10 Cara Merawat Power Bank dengan Benar Agar Tetap Awet

  • Whatsapp
Cara merawat power bank

Cara merawat power bank penting diketahui bagi para pengguna gadget, sebab smartphone dan power bank merupakan dua benda yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Apalagi di era yang serba canggih dan praktis di mana hampir segalanya bergantung kepada smartphone yang kita punya. Banyak vendor terkemuka yang mulai menciptakan power bank dengan berbagai spesifikasi dan juga pilihan merk.

Pengertian Power Bank

Meski sudah bergitu populer, tidak ada salahnya kita membahas pengertian power bank itu sendiri. Menurut Wikipedia pengertian power bank atau bank daya yaitu suatu perangkat yang bermanfaat untuk menampung energi listtrik dalam sebuah baterai yang dapat diisi ulang, tanpa perlu menghubungkan peranti tersebut ke outlet listrik. Pengisiannya berbeda dengan pengisian daya baterai yang mesti dihubungkan ke colokan listrik, sehingga dengan ini pengisian baterai power bank termasuk dalam kategori portabel.

Power bank dapat menampung daya listrik dalam kapasitas tertentu, dan jika daya yangtersimpan tersebut telah habis maka dapat diisi ulang kembali dengan menghubungkannya ke outlet listrik. Selain untuk mencharger smartphone, power bank juga dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lainnya seperti tablet, iPad, iPod, dan berbagai perangkat lainnya.

Kapasitas daya tampung suatu power bank bermacam-macam, mulai dari 1000 mAh, hingga 18000 mAh. Setiap power bank memiliki tegangan output. Meski standar tegangan outputnya adalah 5 v, namun banyk juga power bank yang memiliki tegang out put kurang dari standar tersebut.

Cara menggunakan power bank sangat lah mudah, kamu hanya tinggal menghubungkan kabel konektor perangkat yang akan diisi dayanya dengan power bank.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kabel Charheran Agar Senantiasa Awet dan Prima

Cara Merawat Power Bank dengan Baik

Tips merawat power bank

Sebagian orang tentunya memilih power bank dengan kapasitas yang besar. Namun, pastinya kapasitas yang besar membutuhkan harga yang juga mahal. Oleh karena itulah, menjaga atau merawat power bank dengan baik harus dilakukan supaya power bank bisa tetap awet dan tak cepat rusak. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga power bank tetap awet. Yuk terapkan!

1. Hindari Terlalu Sering Mengisi Ulang Power Bank

Tips merawat power bank yang pertama adalah jangan terlalu sering mengisi ulangnya. Sebab, untuk bisa menggunakan dalam keadaan darurat, kamu juga perlu mengisi ulang power bank yang kamu punya. Jenis baterainya pun sama dengan yang ada pada smartphone yaitu Li-Ion (Lithium Ion) atau juga Li-Po (Lithium Polymer). Kamu bisa melihat jenis baterai yang ada pada power bank milikmu di permukaan benda tersebut. Adapun keduanya juga memiliki daya tahan yang berbeda-beda.

Pada baterai jenis Li-Ion, siklus isi ulangnya bisa mencapai 500 kali. Namun, pada baterai jenis Li-Po justru siklus hidupnya bisa mencapai hingga 1000 kali isi ulang. Apabila sudah hampir mencapai titik maksimal siklus hidupnya, kedua jenis baterai tersebut akan terasa cepat habis dan juga isi ulangnya jadi lebih lama daripada di awal pemakaian.

2. Melakukan Isi Ulang Saat Sudah Low

Tips merawat power bank yang kedua, jangan membiarkan sampai baterainya benar-benar habis. Lakukan pengisian ulang saat sudah low. Dalam artian, jika ada 4 lampu LED, maka kamu bisa mengisi baterai power bank ketika hanya tersisa 1 lampu LED saja. Jangan ketika masih terisi 2, kamu justru buru-buru mengisinya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa terbiasa membiarkan power bank hingga benar-benar habis justru tidak baik untuk baterai benda tersebut. Jika baterai power bank sudah kosong, maka proses pengisian bisa jadi lebih lama. Selain itu menyebabkan baterainya menjadi cepat aus.

