7 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Selalu Segar dan Sehat Dikonsumsi

  • Whatsapp
Cara menyimpan sayuran di kulkas

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas – Sebagian besar ibu rumah tangga biasanya senang berbelanja berbagai macam sayuran lalu menyimpannya di dalam kulkas. Ya, sayur adalah salah satu menu yang wajib hadir dalam menu makanan harian. Maka tak heran jika ibu-ibu banyak membeli sayuran dalam jumlah banyak sebagai persediaan.

Namun sayangnya, sayur yang tidak cepat diolah menjadi cepat busuk dan tidak tahan lama, sehingga beberapa sayuran pun harus terpaksa dibuang dengan sia-sia. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini telah merangkum beberapa tips atau cara menyimpan sayuran di kulkas supaya tidak mudah layu dan lebih tahan lama.

Seringkali ada yang bertanya, apakah cara menyimpan sayuran di kulkas sama halnya ketika menyimpan buah-buahan ?

Penyimpanan sayuran sedikit berbeda dengan cara menyimpan buah-buahan di kulkas. Pasalnya, sayuran mudah cepat membusuk daripada buah. Oleh sebab itu, penyimpanan kedua bahan makanan tersebut juga berbeda.

Lantas, bagaimana agar sayuran tetap segar dan tidak mudah busuk ?

Ya, caranya dengan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, anda perlu mengetahui cara menyimpan sayuran di kulkas yang kami rangkum berikut ini agar tidak mudah busuk dan tetap layak dikonsumsi. Yuk langsung saja simak uraian di bawah ini selengkapnya!

7 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

1. Menyortir Sayuran

Langkah utama sebelum anda hendak meyimpan syauran ke dalam kulkas, ialah dengan menyortir sayuran terlebih dahulu.

Biasanya, sayuran yang baru dibeli di pasar atau supermarket tidak semuanya bagus. Maka buanglah bagian sayuran yang sudah menguning sebelum disimpan, buanglah akar pada sayuran untuk menjaga kualitas agar tetap bersih dan fresh, lalu sisihkanlah sayuran-sayuran yang masih segar untuk disimpan ke dalam kulkas.

2. Mencuci Sayuran

cara menyimpan sayuran di kulkas

Kedua, saat hendak menyimpan sayuran ada baiknya untuk mencuci seluruh bagian sayuran terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Bahkan jika perlu gunakan sabun anti-bakteri untuk mencuci sayuran tersebut.

Nah, setelah dirasa cukup bersih, anda perlu mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan dan mengelap sayuran hingga kering, baru setelah itu simpan sayuran ke dalam kulkas.

Tidak kalah penting dari itu, Anda juga harus memastikan bahwa kulkas senantiasa dalam keadaan bersih. Perlu pemahaman yang baik terkait cara membersihkan kulkas dengan baik, sehingga selain bersih juga kulkas senantiasa awet.

3. Melapisi Sayuran dengan Kertas

Sayuran termasuk bahan makanan yang mudah membusuk, apalagi saat disimpan di tempat yang lembab seperti di dalam lemari es. Lalu, bagaimana agar sayuran tidak mudah busuk saat disimpan di kulkas ?

Yaitu dengan cara melapisi sayuran dengan kertas. Sebab, kertas berfungsi untuk mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayuran. Jadi, jangan lupakan point penting satu ini ya!

4. Menyimpan Sayuran di dalam Plastik Berlubang

Sayuran membutuhkan oksigen untuk tetap bertahan dan agar tidak membusuk dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itum hindari penggunaan wadah menyimpan sayur dengan tupperware.

Sebaiknya, simpan di dalam plastik yang berlubang untuk mengurangi risiko pembusukan.

5. Tidak Memotong Sayuran yang Akan Disimpan

Walapun anda harus mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, namun itu bukan berarti anda juga bisa menyimpannya dalam keadaan sudah dipotong-potong.

Mengapa demikian ? Karena, sayuran yang sudah dipotong-potomg memiliki risiko cepat kering dan membusuk daripada sayuran yang disimpan dalam keadaan utuh. Jadi, hindari memotong sayuran saat anda ingin menyimpannya di dalam kulkas ya!

6. Memperhatikan Suhu di dalam Kulkas

Mengatur suhu dengan baik adalah tips penting yang perlu anda perhatikan agar sayuran tetap segar hingga hendak dikonsumsi.

Baiknya, penyimpanan sayuran di dalam kulkas adalah 1-4 derajat Celcius. Karena, jika suhu diatur lebih tinggi dari 4 derajat Celcius, maka bakteri akan berkembang serta membuat aroma dan cita rasa sayuran menjadi tidak sedap.

7. Memeriksa Sayuran secara Berkala

Saat anda menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan membiarkan sayuran tersebut selama berhari-hari. Sebaiknya, sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah yang disimpan tidak lebih dari 3 hari. Jadi, anda perlu memeriksa sayuran secara berkala ya!

Penutup

Itulah dia 7 tips atau cara menyimpan sayuran di kulkas dengan baik dan benar, agar sayuran tetap terjaga kesegarannya dan layak untuk dikonsumsi. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya! Jangan lupa baca juga cara mengatasi kulkas tidak dingin, sebagai antisipasi jika kulkas Anda mengalami gangguan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *