5 Tips Membersihkan Perangkat Elektronik Secara Efektif Aman dan Mudah

  • Whatsapp
tips membersihkan perangkat elektronik

Anda sedang mencari artikel tentang cara membersihkan perangkat elektronik?. Tepat sekali. Artikel ini akan membahas tips membersihkan perangkat elektronik  secara efektif, aman, dan mudah.

Dengan memahami cara membersihkan dengan benar, perangkat elektronik akan senantiasa awet, tahan lama.

Membeli perangkat elektronik baru selalu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi saat mengeluarkannya dari kotak, menyatukannya (jika perlu), hingga menyalakannya untuk pertama kali.

Umumnya, sebagian besar dari kita akan merawat perangkat elektronik kita dengan baik. Misalnya seperti smartphone, tablet, Smart TV, dan lain sebagainya.  Selain karena harganya cukup mahal, juga agar tahan lama.

Tidak peduli seberapa baik Anda merawat perangkat elektronik yang Anda miliki. Cepat atau lambat Anda akan mulai melihat kotoran, bintik-bintik, sidik jari, debu, dan lainnya yang tidak dapat dihindari oleh perangkat mana pun.

Kebiasaan dari kita membersihkan perangkat elektronik di nanti nanti. Padahal pada akhirnya kita harus tetap melakukannya. Dan besar kemungkinannya kotoran lebih banyak dan bangel

5 Tips Membersihkan Perangkat Elektronik

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan elektronik. Selain aman ke-lima cara ini juga mudah dan efisien.

1. Hanya Gunakan Air di Layar

membersihkan perangkat elektronik

Semua produsen perangkat, melarang keras untuk membersihkan layar perangkat elektronik, dengan bahan kimia apa pun. Terutama pada ponsel cerdas dan tablet Anda.

Hal ini karena perangkat elektronik dengan layar sentuh, beroperasi dengan bahan kimia yang bekerja dengan minyak alami dari jari Anda.

Proses ini akan mulai berkurang seiring berjalannya waktu. Penggunaan bahan kimia abrasif yang ditemukan dalam pembersih kaca dan pembersih lainnya, mempercepat proses tersebut. Itulah mengapa Anda harus menghindarinya sama sekali.

Baca Juga : 9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Senantiasa Bekerja Optimal

Untuk membersihkan layar ponsel, tablet  bahkan TV, disarankan untuk menggunakan kain yang sedikit dibasahi.

Caranya lap layar perangkat elektronik dengan lembut dan perlahan tanpa ditekan. Denagn begitu Anda dapat menghilangkan noda dan debu dari layar perangkat elektronik.

Setelah menggunakan kain yang dibasahi, Anda bisa menggunakan kain kering untuk mengeringkan bekas ai,  atau debu yang masih tertinggal.

Ingat, Anda tidak boleh menggunakan alkohol untuk membersihkan layar perangkat. Alkohol tidak hanya berbahaya bagi perangkat, tetapi juga akan menimbulkan resiko kerusakan layar. Tips membersihkan perangkat elektronik yang pertama sangat efisien bukan?.

2. Cobalah Untuk Menghindari Krim Pembersih

Tips membersihkan perangkat elektronik, secara efektif aman dan mudah yang kedua adalah hindari menggunakan krim pembersih.

Bisakah Anda menggunakan krim pembersih ?. Jika bintik-bintik pada tampilan terlalu dalam, dan Anda tidak dapat menghilangkannya dengan air.

Anda dapat beralih ke pembersih krim yang khusus dibuat untuk layar perangkat elektronik. Tapi hati-hati karena tidak semuanya aman digunakan.

Anda harus memperhatikan label. Pastikan pembersih krim tersebut tidak mengandung elemen keras apa pun. Khususnya yang dapat merusak perangkat elektronik.

Jika Anda tidak yakin krim pembersih apa yang digunakan, yang terbaik adalah Anda terus mencoba menghilangkan bintik-bintik itu dengan air.

Lebih baik menghindari pembersih krim sama sekali, karena dapat menghilangkan kilau asli perangkat Anda yang dulu.

3. Gunakan Kain Microfiber dan Tusuk Gigi

Tips membersihkan perangkat elektronik secara efektif yang ketiga yaitu dengan menggunakan kain microfiber dan tusuk gigi.

Kain mikrofiber adalah bahan kain terbaik untuk membersihkan perangkat elektronik. . Tetapi Anda tidak boleh membeli sembarang kain. Tidak semua kain berkualitas baik (terutama merek generik).

Kain ini dapat menyebabkan goresan pada kaca. Hal ini karena dibuat dengan tujuan digunakan pada permukaan lain. Cari kain yang secara khusus dibuat untuk TV, ponsel cerdas, dan lain sebagainya.

Tusuk gigi juga merupakan barang yang sangat bermanfaat. Bukan hanya karena membantu Anda mendapatkan potongan ayam yang mengganggu dari sela-sela gigi Anda. Namun karena tusuk gigi juga dapat membantu Anda, membersihkan perangkat elektronik dengan efektif, mudah dan aman.

Berkat strukturnya yang tipis dan runcing, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan port micro-USB ponsel, dan menghilangkan semua serat dan kotoran.

Perlu diingat, bersihkan port dengan hati-hati. Anda tidak ingin merusak konektor apa pun bukan? Membersihkan perangkat elektronik dengan cara ini sangat efektif dan mudah. Apalagi barang yang digunakan sangat mudah didapatkan.

4. Bersihkan Keyboard dengan Udara Terkompresi

Tips membersihkan perangkat elektronik secara efektif mudah dan aman yang ke empat, menggunakan udara terkompresi.

Keyboard di komputer atau laptop Anda adalah tantangan nyata untuk dibersihkan, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Semua debu dan remahan kue yang menempel di papan ketik, perlu keluar sehingga Anda dapat menikmati papan ketik yang bersih dan layak.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan perangkat elektronik secara efektif, adalah membeli sekaleng udara terkompresi. Karena tekanan tinggi akan berfungsi sangat baik untuk mengeluarkan semua debu dan kotoran yang ada di keyboard.

Ingatlah untuk tidak pernah menyemprotkan bahan kimia apapun ke atas keyboard. Bahkan jika itu untuk membersihkan.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan sekaleng udara terkompresi, Anda dapat mengambil selotip, balikkan sehingga sisi lengket berada di luar dan geser di antara tombol. Saya yakin Anda akan melihat remah-remah kue yang belum pernah Anda lihat selama berbulan-bulan! Dijamin berhasil.

5. Apa yang Seharusnya Tidak Anda Lupakan

Tips membersihkan perangkat elektronik secara efektif efisien aman dan mudah, yang terakhir yaitu jangan melupakan hal-hal berikut ini :

  • Jangan pernah membersihkan layar perangkat elektronik apa pun dengan alkohol atau bahan kimia abrasif.
  • Jangan pernah membersihkan perangkat elektronik yang ada atau terhubung ke soket.
  • Jangan pernah menggunakan penyeka kapas untuk membersihkan port, konektor, atau sudut mana pun yang dapat tersangkut karena kapas dapat lepas dan tersangkut di perangkat Anda.
  • Jangan biarkan perangkat elektronikAnda terkena air, hanya saat Anda membersihkannya dengan kain yang dibasahi.
  • Jangan pernah mencoba membongkar perangkat elektronik untuk membersihkannya. Kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan.

Kesimpulan

Kita senang menggunakan perangkat elektronik, tetapi malas untuk membersihkannya.

Selalu gunakan bahan-bahan yang aman untuk perangkat, dan sesuai petunjuk yang dianjurkan produsen perangkat.

Usahakan membersihkan perangkat elektronik secara rutin, agar perangkat elektronik terhindar dari kuman dan bakteri, juga agar perangkat elektronik anda awet dan tahan lama.

Demikian beberapa tips membersihkan perangkat elektronik secara efektif mudan dan aman yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *