Cara memperbaiki televisi yang tidak menyala

Cara memperbaiki televisi yang tidak menyala

Diposting pada

CCara memperbaiki televisi yang tidak menyala, merupakan keputusan penting karena masih banyak orang yang menjadikan televisi, sebagai media hiburan di rumah. Televisi yang tidak mau menyala dan tidak memunculkan suara, tentu amat mengganggu keseharian anda.

Pasalnya dari televisi, anda bisa mendapatkan banyak informasi, seperti berita nasional dan juga berita artis. Untuk itu, kali ini kita bahas cara memperbaiki televisi tersebut.

Baca Juga : Jangan Asal, Ini 9 Cara Membersihkan Layar TV LED yang Benar

Kondisi kerusakan televisi yang mati dan hilang suara, adalah dua hal berbeda yang akan kita pisahkan penanganannya. Televisi yang sama sekali tidak menyala, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti rusaknya komponen vital, tidak adanya arus tegangan, dan terjadinya kerusakan karena protek. Sementara cara memperbaiki televisi jika tidak memunculkan suara, periksa dulu apakah volume pada remot sudah diatur.

Refensi Kami : 13 Aplikasi Remote TV Terbaik yang Ampuh untuk Smartphone Android

Atau jika tidak, penyebab redamnya suara juga bisa dari hal-hal lain yang jauh lebih kompleks. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas satu per satu cara penanganannya. Kita mulai dari bagaimana cara memperbaiki televisi yang tidak menyala, yaitu apabila kondisi televisi sama sekali tidak mau menyala. Untuk langkah-langkahnya, terdapat dalam penjelasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak Mau Menyala

Tercatat ada 3 langkah, yang bisa anda lakukan ketika televisi tidak mau menyala, yakni:

 •    Periksa kondisi komponen, apakah ada yang berubah atau tidak. Sebab perubahan itu yang menjadi sebab enggan menyalanya televisi Anda. Contoh, elco yang kering atau menggembung bisa terjadi, karena benda terlalu berada dekat dengan suhu panas. Arus balik menyebabkan resistor terbakar. Jika letaknya dekat regulator, maka regulator dipastikan tidak berfungsi.

 •    Cara memperbaiki televisi tidak menyala berikutnya, adalah dengan memeriksa tekanan output regulator. Ada beberapa informasi tegangan yang harus anda tahu, di antaranya blok IC dan IC micro control membutuhkan 5-12 volt. Blok IC vertical, turner, power radio membutuhkan 24-30 volt. Terakhir blok horizontal, flyback, dan CRT membutuhkan daya tegangan sebesar 90-185 volt.

 •    Terakhir, cara memperbaiki televisi tidak mau menyala, bisa dengan pemeriksaan terhadap area atau blok tv. Area tersebut di antaranya adalah regulator, flyback, horizontal, vertical, control/program/chroma, audio power, dan turner. Langkah ini merupakan alternatif final, di mana jika masih tidak bekerja, maka anda harus segera membawanya ke tempat servis.

Baca Juga : 10 Merk Smart Tv Terbaik dan Berkualitas, Yakin Gak Mau Beli ?

Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak  Bersuara

Itu tiga cara memperbaiki televisi tidakmenyala. Sekarang jika permasalahan pada televisi anda adalah mau menyala, tapi tidak mengeluarkan suara. Maka langkah yang mesti ditempuh, atau cara memperbaiki televisi yang tidak bersuara tersebut, adalah sebagai berikut:

 •    Pastikan input pada televisi sudah bekerja dengan baik dan benar. Takutnya pengaturan suara ada di mode mute.

 •    Periksa tegangan pada jalur audio dengan cara membuka casing tv dalam kondisi mati, sentuh IC power amplifier. Jika tegangan kurang dari yang dibutuhkan, maka bisa jadi elco power regulator televisi anda sedang mengering.

•    Amati keadaan solderan dengan saksama, dengan cara menyentuh bagian IC control, ada atau tidak ada tegangan. Untuk pengguna antena parabola, lakukan jumper melalui soket input audio ke IC power amplifier.

 •    Periksa speaker televisi anda, dengan menggunakan ohm meter. Sebagai informasi, biasanya permasalahan pada speaker kerap terjadi pada satu loadspeaker, jarang pada dua loudspeaker.

Demikian cara memperbaiki televisi tidak menyala, atau tidak bersuara. Memperbaiki TV yang terbilang sederhana seperti di atas, bisa Anda lakukan di rumah sendiri saja. Kecuali memang televisi membutuhkan perbaikan lebih, maka langsung saja bawa ke tempat servis untuk memperbaiki televisi.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.