Cara daftar google news

Cara daftar Google News merupakan informasi yang sangat menarik, sebab jika berhasil maka performa blog / website akan naik sangat drastis. Banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan setelahnya, mau tahuu apa saja ? mari kita simak ulasannya berikut ini.

Dilansir dari Wikipedia Google News adalah layanan kompilasi berita dari Google yang menampilkan berita, dan berbagai konten menarik lainnya yang bersumber dari berbagai media. Menariknya untuk menikmati layanan ini juga gratis, begitupun untuk mendaftarkan situs atau website.

Mengetahui cara daftar Google News ini sangat penting, sebab dengannya maka blog atu website yang sobat buat akan semakin mudah dikenal publik. Di dalam Google News terdapat layanan pencarian, jadi jika artikel yang sobat tulis memiliki kata kunci yang tepat, bukan hal yang mustahil jika kemudian akan muncul di urutan pertama.

Baca : Cara Optimasi Kata Kunci Berkualitas Agar Artikel Muncul di Halaman Pertama Google

Menariknya lagi, Google News juga menyediakan fitur News Archives Search yang berfungsi untuk mencari berita-berita lama. Jadi dengan demikian, setiap tulisan sobat akan senantiasa memiliki kesempatan untuk banyak dibaca pengunjung setiap harinya.

Hal inilah kenapa bisa terdaftar di Google News merupakan idaman para blogger, sebab dengannya trafik blog akan meningkat hingga berkali-kali lipat. Kerennya lagi, tanpa mengatur ostimasi seo dengan optimal sekali pun, maka artikel yang sobat tulis tidak akan mengalami kesulitan untuk muncul di halaman pertama Google.

Kelebihan Blog Terdaftar di Google News

Cara daftar google news

Sebelum membahas cara daftar Google News, ada baiknya kita ketahui dulu kelebihan blog yang bisa terdaftar di dalamnya. Seperti kita tahu, bahwa dalam kanal pencarian Google situs berita mendapat kanal khusus dalam berita, dimana situs tersebut sangat diprioritaskan pencariannya dari pada situs lainnya.

Cara kerja Google News tidaklah sama dengan UCweb, dimana ia memberikan link ke dalam asal log, tapi sedikit sekali kesempatannya untuk blog tersebut dikunjungi. Hal ini dikarenakan semua isi konten tersebut sudah tercopy, sehingga terpampang semua isinya di UCweb tersebut.

Sementara untuk Google News mengutamakan hasil pencarian dan hanya menampilkannya, sehingga semua traffk yang dihasilkannya akan selalu organik. Adapun beberapa kelebihan blog terdaftar di Google News, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sangat Cepat Terindeks Google

Dengan terdaftar di Google News, maka blog atau situs yang sobat miliki akan sangat cepat terindeks Google. Ini dilakukan oleh Google dikarenakan berita online memiliki sifat untuk memberikan informasi dengan sangat cepat dan up to date.

Google senantiasa mengutamakan dan memprioritaskan pencarian yang selalu relevan. Hal ini pulalah yang akhirnya membuat berbagai situs, terutama yang sudah populer bisa cepat muncul di halaman pertama pencarian, sekalipun baru saja memposting beberapa detik yang lalu.

Cara daftar Google News harus benar-benar diterapkan jika sobat ingin cepat sukses dalam dunia blogging. Meskipun kita bisa mempercepat pengindeksan artikel baru, dengan submit manual ke Google webmaster, tetap saja jika belum terdaftar di Google News blog kita belum menjadi prioritas utama bagi Google.

2. Dapat Meningkatkan Trafik Organik Hingga Berkali-Kali Lipat

Dengan terdaftar di Google News maka pengunjung yang sobat dapatkan akan selalu organik. Sebab mesin pencari ini memang hanya memprioritaskan hasil pencarian yang pengunjungnya masuk akal dan 100% organik pada serp’nya.

Menariknya lagi, pembaca Google News dikabarkan lebih dari 30 juta setiap harinya, dengan hal ini tentu kesempatan menaikan trafik hingga berkali-kali lipat menjadi semakin terbuka lebar. Beberapa blogger mengungkapkan jika trafik mereka meninggkat hingga 4 kali lipat setelah berhasil masuk dalam daftar Google News.

3. Mudah Masuk ke Halaman Pertama Google

Untuk bisa masuk ke halaman pertama Google, mayoritas para blogger harus bisa melakukan tenik SEO yang tepat. Namun jika sudah terdaftar dalam Google News, tanpa melakukan optimasi SEO sekalipun artikel dalam blog sobat akan senantiasa mudah untuk tampil di halaman pertama Google.

