Pengertian paket internet unlimited

Pengertian paket internet unlimited jika dilihat dari asal bahasanya adalah mengandung arti tidak terbatas. Dari asal kata bahasa Inggris inilah, maka banyak yang berpendapat bahwa paket unlimited itu tak mengenal batasan. Lantas apakah benar demikian adanya ?

Sesuai namanya, saat sobat memutuskan untuk membeli paket internet unlimited, maka meskipun kuota utama telah habis akan tetap bisa mengakses internet. Bedanya pada saat itu, kecepatan saat mengakses suatu layanan internet akan dikenakan batasan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android Secara Kontinu

Meski memang ada beberapa provaider yang juga memberikan kecepatan penuh, namun tetap saja akan dibatasi oleh FUP, dimana ketika batas internet yang sobat akses sudah melewati FUP, maka kecepatan aksesnya akan dikurangi kembali.

Pengertian Paket Unlimited

Pengertian paket internet unlimited

Agar lebih jelas lagi, sebenarnya kita dapat melihat pengertian paket internet unlimited yang memang terbagi dalam beberapa pengertian. Adapaun beberapa pengertian yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Unlimited Kuota

Pengertian paket internet unlimited kuota adalah paket kuota yang dapat diakumulasikan pada waktu selanjutnya. Contohnya bila sobat memiliki kuota 4 GB pada bulan Mei ini. Seandainya kuota tersebut habis dalam satu bulan, sobat tidak perlu khawatir. Sebab pada bulan Juni akan mendapatkan kembali kuota sebanyak 4 GB lagi.

Benar tidaknya pengertian paket internet unlimited ini, adalah bergantung pada bagaimana sudut pandang kita. Karena meman jika kita masih menggunakan kuota regular, tapi karena dapat diakumulasikan maka dapat dikatakan sebagai paket unlimited.

2. Unlimited dengan FUP

Paket internet unlimited jenis ini, merupakan paket yang mayoritas ditemukan saat ini. Pengertian FUP sendiri adalah kepanjangan dari fair usage policy, dimana jika diterjemahkan artinya yaitu penggunaan wajar.

Paket internet ini umumnya memakai kuota, jadi paket ini dapat dibilang tidak akan habis, tetapi akan ada batasan tertentu. Ketika batasan yang dimaksud sudah tercapai, maka akan berdampak pada kecepatan internet tersebut.

Misalnya sobat membeli paket unlimited dengan kecepatan tidak dibatasi, serta FUP 10 GB. Saat FUP tersebut masih ada, kecepatan yang dapat digunakan yaitu mencapai 20Mbps, namun setelah FUP tersebut habis, maka kecepatan maksimalnya hanya 512KBps saja.

Referensi Kami : 5 Aplikasi mempercepat Koneksi Internet dengan Stabil dan Konstan

3. Paket dengan Batasan Speed

Pengertian paket internet unlimited berbeda dengan paket jenis kuota. Sebab maksud speed di sini memang merupakan paket internet yang tanpa dibatasi jumlah kuota, hanya saja kecepatan speednya telah dibatasi contohnya hanya 3Mbps.

Paket internet unlimited ini biasanya akan tidak bisa digunakan ketika masa aktifnya telah berakhir. Contohnya saja jika kita membeli paket ini untuk masa satu bulan, maka setelah melewati waktu tersebut secara otomatis paket ini pun akan berakhir.

4. Paket dengan Masa Aktif Tertentu

Paket internet unlimited dengan masa aktif tertentu, umumnya tidak terikat dengan batasan kuota FUP maupun speed. Namun paket ini jarang sekali ada, jika ditemukan pun mayoritas dengan periode singkat.

Contohnya hanya 1 hari, 3 hari, dan lainnya, sehingga wajar jika kemudian harga jualnya pun relatif lebih murah.

5. Unlimited Hanya untuk Situs Tertentu

Paket internet unlimited untuk situs tertentu, adalah paket internet unlimited yang sering kita temukan. Paket ini biasanya khusus untuk beberapa situs tertentu, seperti Facebook, Instagram, YouTube dan lain sebagainya.

Jadi dengan demikian, sobat akan bisa membuka situs tertentu tersebut dengan bebas tanpa harus memikirkan batasan kuota maupun speed. Kebanyakan paket ini di-bundling sebagai paket sampingan dari paket kuota utama atau regular, atau juga sebagai bagian dari promo pembelian produk tertentu.

Setelah membahas pengertian paket internet unlimited tersebut, sobat mungkin ada yang penasaran akan apakah ada paket internet yang benar-benar unlmited ?

Pada dasarnya paket yang benar-benar unlimited itu ada, baik dalam bentuk FUB ratusan hingga ribuan GB atau bahkan paket yang sudah benar-benar tanpa batasan kuota maupun speed.

Contoh realnya dalam hal ini adalah ada di internet fiber. Umumnya paket yang tersedia dapat dikatakan memang benar-benar unlimited. Namun dikarenakan pada pembahasan kali ini kita hanya membahas internet seluler, maka untuk informasi lebih jelas terkait paket tersebut dapat sobat cari tahu di situs resmi provider yang digunakan.

Demikian pengertian paket internet unlimited, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Setelah membaca artikel ini, apakah semakin tertarik untuk membeli paket unlimited?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Cara membuat website self hosted tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi sobat yang ingin m…