Printer Canon MP287 Macet

Printer Canon MP287 Macet ? Kenali Kode Error Dan Cara Memperbaikinya

Diposting pada

Printer Canon MP287 macet atau sering error ? Tidak perlu khawatir ataupun bingung, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Seperti yang diketahui bahwa terdapat permasalahan yang umum terjadi pada printer jenis ini seperti munculnya error, printer out of paper hingga paper jammed. Agar tidak merusak printer pastikan untuk memperbaikinya dengan benar.

Baca Juga : Printer Canon Anda Mati Total ? Ini Solusinya

Sebenarnya setiap printer memiliki kode error yang mana masing-masing ada cara sendiri untuk memperbaikinya. Kode error yang muncul mengindikasikan bahwa permasalahan yang lebih serius dan juga kompleks memerlukan bantuan langsung dari pihak resmi dari merk printer tersebut.  Namun meski begitu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error pada printer, yaitu:

Ketahui Berbagai Printer Canon MP287 Beserta Cara  Mengatasinya

Cara Mengatasi Kode Error E02

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan kode error printer Canon yang satu ini. Kode E02 sendiri berarti bahwa printer mengalami Printer is Out of Paper atau keadaan dimana kertas tidak masuk secara sempurna. Biasanya penyebab printer ini mengalami error E02 yaitu karena mengalami kehabisan kertas. Selain itu juga disebabkan karena kertas tidak dapat masuk dengan benar.

Lalu bagaimana cara mengatasi kode error E02 tersebut? Tidak perlu khawatir karena untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, yakni Anda hanya perlu memasukkan kertas dengan benar. Perlu diketahui kode error E02 yang paling terjadi yaitu rusak dan matinya sensor kertas, yang letaknya berada di dekat rol atau penarik kertas. Jadi pastikan untuk berhati-hati saat mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Kode Error E03

Kode error selanjutnya yang juga sering terjadi pada printer Canon MP287 yaitu error E03 atau paper jammed (kertas macet). Bagaimana cara mengatasi jika printer mengalami masalah E03. Sangatlah mudah, meski begitu Anda perlu berhati-hati ketika mengatasi masalah ini karena dikhawatirkan jika terlalu dipaksa akan merusak beberapa komponen yang ada pada printer Canon tersebut.

Salah satu penyebab utama printer mengalami “Paper Jammed” karena output kertas yang tertutup, sehingga Anda perlu melakukan reload kertas secara baik dan benar. Selain melakukan reload, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya:

  1. Cek apakah ada sesuatu masalah yang menghalangi masuknya kertas.
  2. Cek bagian Roller kertas apakah masih berfungsi dengan baik
  3. Cek bagian pembaca sensor kertas yang mana letaknya berada di sebelah roller kertas. Apabila Anda menemukan kerusakan, maka pastikan untuk menggantinya.

Cara Mengatasi Kode Error E04/E05

Selanjutnya adalah error E04 atau E05 yang mengartikan bahwa ‘The FINE Cartridge cannot be recognized Cartridge Canon MP287 atau Cartridge printer tidak terpasang dengan baik dan sempurna. Perlu diketahui bahwa penyebab utama printer Canon MP287 mengalami masalah ini, selain karena pemasangan cartridge yang salah juga karena jenis cartridge yang digunakan tidak sesuai dengan merk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa mencoba melepas cartridge terlebih dahulu dan kemudian memasangnya kembali. Pastikan untuk terdengar bunyi klik saat melakukan pemasangan. Perlu diketahui dalam pemasangan cartridge pada printer perlu berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya.

Cara Mengatasi Kode Error E13

Selain masalah paper jammed dan juga cartridge ternyata printer Canon MP287ini juga sering mengalami masalah pada bagian tinta. Untuk kode E13 ini mengartikan bahwa printer mengalami Ink has run out yang mana penyebabnya adalah sisa tinta yang tidak dapat terdeteksi. Jika printer mengalami hal demikian, maka Anda perlu mengganti tinta cartridge aslinya.

Namun jika Anda ingin menggunakannya tanpa perlu mengganti cartridge bisa menekan tombol reset, dan tahan hingga beberapa detik saja. Jika beberapa cara tersebut sudah dilakukan namun printer masih tetap bermasalah, maka Anda perlu membawanya pada tukang service yang memahami terkait hal itu.

Cara Mengatasi Kode Error P10

Satu lagi masalah printer yang sering kali muncul yaitu error P10 yang ditandai dengan bling berwarna orange dan hijau secara bergantian. Penyebab utama error ini yaitu adanya kegagalan dalam mesin printer. Selain itu masalah P10 ini juga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik yang tidak sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu mengganti Ink Carried pada printer.

Nah demikian sedikit informasi tentang kode error yang seringkali dijumpai pada printer Canon MP287 beserta cara mengatasinya. Jadi setelah ini Anda tidak perlu lagi gugup ketika menjumpai beberapa kendala, terkait printer Canon MP287 macet, seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *