9 Cara Menjadi Teknisi Elektronik Handal yang Mudah Mendapatkan Pelanggan

  • Whatsapp

Artikel ini akan membahas cara menjadi teknisi elektronik handal yang profesional dan dipercaya banyak orang. Seperti kita tahu, produk elektronik sangat beraneka ragam dan ada kalanya mengalami kendala atau kerusakan. Saat-saat seperti inilah biasanya para pengguna elektronik membutuhkan seorang teknisi.

Ada banyak orang yang studinya mengambil jurusan teknik elektro, mulai dari SMK hingga berlanjut ke jenjang perguruan tinggi. Namun fakta membuktikan bahwa tidak semua dari mereka akhirnya menjadi seorang teknisi yang handal.

9 Cara Menjadi Teknisi Elektronik Handal

Memang tidak mudah menjadi seorang teknisi elektronika profesional yang menguasai dengan baik segala hal tentang elektronika. Namun dengan semangat mau belajar dan berusaha tentu hal itu bukanlah hal yang mustahil. Setidaknya ada 9 cara menjadi teknisi elektronika handal, yaitu sebagai berikut:

1. Mendalamai Ilmu Elektronika secara Maksimal

Ilmu adalah pegangan paling utama dalam aktivitas dan tujuan apa pun. Segala sesuatu yang ingin kita lakukan dan capai tentu memerlukan ilmu sebagai panduan dalam berbuat dan melangkah. Semakin banyak ilmu yang kita ketahui, maka akan semakin banyak hal yang bisa kita lakukan, begitu pun dalam elektronika.

Dengan ilmu elektronika yang memadai maka kita bisa lebih banyak memiliki bekal untuk memperbaiki setiap kerusakan yang ada, pada setiap berbagai macam peralatan elektronika. Lebih dari itu selain memperbaiki kerusakan, bahkan kita pun bisa membuat produk elektronik sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2. Memperbanyak Pengalaman

cara menjadi teknisi elektronika profesional

Ilmu tanpa pengalaman layaknya pisau yang tidak diasah, meski awalnya tajam lambat laun ia akan menjadi tumpul dan penuh karat. Selain tulisan, pengalaman melalui berbagai praktek juga adalah pengikat agar ilmu yang telah diraih bisa terus selalu diingat. Bahkan dengan pengalaman maka kita bisa menemukan berbagai ilmu baru setelahnya.

Dengan hal ini tak heran jika kemudian banyak para teknisi elektronik maupun otomotif, dimana asalnya tidak memiliki pemahaman yang memadai, bahkan tidak sekolah elektronika namun akhirnya bisa menjadi seorang teknisi yang handal. Di sinilah peran pentingnya pengalaman, oleh karena itu cara menjadi teknisi elektronik handal yang harus diutamakan salah satunya adalah memperbanyak pengalaman atau jam terbang.

3. Dekat dengan Para Teknisi Senior

Selain sebagai tempat bertanya dan ajang silaturahmi yang akan banyak mengundang banyak manfaat, dekat dengan para teknisi senior juga akan membuat kamu lebih mudah mendapatkan berbagai pengalaman berharga. Pengalaman itu ada berbagai macam, diantaranya melalui praktek langsung maupun mendengar dan mengetahui pengalaman orang lain dan kemudian kita mengambil pelajaran darinya.

Diawal memulai karier saat usaha kamu sepi pelanggan, tentu hal bijaksana jika kamu membantu pekerjaan para senior. Selain menambah ilmu dan pengalaman, kelak tentu mereka juga akan dengan senang hati membantu kamu saat mengalami kesulitan yang tidak bisa kamu selesaikan.

4. Memiliki dan Memahami Alat Kerja dengan Baik

Alat kerja adalah penunjang kamu dalam bekerja. Setinggi apapun keterampilan dan pemahaman kamu tentang elektronika tanpa alat kerja maka akan sulit untuk melakukan aktifitas service dan pemeliharaan produk elektronika.

Beberapa alat kerja seperti obeng, test pen, solder, hingga alat ukur harus bisa dikuasai dan dipahami dengan baik. Selain menunjang pekerjaan peralatan tersebut tentu akan melindungi kamu dan produk elektronika yang dikerjakan. Misalnya saja test pen, meski sederhana namun jika cara penggunaaanya tidak tepat bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa tersengat aliran listrik karenanya.

Baca Selengkapnya : Cara Menggunakan Tes Pen dengan Aman dan Benar untuk Mengukur Listrik

5. Menguasai Ilmu Marketing

Bisnis apapun sangat perlu yang namanya starategi pemasaran atau marketing. Peran iklan memang sangatlah penting, tak ayal jika berbagai produk rela membayar iklan hingga ratusan juta rupiah hanya dalam satu kali tayang. Dalam beriklan kita bisa menggunakan spanduk dan lainnya, sehingga usaha kita akan lebih mudah diketahui publik.

Namun di tengah tingginya aktivitas masyarakat di dunia internet, sebenarnya cara beriklan di era ini yang paling jitu adalah menggunakan cara digital, yaitu melalui internet. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, blog dan lainnya untuk beriklan.

Berbicara iklan, sebenarnya yang paling jitu adalah menggunakan toko online sendiri sehingga kita akan memiliki branding yang nantinya lebih mudah untuk meraih kesuksesan. Membuat toko online sendiri memang membutuhkan biaya mahal, untuk keperluan domain sekitar ratusan ribu dan hosting bisa satu juta lebih untuk biaya langganan pertahunnya.

Kabar baiknya, kami dari duniaelektronik.net memberikan penawaran menarik untuk sahabat semua. Kami melayani jasa pembuatan toko olnine murah berkualitas dengan pilihan beberapa paket, diantara pilihannya tersebut adalah gratis biaya langganan domain dan hosting, dan hanya sekali bayar. Harganya pun sangat murah, yaitu hanya dengan Rp. 300 ribuan saja sahabat sudah bisa memiliki toko online profesional.

6. Menyediakan Berbagai Produk Pendukung

cara menjadi teknisi elektronika profesional

Cara menjadi teknisi elektronik handal bukan hanya berfokus pada keterampilan dalam menservice saja, tapi kita juga harus berpikir ke arah peningkatan penghasilan. Beda rasanya menunggu pelanggan yang akan menservice jika kita juga sembari menunggu customer untuk membeli dagangan kita.

Pekerjaan paling enak menurut penulis adalah berdagang, hanya pajang belanjaan nunggu customer maka penghasilan pun bisa kita dapatkan. Fakta bahkan membuktikan, berdagang adalah pekerjaan yang telah mengantarkan banyak orang menuju gerbang kesuksesan dan kekayaan.

Baca Selengkapnya : 9 Rahasia Sukses Usaha Elektronik Rumah Tangga Berpenghasilan Fantastis

Menjual berbagai produk elektronik juga akan membuat usaha service kita makin laris manis. Selain sebagai fasilitas penambah bagi customer, kita juga lebih dimudahkan dalam mendapatkan berbagai produk atau peralatan yang menujang aktivitas service yang kita lakukan.

Biasanya masyarakat juga banyak yang memesan produk pada jasa service yang memiliki usaha dagang. Kamu juga bisa membuat pesanan mereka sendiri, misalnya saja pembuatan speaker aktif dan lainnya. Hal-hal seperti ini akan membuat usaha yang dibangun terasa semakin menggairahkan.

7. Buat Pelanggan Puas dan Nyaman

Mempertahankan pelanggan sebenarnya lebih penting dari pada mencari pelanggan baru. Jika kita hanya fokus pada pelanggan baru tanpa berusaha mempertahankan pelanggan lama, maka usaha kita akan sulit untuk berkembang. Dengan keterampilan kita mempertahankan pelanggan maka setiap customer baru akan berpotensi menjadi pelanggan dan menjadi sarana mendatangkan banyak pelanggan-pelanggan lainya. Ingat promosi paling kuat adalah yang dari mulut ke mulut.

Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan sehingga mereka mau merespon dengan baik usaha kita, salah satunya adalah dengan membuat mereka nyaman dan puas saat menggunakan jasa atau membeli produk dari kita.

8. Tentukan Harga Sesuai Standar

Harga sangat rentan terhadap penilaian kualitas dan respon customer maupun pesaing terhadap usaha kita. Harga yang murah selain dapat mengusik pesaing, biasanya juga akan membuat customer ragu akan kualitas produk atau jasa yang kita tawarkan. Sebalinya jika harga yang kita tawarkan terlalu mahal, tidak menutup kemungkinan mereka akan menilai kita ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari mereka, sehingga akhirnya mereka enggan untuk menggunakan produk atau jasa dari kita.

Sebelum menentukan harga, diawal usaha sebaiknya lakukanlah survai harga agar sesuai standar yang ada di lapangan. Hal ini tentu akan semakin mudah manakala sebelumnya kamu memiliki hubungan yang baik dengan para pelaku usaha yang sama, dalam hal ini teknisi senior seperti yang telah dibahas sebelumnya.

9. Selalu Rendah Hati dan Mau Belajar

Hal yang sangat menghancurkan adalah kesombogan, dan tidak mau terbuka dengan ilmu baru dari orang lain maka akan berujung menjadikan seseorang menjadi manusia yang tertinggal. Atas dasar itu, untuk menjadi teknisi yang handal maka kita harus senantiasa terbuka dengan hal-hal baru, dan tentu saja mau mempelajarinya.

Sebaiknya perbaharui juga setiap informasi tentang dunia elektronik, mulai dari produk baru dan lainnya. Dengan hal ini maka kita akan menjadi teknisi yang selalu update yang siap mengikuti perkembangan zaman. Dalam hal ini kami dari team dunia elektronik akan membantu sahabat semua untuk senantiasa memperoleh berita seputar elektronik terupdate.

Penutup

Demikian 9 cara menjadi teknisi elektronik handal yang profesional. Tingkatkan terus pengalaman, jaga hati untuk selalu rendah hati dan mau belajar maka sahabat akan sukses dalam bidang apa pun. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *