Cara Merubah AC Bekas Menjadi Kipas Angin, Kipas Angin Model AC?

  • Whatsapp
cara merubah AC bekas menjadi kipas angin

Kamu yang ingin memiliki kipas angin model AC, tepat sekali berkunjung ke sini. Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara merubah AC bekas menjadi kipas angin. Sangat menarik sekali bukan?

Membuang AC bekas begitu saja sangatlah sayang. Apalagi jika penampilan fisiknya masih sangat OK. Sebenarnya, hal ini merupakan salah satu peluang usaha menjanjkan. Sebab AC bekas yang dirubah menjadi kipas angin, bisa juga dijual kembali sebagai kipas angin AC.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya merubah AC bekas menjadi kipas angin. AC yang kami maksud bukan AC mobil, atau pun AC outdoor. Namun yang dimaksud adalah AC indoor konvensional.

AC tife inverter tidak bisa kita gunakan. Hal ini karena sistem kelistrikan AC jenis ini, harus terhubung dengan unit outdoor.  Jadi agar AC inverter dapat beroprasi, terlebih dahulu harus terpasang unit outdoor dengan tife sama. Keduanya akan beroprasi secara bersamaan.

Lain halnya dengan AC konvesional. Pengguna dapat mengkanibalkan dengan AC konvensional manapun, selama memiliki ukuran yang sama. Jadi kamu bisa mengkanibalkan merk AC terbaik, dengan merk AC yang biasa saja.

Kembali pada pembahasan awal. Di sini kita bukan akan membahas cara mengkanibalkan AC. Namun memanfaatkan AC indoor bekas, menjadi kipas angin model AC.

Misalnya, AC yang kamu  miliki evepatornya bocor. Dari pada dibuang, lebih baik digunakan untuk membuat kipas angin model AC. Dengan catatan, kipas fan dan pcb modulnya masih berjalan normal.

Cara Merubah AC Bekas Menjadi Kipas Angin

Untuk merubah AC menjadi kipas angin, terlebih dahulu lepas AC tersebut dari dudukannya di dinding. Jika sudah, silahkan bisa mengikuti tahapan di bawah ini:

  1. Copot evaporator AC tersebut, kemudian cuci menggunakan deterjen. Hati-hati jangan sampai air mengenai PCB modul.
  2. Bersihkan bagian body dengan compont sehingga nampak baru kembali.
  3. Setelah dikeringkan, silahkan pasangkan kembali AC bekas tersebut menggunakan breaket pada dinding yang dituju.
  4. Koneksikan kabel powernya ke listrik, kemudian nyalakan menggunakan remote AC seperti biasa. Jika remote tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan cara manual.
  5. Sampai di sini, berarti kamu telah berhasil membuat kipas angin model AC. Selanjutnya bisa digunakan untuk pribadi, atau dijual.

Penting untuk diingat, AC indoor yang bisa dijadikan kipas angin adalah yang rusak bagian evaporatornya. Jika kerusakan terjadi pada motor fan maupun pcb modul, maka tidak bisa dirubah menjadi kipas angin model AC. Kecuali, kamu bersedia untuk memperbaikinya lebih dulu.

Apabila AC indoor masih dalam keadaan normal, tentu sangat sayang jika harus dirubah menjadi kipas angin. Tentu saja, selain dapat dikanibal dengan unit outdoor AC konvensional lainnya, AC tersebut juga masih bisa digunakan.

Tingkat Kenyamanan yang Diperoleh

cara merubah AC bekas menjadi kipas angin

Jika dibandingkan kipas angin biasa, kami berpendapat lebih nyaman menggunakan kipas angin model AC. Selain terhindar dari suara kipas angin berdengung, suaranya pun lebih lembut. Selain itu, udara yang dihasilkan juga terasa lebih sejuk, dan angin yang dihasilkan bisa lebih menyebar keseluruh ruangan.

Kerapihan pun lebih terjamin. Tamu yang datang juga akan mengira jika kita menggunakan AC bukan kipas, jadi bisa meningkatkan prestise :D.

Soal kerapian jangan di tanya lagi, tentunya pasti lebih rapi pakai Indoor AC bekas. Selain itu, jika ada tamu yang datang dan tidak tahu pasti akan mengira kalau rumah kita memakai AC. hehe

Demikian pembahasan mengenai cara merubah AC bekas menjadi kipas angin. Kamu yang ingin menggeluti bisnis kipas angin model AC, saya yakin tulisan ini bisa membantu. Semoga manfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *