2 Cara Menggunakan NetCut di PC dan Android dengan Mudah dan Berhasil!

  • Whatsapp
cara menggunakan netcut

Pada postingan kali ini kita akan membahas cara menggunakan NetCut di PC maupun Android. Kedua cara tersebut tentu dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan internet terutama bagi yang menggunakan WiFi.

Cara menggunakan NetCut tanpa root, merupakan salah satu informasi yang banyak dicari oleh warganet. Nah pada cara menggunakan NetCut Android dan juga PC ini berlaku juga untuk hal itu. Dengan hal ini maka Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap

Baca Juga : Cara Menggunakan KMSpico untuk Aktvasi Windows 10 dan Lainnya

Pengertian NetCut

Sebelum membahas cara menggunakan NetCut di PC maupun Android, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian Netcut itu sendiri. Pada dasarnya NetCut adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mematikan jaringan komputer lain ketika berada pada sebuah Hotspot area. Para pengguna biasanya menggunakan aplikasi ini di kawasan wireless  public, dengan tujuan untuk memperoleh bandwidth jaringan lebih baik.

Manfaat NetCut

NetCut meruapakan sebuah software gratis dari vendor arcai.com. Software ini bekerja pada sistem Windows dengan fungsi untuk memutus, menghidupkan maupun menghidupkan koneksi user pada sebuah area Hotspot maupun LAN.

Software ini bekerja melalui teknik penyadapan (spoofing). Dengan hal tersebut, memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses yang tidak sah dan dapat berperan sebagai host pada suatu komputernya. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengalihkan jaringan pada gateway kapanpun yang ia inginkan.

Cara Kerja NetCut

Lantas bagaimana cara kerja NetCut tersebut ? Secara umum cara kerja NetCut adalah dengan melakukan penyadapan pada bagian ARP. Bila proses penyedapannya telah berhasil, pengguna NetCut dapat melakukan hal apa pun terhadap jaringan yang telah disadapnya tersebut. Termasuk dalam hal memutuskan atau tetap memberi izin terhadap user lain dalam mengakses jaringan yang dikuasainya.

Awalnya aplikasi ini bertujuan untuk keperluan administator dala mengatasi troubelshooting. Namun akhirnya tidak sedikit oknum pengguna NetCut yang tidak bertanggung jawab, yang menggunakan aplikasi ini untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab, seta masuk dalam kategori cybercrime. Untuk meminimalisir hal tersebut, vendor yang telah merilisnya kemudian juga merilis NetCut Defender yang dapat digunakan untuk menangkal NetCut.\

Kelebihan  dan Kekurangan NetCut

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan NetCut.

Kelebihan

  • Bisa menguasai jaringan Hotspot atau LAN, sehingga bandwith berpusat pada komputer pengguna dan sangat berdampak untuk meningkatkan kecepatan akses internet.
  • Mudah diperoleh dan saat dioprasikan.
  • Tidak dapat diketahui pelakunya, kecuali jika ada yang menggunakan aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengeceknya.

Kekurangan

  • Memori yang dibutuhkan cukup berat sebab harus memindai banyak IP users,
  • Peroses pemindaiannnya sangat memakan waktu.
  • Dapat terjadi eror, terutama jika target tiba-tiba offline maupun jika komputer tidak kuat saat memindai.

Pentingkah Aplikasi NetCut?

Sebenarnya aplikasi NetCut bukan lagi hal baru untuk saat ini. sebenarnya NetCut sudah dipergunakan sejak lama bahkan cukup terkenal dikalangan pengguna internet. Aplikasi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang cukup signifikan.Terlebih bisa membuat jaringan internet semakin maksimal.

Bila anda sering menggunakan jaringan Wi-Fi pasti pernah mengalami gangguan jaringan secara tiba-tiba. Baik itu kecepatan internet menjadi berkurang sampai dengan jaringan langsung hilang.

Gangguan Sinyal Pada Wi-Fi Bisa Disebabkan Banyak Hal. Diantaranya Sebagai Berikut:

  • Pengguna jaringan internet dalam satu jaringan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan admin.
  •  Melakukan download sebuah file dengan ukuran besar secara bersamaan dalam satu jaringan
  • Pembagian jaringan tidak dilakukan dengan benar. Biasanya kapasitas jaringan sudah diatur oleh admin yang menjadi operator jaringan
  • Adanya gangguan cuaca di sekitar wilayah jaringan.
  • Kerusakan pada modem Wi-Fi.

Masih banyak lagi penyebab terjadinya gangguan jaringan Wi-Fi yang bisa terjadi kapan pun.Bila memang anda ingin menambah kecepatan jaringan internet yang digunakan. Maka anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni NetCut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menerapkan cara menggunakan NetCut di Android maupun PC, setidaknya da dua hal yang harus diperhatikan:

  • Matikan terlebih dahulu antivirus yang Anda gunakan. Meski aplikasi ini bukan virus, namun beberapa antivirus mendeteksinya sebagai virus. Kemungkinan besar karena aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memutuskan jaringan komputer lain, sehingga dianggap merugikan orang lain.
  • Sebaiknya jangan menggunakan aplikasi lain secara bersamaan, sehingga semakin kecil kemungkinannya terjadi hang atau lag, serta dapat mengakses NetCut dengan sangat lancar.

Tetapi perlu diingat.Aplikasi ini harus digunakan sebaik mungkin. Jangan menggunakan aplikasi ini terus menerus dalam jaringan internet yang sama. Terlebih bila jaringan digunakan oleh banyak pihak.

Anda juga harus menghargai hal setiap orang, sedikit bersabar menunggu jaringan yang lambat juga tidak menjadi masalah sebenarnya. Namun bila anda ingin mengetahui cara penggunaan NetCut maka perhatikan penjelasan berikut ini.

2 Cara Menggunakan NetCut

Bagi Anda yang sedang mencari cara menggunakan NetCut di PC dan Android, inilah saatnya kita membahas hal itu. Berikut caranya :

A. Cara Menggunakan NetCut di Android

1. Pertama pastikan perangkat android yang anda gunakan sudah dilakukanRoot. Karena tanpa melakukan hal ini sedikit sulit menggunakan NetCut pada android.

2. Selanjutnya silahkan download aplikasi NetCut

3. Install aplikasi NetCut yang sudah anda download tadi

4. Buka aplikasi NetCut kemudian pilih menu Scan. Hal ini berfungsi untuk mengetahui IP yang tersambung pada jaringan yang sama.

cara menggunakan netcut android

5. Selanjutnya anda pilih IP yang ingin dimatikan jaringan. Pastikan tidak memilih dari IP perangkat android milik anda.

6. Secara otomatis perangkat yang sudah anda hentikan jaringannya tidak akan bisa tersambung. Perangkat hanya bisa tersambung bila melakukan restart ulang android.

Itu cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakan NetCut pada perangkat android. Namun pastikan tidak menggunakan cara ini terus menerus. Berikan orang lain juga untuk menikmati jaringan internet yang sama.

B. Cara Menggunakan NetCut di PC dan Laptop

Setelah membahas cara menggunakan NetCut Android, maka saatnya kita membahas cara menggunakan NetCut di PC. Dalam hal ini tentu ada sedikit perbedaan dengan cara pertama, sebab PC dan smartphone memang juga memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Komputer Lemot agar Bekerja Maksimal Kembali Seperti Baru

Bila anda ingin menggunakan NetCut menggunakan perangkat komputer, perhatikan penjelasan berikut ini untuk menerapkannya.

1. Download terlebih dahulu aplikasi NetCut

2. Kemudian langsung Install aplikasi NetCut pada komputer

cara menggunakan netcut tanpa root

3. Buka aplikasi dan klik Scan untuk menyaring IP yang terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama dengan anda.

cara menggunakan netcut tanpa root

4. Bila sudah melakukan scan. Selanjutnya pilih menu Cut Off (Ready) untuk mematikan jaringan internet pada IP yang sudah dipilih.

5. Secara otomatis jaringan internet akan mati sesuai dengan pilihan IP yang anda lakukan.

Penutup

Cukup mudah sekali menggunakan NetCut di Android maupun PC. Gunakan aplikasi ini dengan bijak.
Jangan pernah menggunakan aplikasi NetCut hanya untuk iseng pada orang lain. Tetapi pastikan tindakan yang dilakukan dengan tujuan yang baik.

Risiko menggunakan jaringan dengan banyak user jelas membuat internet akan sedikit lambat. Tetapi hal tersebut bisa saja tidak terus terjadi, terlebih bila ada user yang sedang off menggunakan jaringan internet. Semoga cara menggunakan NetCut di PC dan Android ini bermanfaat untuk sahabat duniaelektronik.net semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *