MCB Listrik Rumah Sering Turun? Ini Penyebab dan Solusinya

  • Whatsapp
Mcb listrik rumah sering turun

MCB listrik rumah sering turun tentu akan terasa sangat mengganggu. Terutama bila terjadi saat malam hari, atau saat Anda sedang ada pekerjaan yang membutuhkan aliran listrik.

MCB (Mini Circuit Breaker) dibuat untuk melindungi instalasi listrik rumah Anda, dari kerusakan karena hubung singkat (korsleting) yang tentunya sangat berbahaya.

Pada dasarnya, arus listrik yang mengalir ke rumah Anda, terlebih dahulu melalui MCB atau termis dengan spesifikasi tertentu (biasanya dipasang di luar rumah di bawah KWH meter).

Jika instalasi listriknya banyak, biasanya dibagi menjadi beberapa MCB untuk mengaliri listrik ke seluruh ruangan.

Untuk kamar yang hanya memerlukan listrik untuk hal-hal kecil seperti perlengkapan pencahayaan dan televisi, Anda biasanya hanya perlu MCB 15 Ampere. Untuk kamar dengan peralatan yang lebih besar, seperti dapur atau kamar mandi, Anda bisa menggunakan MCB 20 Ampere.

Namun pernahkah Anda mengalami MCB turun ketika menghidupkan beberapa peralatan listrik secara bersamaan? Jika itu terjadi, maka bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab MCB Listrik Rumah Sering Turun

Kelebihan Beban (Over Load)

Rangkaian kelebihan beban dapat menjadi salah satu penyebab turunnya MCB di rumah. Ingat bahwa MCB memiliki spesifikasi tersendiri dengan satuan Ampere.

Jika arus yang lewat lebih dari spesifikasi yang tertera pada MCB tersebut, tentu saja hal ini akan menyebabkan MCB turun atau trip.

Solusi untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana, yaitu dengan cara mencabut peralatan-peralatan listrik yang tidak terlalu diperlukan. Namun jika hal tersebut berlum memberikan solusi, anda bisa menghubungi PLN sebagai provider listrik di Indonesia.

Hubungan Singkat (Korsleting)

Jika masalah adalah tidak disebabkan oleh MCB yang kelebihan beban, kemungkinan hubungan pendek menjadi penyebabnya.

Hubung singkat adalah salah satu masalah yang lebih serius daripada kelebihan beban, hal ini terjadi ketika penghantar fasa menyentuh kawat netral tanpa melalui beban terlebih dahulu. Satu cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah instalasi anda Anda mengalami hubungan pendek adalah pertama periksa kabel listrik, perhatikan kabel penhantar tersebut, apakah isolasi pembungkusnya ada yang rusak atau tidak. Namun jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa menyewa jasa seorang teknisi listrik untuk mengeceknya.

MCB Rusak

MCB rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa alat tersebut sering turun (jeglek).

Hal ini bisa diketahui ketika anda menggunakan peralatan elektronik secara normal, tanpa berlebihan dan tidak ada kabel yang mengalami hubung singkat.

Solusi untuk mengatasi MCB rusak ialah dengan cara menggantinya. Namun untuk mengganti MCB yang rusak atau sudah lemah tidak bisa dilakukan sendiri. Anda harus menghubungi PLN 123 untuk melakukan penggantian MCB tersebut.

Nah itulah penyebab MCB  listrik rumah sering turun dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. mantap gan ilmunya. ini triknya sudah saya pakek dikosan. tiap hari sebel mcb turun terus jadi punya inisiatif waktu yg punya gk ada MCBnya saya ganti, yang awalnya C1 saya ganti jadi C6. Sekarang anti turun lagi. hehehe