Sobat bisa lihat situs-situs berita yang muncul di sana, mayoritas hanya memiliki tulisan berisi 150 hingga 250 saja, yang seharusnya tidak berpengaruh baik pada SEO. Namun siapa sangka, jika situs-situs berita yang isinya hanya memuat konten-konten pendek, akhirnya bisa selalu muncul di halaman pertama.

4. Dapat Meningkatkan Penghasilan Adsense dengan Drastis

Banyaknya pengunjung organik tentu akan semakin membuat penghasilan Adsense sobat pun semakin naik drastis. Sebab pengunjung organik memiliki nilai klik tertinggi pada perhitungan Adsense.

Referensi Kami : Inspiratif, 4 Orang Ini Tinggalkan Pekerjaan Bergaji Hingga Puluhan Juta Demi Menjadi Full Time Blogger

Setelah mengetahui kelebihannya, sobat semakin penasaran tentang cara daftar Google News ini bukan ? Meskipun dari namanya terlihat hanya menampilkan konten berita, namun Google News juga menerima pendaftaran blog dengan konten Tutorial, Blog, Berita, Tips dan Trik.

Syarat Mudah Diterima Google News

Meskipun semua blog yang sudah diverifikasi melalui webmaster sudah bisa didaftarakan, namun dalam penerimaannya Google News memberlakukan seleksi yang sangat ketat. Hal ini bertujuan agar kanal news Google senantiasa dapat menghadirkan update berita yang berkualitas.

Sama seperti Google Adsense, semua blogger bisa dengan mudah mendaftar, namun untuk dapat diterima terbilang susah, khususnya bagi yang tidak tahu triknya. Oleh karena itu, dalam tulisan cara daftar Google News ini, kita akan membahas hal yang harus sobat lakukan agar mudah diterima Google News.

1.Gunakan Top Level Domain (TLD)

Untuk meningkatkan nilai kepercayaan yang lebih tinggi, sebaiknya sobat sudah menggunakan domin TLD. Sebab situs yang menggunakan domain ini, juga dianggap memiliki tingkat keseriusan yang tinggi dalam proses pengerjaannya.

2. Disarankan Memakai WordPress Self Hosting

Saat hendak mendaftar sangat diutamakan sobat menggunakan CMS Wordpess Self Hosting. Self hosting ini memiliki banyak fitur plugin, dengannya sobat akan semakin mudah untuk membuat situs aktraktif.

Selain itu, google news merekomendasikan untuk menggunakan permalink 3 digit di belakang domain sebelum link judul, contoh : duniaelektronik.net/123/cara-supaya-blog-diterima-adsense atau
duniaelektronik.net/blog/123/cara-supaya-blog-diterima-adsense

Google News merekomendasikan menggunakan permalink seperti itu, dan mendaftarkan blognya kerika sudah memiliki 3 digit dalam permalinknya tersebut, atau bisa ditarik kesimpulan juga mensyaratkan artikel blog yang sobat daftarkan sudah lebih dari seratus.

3. Memiliki Tampilan yang Baik

Tampilan yang menarik akan membuat blog yang sobat miliki semakin terliha profesional. Oleh karenya dalam cara daftar Google News ini, sangat disarankan sobat gunakan theme magazine yang tertata rapi serta nyaman dipandang mata. Selain itu, tampilan yang baik juga menunjukan jika blog sobat serius kredibiltasnya serta dapat dipercaya. Sebaiknya gunakan theme premium, sebab sudah dilengkapi dengan fitur yang mumpuni.

Saat membelinya, sebaiknya sobat pilih theme dengan model magazine. Sebab akan lebih mudah dalam navigasi serta berandanya mampu menampilkan jumlah postingan lebih banyak.

4. Memiliki Kelengkapan Navigasi

Dalam hal menunjang kepercayaan pada blog yang sobat miliki, gunakanlah selalu kelengkapan blog. Jangan lupa buat laman about, contact us, Tos, disclaimer dan lain sebagainya, yang semakin menunjang pertanggung jawaban terhadap blog.

Dalam hal ini, pihak Google News juga merekomendasikan agar blog yang sobat daftarkan, memiliki peta khusus dalam indeks.

5. Memiliki Banyak Penulis

Memiliki banyak penulis adalah salah satu cara daftar Google News agar diterima yang paling akurat. Sebab hal ini merupakan sebuah indikator, yang menunjukan bahwa semakin memiliki banyak penulis semakin banyak pula jumlah update artikel setiap harinya. Tak ayal jika memiliki banyak penulis adalah salah satu hal yang direkomendasikan oleh pihak Google News.

Lebih dari itu, beberapa master blog juga merekomendasikan agar update artikel 3 kali lebih banyak dari jumlah penulis. Jadi jika sobat memiliki 10 orang penulis, maka setiap harinya blog sobat harus bisa update sebanyak 30 artikel. Tentu dengan memiliki 10 team penulis, hal ini akan terasa lebih ringan dibanding harus digarap sendirian.

Dalam masa review saat pengajuan, sobat harus lebih meningkatkan keaktifannya dalam mengupdate artikel. Masa review dari pengajuan Google News adalah 30 hari, jadi lakukanlah yang terbaik di masa ini. Teruslah untuk mengupdate artikel berkualitas yang original minimal 300 kata, diutamakan lebih dari itu.

Setelah sudah diterima, baru sobat bisa sedikit lebih santai dan dapat menurunkan intensitas updatenya. Namun jika tetap dan malah makin rajin update tentu itu lebih baik, karena itu berarti penghasilan sobat akan senantiasa meningkat tajam.

6. Usia Blog Sudah Mencapai 6 Bulan atau Lebih

Usia blog adalah tips cara daftar Google News berikutnya yang harus sobat perhatikan. Sebelum mendaftar, pastikan terlebih dahulu bahwa usia blog sobat sudah berusia 6 bulan, atau lebih dari itu.

Dalam pemilihannya pihak Google News sangat selektif, jadi pastikan umur blog sobat sudah cukup, sehingga peluang untuk ditolak saat mendaftar semakin kecil.

7. Tambahakan Kelengkapan Lain

Agar blog semakin dipercaya dan memiliki performa yang semakin baik, sebaiknya sobat juga harus menambahkannya dengan berbagai perlengkapan lain. Namun demikian, bagi pengguna wordpress self hosting, disarankan tidak menggunakan terlalu banyak plugin, yang akhirnya justru membuat blog lama merespon saat ada yang mengakses. Jangan lupa untuk submit ke webmaster, serta berbagai kelengkapan lainnya sehingga blog semakin berkualitas.

Proses Pendaftaran Google News

Setelah semua tahapan di atas sudah blog sobat miliki, maka tibalah saatnya untuk kita membahas cara daftar Google News tersebut. Adapun langkah-langkah yang harus sobat tempuh adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Agar Blog Banyak Pengunjung, Ini Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

  1. Untuk masuk ke menu pendaftaran, silahkan sobat masuk ke Halaman pendaftaran Google News dengan cara klik di sini.
Cara daftar google news

Seperti tampilan gambar di atas, ketika halaman tersebut sudah terbuka maka sobat akan menemukan berbagai daftar situs yang sobat miliki, tang telah diverifikasi pada webmaster tool. Situs-situs tersebutlah yang dapat sobat daftarkan, dimana situs yang sudah diverifikasi di sampingnya akan ada notifikasi klik Request Inclusion in Google News.

Cara daftar google news

Jika sobat sudah menentukan blog mana yang akan di daftarkan, kemudian klik Request Inclusion in Google News. Selanjutnya akan muncul tab baru yang mewajibkan sobat mengisi form pendaftaran tentang informasi umun blog sobat.

Di dalam form yang muncul, sobat kemudian harus mengisi berbagai hal yaitu :

a. General information adalah penjelasan terkait informasi tentang blog sobat secara umum.

b. Site information : yaitu informasi yang memuat tentang blog atau website sobat, yang meliputi :

  • Source URL
  • Source Name
  • Site Language
  • City
  • State/Province Region

c. Categories : Pada menu ini, sobat diharuskan mencentang kategori yang ada dalam blog sobat, ada pun pilihan beberapa kategori yang ada di Google News yaitu :

  • Opinion content
  • Press Release
  • Free registration
  • User Generated
  • ContentSatire
  • Paid subscription
  • Blog


d. News sections information : Jika setiap kategori dibuat sub domain dalam situsnya, maka dalam form ini sobat bisa memasukan subdomain tersebut. Jika semua informasi tersebut sudah terisi dengan benar, maka selanjutnya sobat tinggal klik submit, pada tombol kotak yang berwarna biru seperti pada gambar di bawah.

Cara daftar google news


Selanjutnya sobat tinggal klik close.

cara daftar google news

Apabila sobat sudah melakukannya dengan benar, maka tampilan dasboard laman pendaftaran Google News akan menjadi seperti gambar berikut ini.

Itulah cara daftar Google News yang menjadi idaman semua blogger. Setelah melakukan proses tersebut, silahkan sobat lakukan update artikel serajin mungkin. Sehingga ketika masa review akan memperoleh predikat yang baik, dan akhirnya diterima. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Cara membuat website self hosted tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi sobat yang ingin m…