Cara Mencegah AC Bocor Air Paling Tepat dan Mudah!

  • Whatsapp
cara mencegah ac bocor air

Cara mencegah AC bocor air tentunya sangat penting. Sebab setiap pengguna AC bisa kapan saja mengalami, hal yang cukup mengganggu kenyamanan ini.

Bahkan mungkin, kamu sudah pernah mengalami penyejuk udara ini mengalami bocor air. Tanpa mengetahui cara mencegah AC bocor air, maka hal tersebut bisa sering berulang terjadi.

Meskipun unit indoor Ac kamu bisa berair, sebenarnya unit tersebut didesain sebagus mungkin, oleh setiap produsennya. Diantaranya dengan memberikan instalasi pembuangan air (talang pembuangan) berkualitas.

Talang inilah yang berfungsi untuk menampung tetesan air, yang keluar dari evaporator. Yang selanjutnya dialirkan melalui instalasi pembuangan air.

Fakta ini, mungkin memunculkan pertanyaan. Jika memang AC telah dilengkapi talang penampung air, lengkap dengan instalasi pembuangannya. Lantas kenapa AC tetap mengalami kebocoran?

Penyebab AC Bocor Air

AC indoor yang mengalami bocor air, mayoritas disebabkan talang penampungan air, serta selang instalasinya tersumbat. Baik oleh kotoran maupun lumut (lendir), dikarenakan AC sering digunakan.

AC yang selalu dalam keadaan dingin, lambat laun akan menyebabkan adanya lumut (lendir). Sehingga bisa menyumbat, kelancaran instalasi selang pembuangan.

Setelah mengetahui penyebab AC bocor air, lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut. Ada beberapa tips yanh bisa dilakukan, diantaranya dijelaskan di bawah ini.

Jika sudah tahu penyebabnya, lalu langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghindari agar AC kita tidak mengalami masalah bocor air ? Tentu saja ada beberapa tips untuk mencegahnya agar hal ini terjadi, diantaranya silakan simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mencegah AC bocor Air

Guna mencegah hal-hal terjadi tidak diinginkan, sangat disarankan untuk menggunakan merk AC terbaik. Selain itu, pastikan juga membelinya di toko AC terpercaya.

AC bocor air, atau masalah lainnya, yang terbaik adalah melakukan servis rutin, setidaknya setiap dua bulan sskali.

Jangan lupa rutin mebersihkan filter udara unit indoor AC secara rutin, minimal seminggu sekali.

Saat menyuruh teknisi melakukan perawatan terhadap Ac kamu. Sebailknya ingatkan agar setiap melakukan servis, selalu menyemprot selang pembuangan, serta membersihkan talang penamping air unit indoor AC.

Demikianlah pemahasan mengenai cara mencegah AC bocor air. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa share!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *