tips memilih kamera CCTV

5 Tips Memilih Kamera CCTV Berkualitas yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Diposting pada

Tips memilih kamera CCTV berkualitas nampaknya sudah dibutuhkan oleh banyak orang. Hal ini karena kamera pengawas atau lebih dikenal dengan CCTV saat ini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Mengingat tingkat kejahatan sudah semakin marak dan membuat banyak orang merasa cemas, pemasangan CCTV ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi hal tersebut. Saat ini di pasaran pun telah banyak beredar merk CCTV dari berbagai brand ternama dengan variasi harga yang bermacam-macam.

Menemukan kamera pengawas yang cocok untuk digunakan sangatlah sulit. Mengingat berbagai model dan juga fiturnya yang membuat Anda pasti merasa kebingungan. Namun, Anda tak perlu merasa risau akan hal ini. Karena sebelum membeli CCTV, Anda sebaiknya membaca beberapa tips di bawah ini agar didapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

1. Ketahui Tujuan Pembelian CCTV

tips memilih kamera CCTV

Tips memilih kamera pengawas yang pertama ini harus sangat Anda perhatikan. Seperti misalnya tujuan Anda ketika membeli CCTV adalah untuk ruangan indoor atau ruangan outdoor, bagaimanakah yang seharusnya Anda beli. Karena baik ruangan indoor ataupun outdoor keduanya memiliki perbedaan. Jika Anda ingin memilih CCTV untuk outdoor, maka Anda harus tahu apa saja fitur-fitur yang harus dimiliki oleh CCTV tipe tersebut.

Sama halnya jika Anda memilih membeli kamera pengawas untuk ruangan indoor, pilihannya justru akan jauh lebih banyak lagi. Sebab, sebenarnya kebanyakan kamera CCTV memang tujuannya adalah digunakan untuk berada di dalam ruangan. Sehingga mau tidak mau Anda harus benar-benar paham supaya tak salah dalam membeli.

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Agar semakin memudahkan Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan, pada artikel tips memilih kamera CCTV ini juga akan penulis bahas jenis-jenis kamera CCTV itu sendiri. Adapun jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut :

a. Kamera CCTV Indoor

Jenis-jenis kamera CCTV yang pertama kita bahas adalah CCTV Indoor, sesuai namanya CCTV jenis ini khusus digunakan untuk di bagian dalam ruangan. Sebagian besar kamera CCTV yang ada di pasaran merupakan kamera pengawas jenis ini, sehingga tak heran jika kemudian pilihannya pun begitu banyak. Dalam memilih kamera ini, Anda harus memilih bentuk produk yang sesuai dengan penempatannya, baik itu di tembok, platform, hingga agar bisa tersamar dengan produk lain.

Jika ruangan yang dipantau selalu terang tidak ada salahnya menggunakan kamera yang tidak memiliki infared. Namun jika ruangan kadang gelap, maka sebaiknya pilihlah kamera CCTV Indoor yang telah dilengkapi infared, dengan hal ini maka kamera akan tetap bisa memantau dengan baik sekali pun ruangan di sekitarnya dalam keadaan gelap. Dengan majunya zaman, selain dilengkapi infared mayoritas kamera jenis indoor juga telah dilengkapi teknologi IR CUT Filter (ICR), dengan hal ini dalam keadaan gelap gambar yang dihasilkan akan berubah otomatis menjadi hitam putih terang.

b. Kamera CCTV Outdoor

Jenis-jenis kamera CCTV berikutnya adalah kamera pengawas yang khusus digunakan untuk di luar ruangan. Perbedaan kamera CCTV indoor dan outdoor adalah kamera outdoor memiliki jumlah LED infared lebih banyak, selain itu kamera jenis ini juga lebih mampu dalam mereduksi cahaya matahari.

Semua kamera CCTV jenis ini sudah dilengkapi sertifikasi IP66/IPG7 sehingga tahan terhadap hujan dan air secara umum. Selain itu, juga telah dilengkapi dengan topi kamera dimana sangat berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung maupun air hujan.

c. Dome Camera

Done adalah jenis kamera CCTV yang khusus di pasanga pada langit-langit atau pun platfon. CCTV ini tidak dilengkapi dudukan rotator sehingga tidak dapat disatukan dengan rotator. Jika Anda ingin menggunakan jenis CCTV ini dalam pemasangannya pilihlah Pan Tilt Dome Camera CCTV sehingga juga dapat berputar.

d. BOX Camera

Jenis-jenis kamera CCTV yang terakhir adalah Box Camera yang memiliki kelebihan utama pada bagian lensanya. Selain lensanya dapat digonta-ganti sesuai kebutuhan, ada banyak juga pilihan opsi ukuran lensa yang dapat dibeli secara terpisah. Semakin besar size lensa maka view angel yang dihasilkan akan semakin sempit, sebaliknya semakin kecil size milimeternta maka view angel yang dihasilkannya akan semakin lebar.

Baca Juga : Rekomendasi Kamera CCTV Mobil Terbaik untuk Kendaraan Kesayangan Anda

2. Memilih Merk Terpercaya

merk cctv terbaik

Dalam memilih produk apapun merk adalah salah satu patokan dalam memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu. Setiap merk produk tentu memiliki standarnya masing-masing, sehingga sangat menentukan kualitas dan keawetannya. Tips memilih kamera CCTV yang  juga penting, tentu dengan memilih merk terpercaya dan bereputasi baik.

Selengkapnya: Rekomendasi Berbelanja, 10 Merk Kamera CCTV Berkualitas Terbaik dengan Harga Terjangkau!

3. Cek Top Ranking Produk

Meminimalisir kekecewaan setelah membeli, sebaiknya cek lah terlebih dahulu rangking produk yang akan dibeli. Caranya dengan masuk pada peringkat Security camera dunia, jumlah karyawan, manufaktur pabrik, dan juga sudah memiliki reputasi Internasional. Untuk dapat melihat peringat dari CCTV yang akan dibeli, Anda bisa menggunakan situs AsMag.com.

3. Menyesuaikan dengan Budget

Tips memilih kamera CCTV berikutnya adalah dari segi harganya. Terutama jika Anda akan membeli CCTV untuk rumah. Karena di pasaran harga CCTV bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jangan sampai ketika Anda memiliki keinginan membeli kamera pengawas tertentu, tapi ternyata budget yang dimiliki malah tidak mencukupi. Sebaiknya Anda mulai mencari referensi yang tepat untuk hal ini.

Untuk sebuah kamera pengawas yang memiliki kualitas amat bagus, maka akan sangat wajar jika harganya ternyata sangatlah mahal. Namun, Anda tak perlu mencari yang terlalu bagus, tapi cukuplah yang sesuai dengan budget yang Anda miliki asalkan memenuhi kebutuhan di tempat Anda. Dengan banyaknya pilihan CCTV, pastinya Anda akan sangat tergoda untuk membelinya, tapi tahanlah keinginan tersebut dan lebih baik kembali ke tujuan awal.

4. Mengetahui dengan Jelas Spesifikasi Kamera CCTV

Setelah memahami perihal tujuan, merk dan juga budget yang Anda miliki, maka tips memilih kamera CCTV selanjutnya adalah mengecek tentang spesifikasi kamera tersebut dengan sejelas mungkin. Pastinya pengecekan ini dilakukan agar menghindari resiko kekecewaan saat Anda sudah membelinya apabila ternyata kamera pengawas tersebut tak sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi yang dimaksud di sini adalah dari segi kualitas gambar, daya tahan kamera tersebut terutama jika ditempatkan di outdoor, kekuatan body kameranya dan berbagai fitur lain yang diberikan oleh kamera pengawas tersebut. Dengan mengetahui secara jelas perihal spesifikasi kamera pengawas, maka Anda tak akan merasa kecewa ketika CCTV sudah dibeli dan ternyata justru tak sesuai dengan keinginan.

5. Pastikan Produk yang Dimiliki Memiliki Garansi

garansi CCTV

Memastikan produk yang dibeli memiliki garansi, adalah salah satu tips memilih CCTV yang tidak boleh disepelekan. Mayoritas garansi yang diberikan vendor maupun distributor adalah 1 hingga 2 tahun, jika lebih dari itu sebaiknya tanyakanlah terlebih dahulu kualitas produk tersebut.

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, atas dasar itu jangan lupa untuk selalu membaca keterangannya terlebih dulu sebelum memutuskan membeli. Dengan hal ini maka Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Penutup

Itulah beberapa tips memilih kamera CCTV yang penting untuk Anda terapkan sebelum benar-benar membeli. Kamera pengawas ini penggunaannya untuk jangka panjang, sehingga Anda harus memilih yang benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan. Periksa juga tentang garansi yang diberikan oleh produsen agar ketika ada beberapa hal yang tidak sesuai dapat Anda ajukan komplain. Semoga tips di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *