Sistem Audio dalam Speaker dan Jenis-Jenisnya yang Harus Kamu Tahu

  • Whatsapp
Sistem Audio dalam Speaker

Sistem Audio dalam Speaker memang sangat erat kaitannya, karena merupakan salah satu peralatan yang dihasilkannya. Peralatan audio yang ada sekarang ini dan banyak digunakan adalah speaker, baik speaker aktif maupun pasif. Audio merupakan salah satu yang paling menarik dipelajari dari dunia elektronika.

Elektronika merupakan salah satu ilmu yang berkaitan dengan alat listrik berarus lemah, dengan mengontrol partikel yang memiliki muatan listrik pada sebuah alat. Dan audio merupakan yang paling menarik karena Anda akan merasakan sebuah kepuasan saat dapat membuat sebuah sistem sendiri.

Sistem dari audio dapat mudah dikenali seperti amplifier, speaker, tone control dan masih banyak lagi. Yang paling menarik untuk dibahas adalah speaker, karena banyak digunakan tapi jarang yang mengenal jika terdapat dua jenis. Terdapat jenis speaker aktif dan pasif, yang sering membingungkan karena memiliki fungsi yang sama.

Apabila Anda berniat untuk membeli speaker dalam waktu dekat ini, sebaiknya mengetahui perbedaan yang ada diantara keduanya. Karena walaupun memiliki fungsi sama, akan tetapi terdapat perbedaan dasar diantara keduanya. Sebelum mengenal lebih jauh, Anda harus mengetahui diagram pada sebuah sistem audio dalam speaker.

Pada sebuah diagram audio sistem dengan satu kanal terdapat pre amp, tone control, power amplifier serta speaker. Bagian-bagian tersebut saling berhubungan satu sama lain, agar dapat bekerja dengan maksimal. Jika salah satunya tak ada, maka dapat Anda bayangkan akan terjadi sesuatu yang tak diharapkan, misalnya tak ada speaker maka tak akan ada suara yang keluar.

Jika kebanyakan orang hanya mengetahui satu jenis speaker saja yang dianggap sebagai salah satu peralatan dalam audio system. Maka kali ini Anda harus mengetahui perbedaan yang ada diantara dua jenis speaker. Dengan mengetahuinya, maka Anda dapat lebih memaksimalkan penggunaan dari salah satu atau kedua jenis speaker tersebut.

Baca Juga : Mengenal 10 Merk Audio Mobil Terbaik dengan Kualitas Super

Mengenal Lebih Dalam Sistem Audio dalam Speaker

Speaker merupakan sebuah alat yang merupakan bagian dari sebuah audio sistem dan  mengenalnya sejak lama. Namun, pada umumnya hanya mengetahui satu jenis speaker saja. Sesungguhnya terdapat dua jenis yang memiliki fungsi sama akan tetapi terdapat perbedaan yang mendasar.

1. Speaker Aktif

Adalah  perpaduan amplifier dengan speaker pada sebuah alat atau perangkat audio. Dapat dikatakan bahwa dalam sebuah speaker telah terdapat amplifiernya. Dengan membeli speaker aktif, Anda tak perlu lagi memiliki amplifier dan ini banyak ditemukan pada berbagai merk sekarang ini.

Bahkan kini banyak speaker aktif yang memiliki fitur lengkap seperti USB/MMC input, gadget input radio hingga karaoke.  Dengan memiliki speaker jenis ini, akan semakin dimudahkan juga lebih simple karena dapat langsung digunakan. Akan tetapi Anda tak dapat mengupgradenya karena merupakan produk pabrikan.

2. Speaker Pasif

Jenis lainnya dari speaker adalah pasif, dimana sebuah system yang didesain dalam sebuah kotak. Speaker jenis ini akan berfungsi jika Anda hubungkan dengan output amplifier juga bantuan kabel. Biasanya speaker jenis ini didesain khusus seperti bookself atau pun floor standing.

Untuk speaker yang memiliki kualitas baik, umumnya diberikan cross ovaik, umumnya diberikan cross over sebagai pemisah frekuensi. Dengan adanya pemisah frekuensi maka suara yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Pemilihan speaker pasif haruslah sesuai dengan daya output dari amplifier.

Harus sama dan tidak boleh lebih kecil agar speaker menghasilkan suara yang maksimal. Dengan speaker pasif, Anda dapat mengupgradenya, sehingga suara yang dihasilkan pun dapat sesuai dengan keinginan. Audio system model ini menjadi yang paling diminati oleh para siswa kejuruan karena dapat membantu lebih mengenal sistem audio.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *