9 Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Senantiasa Bekerja Optimal

  • Whatsapp
Cara Merawat Kulkas Agar Awet

Cara merawat kulkas agar senantiasa awet dan bekerja optimal, harus benar-benar dipahami dengan baik. Hal ini sangat penting guna mencegah terjadinya penurunan kinerja, hingga kerusakan. Misalnya saja kulkas tidak dingin.

Seperti yang kita ketahui, kulkas atau lemari pendingin adalah salah satu produk elektronik, yang banyak digunakan di setiap rumah tangga.

Cara kerja kulkas yang menggunakan proses pendinginan, untuk menyimpan bahan makanan atau minuman agar tetap segar dan tahan lama. Keberadannya terbilang cukup penting.

Akan tetapi, dibalik banyaknya manfaat dari kulkas ini, tak luput dari kelemahannya, yaitu mudah rusak.

Apa yang terjadi jika kulkas anda mengalami kerusakan ? Apakah yang akan anda lakukan ? Membeli kulkas baru atau memperbaikinya ?

Hal ini tentu sangat merepotkan. Mengingat bahwa barang elektronik ini memiliki manfaat yang sangat penting. Sebaiknya penting juga untuk anda mengetahui cara mewarat kulkas supaya tidak cepat mengalami kerusakan.

Nah, supaya aktivitas penyimpanan bahan makanan dan minuman tidak terhambat. Sangat perlu dilakukan beberapa upaya untuk menjaga kondisi kulkas, agar selalu dapat digunakan. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan supaya kulkas yang kinerjanya 24 jam non-stop ini, tetap dapat berjalan secara optimal.

9 Cara Merawat Kulkas

Cara merawat kulkas sebenarnya sangat sederhana. Tentunya bisa dilakukan seorang diri dengan mudah. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini cara merawat kulkas agar selalu dalam kondisi yang optimal baik luar maupun dalam. Simak baik-baik ya!

1. Atur Jarak Kulkas dengan Dinding

Selain memilik merk kulkas terbaik, penempatan juga sangat mempengaruhi kualitas. Pastikan kulkas anda tidak terlalu menempel ke kulkas. Atur jaraknya minimal 15cm.

Dengan hal ini. Selain ada sirkulasi hawa panas kondensor juga dapat lebih leluasa keluar.

2. Isi Kulkas Secukupnya

Untuk merawat kulkas sangat sederhana, cukup dengan mnegisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman secukupnya.

Sebab, jika beban berlebihan, maka bisa membua wadah kulkas menjadi pecah dan bisa rusak. Jadi, hindari menyimpan bahan makanan yang berlebihan ya!

3. Kulkas Harus Selalu Tertutup Rapat

Kulkas sebaiknya harus selalu dalam kondisi tertutup rapat. Mengapa demikian ? Selain menghemat listrik, rupanya juga untuk menjaga bahan makananan atau minuman di kulkas menjadi lebih dingin, dan terjaga keawetannya.

Jika pintu kulkas tertutup rapat, secara otomatis kotoran yang tertiup angin, tidak akan masuk dan mencemari makanan yang ada di dalamnya. Setuju ya ?

4. Mengatur Suhu Kulkas

Cara merawat kulkas berikutnya dengan mengatur suhu. Pastikan mengatur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sangat membantu dalam merawat kulkas anda.

Pasalnya, jika anda anda menaruh ikan atau ayam dalam keadaan suhu kulkas rendah, maka dapat menyebabkan kulkas menjadi bau. Jadi, usahakan untuk selalu mengatur suhu kulkas anda dengan baik sesuai kebutuhan ya.

5. Hindari Menyimpan Air Minum yang Masih Panas

Tips ini sebenarnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menghindari, menyimpaan air minum yang masih panas ke dalam kulkas.

Hal ini karena jika air panas di simpan di dalam kulkas, maka otomatis akan membuat pertemuan suhu panas dan suhu dingin. Hal ini dapat menyebabkan kulkas mudah rusak.

6. Membersihkan Kulkas dengan Air

Cara Merawat Kulkas Agar Awet

Pastikan gunakan cara membersihkan kulkas dengan benar. Usahakan untuk mengunakan air yang dicampur dengan sabun anti septik.

Dengan hal ini maka dapat menghilangkan noda berkarat, dan bau tidak sedap pada kulkas.

7. Membersihkan Kondensor

Usahakan untuk selalu membersihkan kondensor secara teratur. Posisinya berada di belakang kulkas.

Hal ini suapaya debu dan kotoran tidak berkarang. Selain itu, proses pembuangan hawa panas menjadi tidak terhalangi oleh kotoran dan debu tersebut.

8. Membersihkan Bagian Freezer

Tips merawat kulkas selanjutnya adalah upayakan untuk selalu membersihkan bagian freezer,  yang sudah mengeras. Hal ini dilakukan agar suhu kulkas tetap terjaga.

Selain itu jangan pernah mencoba mengikis es di freezer menggunakan pisau. Hal ini nantinya akan merusak bagian pelapis, serta menyebabkan kulkas menjadi bocor dan cepat rusak.

9. Jangan Gunakan Kulkas Saat Terjadi Pemadaman

Saat ada pemadaman listrik, sebaiknya jangan menggunakan kulkas.

Ketika listrik kembali menyala, jangan langsung menghidupkan kulkas. Tunggu setidaknya selama 5 menit baru dinyalakan. Dengan hal ini maka kompresor bisa benar-benar direset pada posisi pertama, sehingga tidak menyebabkan kulkas mudah rusak.

Demikianlah beberapa tips cara merawat kulkas yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga artikel ini memberikan informasi yang cukup bermanfaat ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *