepat, prakteknya pun sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Hidden File dan Folder

Hidden adalah salah satu kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya tersembunyi. Penulis sengaja menuliskan kata tersebut, karena terkadang informasi ini juga disebut dengan cara hidden.

Adapun langkah pertama untuk menyembunyikan file dan folder komputer, adalah memilih terlebih dahulu folder tersut. Setelah itu sobat tinggal klik kanan pada mouse.

Cara menyembunyikan file dan folder komputer

Pada pilihan yang muncul, silahkan sobat pilih properties seperti gambar di atas.

Setelah klik properties maka akan muncul sebuah tab baru. Pada pilihan action di tab baru tersebut, silahkan anda beri centang di kotak hidden seperti gambar berikut.

Cara menyembunyikan file dan folder komputer

Selanjutnya silahkan pilih Apply, sebagai tanda anda sudah siap untuk menyembunyikan file dan folder komputer tersebut, lalu klik OK.

Kemudian akan muncul sebuah halaman konfirmasi, dimana akan menampilkan beberapa pilihan yang menyertainya. Dalam pilihan tersebut, anda diminta menentukan untuk menyembunyikan folder yang dipilih saja, ataukah seluruh folder dan file yang menyertainya.

Cara menyembunyikan file dan folder komputer

Untuk menyembunyikan file dan folder komputer yanh kita pilih secara menyeluruh, silahkan sobat pilih option, atau pun pilhan yang kedua yaitu “Apply changes to this folder, subfolders and files”.

Terakhir silahkan klik OK maka folder dan file yang menyertainya, akan langsung tersembunyi. Dengan hal ini, maka anda tidak khawatir lagi, file tersebut diakses, dan digunakan untuk hal-hal yang tidak seharusnya.

Baca Juga : Cara Menampilkan Folder Tersembunyi di Komputer dengan Cepat

Demikian cara menyembunyikan file dan folder komputer, yang dapat kami jelaskan. Jangan lupa share jika bermanfaat.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.