3. Jangan Memakai Smartphone yang Sedang Diisi Menggunakan Power Bank

Cara merawat power bank

Tips merawat power bank yang ketiga ini harus kamu terapkan. Dalam keadaan sedang diisi ulang menggunakan power bank, hindari memakai smartphone agar keduanya bisa tetap awet. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus dan jadi kebiasaan, maka arus listrik yang dikeluarkan nantinya akan menjadi tidak stabil. Tak hanya membuat smartphone cepat rusak, hal itu juga bisa membuat baterai power bank lebih cepat bocor. Pastinya kamu tak ingin, bukan, apabila itu terjadi?

Baca Juga : 11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencharger Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

4. Isi Ulang Power Bank Sampai Penuh

Cara merawat power bank berikutnya yaitu dengan membiarkan dayanya sampai terisi penuh ketika diisi ulang. Bahkan sejak pertama membeli, sebelum digunakan sebaiknya powerbank diccharger dulu sampai dayanya benar-benar terisi penuh.

Selain menjaga daya tampungnya, dengan mengisi daya sampai penuh kamu juga bisa menggunakannya lebih lama sehingga terhindar dari sering bolak-balik mencharger. Lebih dari itu, kemana pun kamu pergi akan tenang dan nyaman, sebab selalu siap power bank yang dayanya cukup menjamin untuk menyuplai daya smartphone dimana pun dan kapan pun.

Untuk memastikan daya power bank sudah terisi sampai penuh, kamu bisa melihatnya dari lampu indkator yang sudah menyala semua, atau pun melalui layar yang menunjukan dayanya sudah penuh.

5. Hindari Mengisi Ulang Power Bank Hingga Over Charging

Hal ini kerap diabaikan oleh sebagian besar orang yang memiliki gadget. Entah itu smartphone, laptop, bahkan power bank sekalipun. Mengisi gadget hingga over charging bukanlah sesuatu yang bagus. Karena beberapa benda elektronik seperti gadget yang tidak memiliki sertifikat over charging protection justru akan membuatnya cepat rusak karena kelebihan isi. Apabila sudah penuh, segeralah hentikan pengisian. Tapi kamu juga bisa membeli adapter listrik yang dibekali dengan timer agar bisa menghindari over charging.

6. Hindari Suhu Panas atau Dingin

Cara merawat power bank berikutnya adalah dengan menghindari menaruhnya di tempat yang panas atau pun dingin. Selain itu, kebiasaan salah yang harus dihindari selama menchargernya adalah menaruh di tempat yang tertutup seperti lemari, tas, dan lainnya. Hal ini karena sirkulasi udara di ruang terturup menjadi sangat minim, padahal ketika dicharger power bank yang mengeluarkan hawa panas juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

Selain menaruh di tempat tertutup dapat membuat kehilangan sirkulasi udara, jika dilakukan ini juga berpotensi menyebabkan power bank mengembung dan mengalami kebocoran daya.

7. Jauhkan Power Bank dari Berbagai Barang Elektronik

Hal penting yang sering disepelekan adalah menaruh power bank dekat dengan barang elektronik, misalnya seperti kulkas, televisi, dan lain sebagainya. Padahal salah satu cara merawat power bank agar tetap awet dengan menjauhkannya dengan benda-benda tersebut.

Mayoritas barang-barang elektronik dapat memancarkan gelombang magnetik, dan hal itu dapat menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada power bank secara tiba-tiba.

8. Bijaksana dalam Hal Pengunaan

Cara merawat power bank

Cara merawat power bank berikutnya adalah dengan menggunakannya secara bijaksana. Jika kamu sedang berada di tempat yang memiliki fasilitas colokan listrik seperti di rumah, kantor, dan lainnya sebaiknya charger smartphone dengan colokan listrik tersebut. Gunakanlah power bank hanya disaat kamu benar-benar urgent untuk menggunakannya, yaitu ketika kamu berada di suatu tempat yang memang tidak ada fasilitas sambungan listrik.

Baca Juga : Selain Power Bank, Ini 15 Gadget Lain yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling

Dengan meminimalisir penggunannya, maka power bank yang kamu miliki tentu akan senantiasa awet. Sebab jika sudah sering digunakan, maka daya tahan dan kinerja power bank perlahan akan mengalami penurunan.

9. Jaga Agar Tidak Terjatuh atau Terkena Benturan

Sekalipun power bang yang kamu miliki telah dilengkapi body metal yang kokoh, tapi ia tidak lah didesain untuk tahan terhadap benturan, baik karena terjatuh atau pun hal lainnya.

Jika sampai hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan posisi komponen yang ada di dalamnya seperti baterai dan perangkat output dapat menjadi longgar. Dengan hal ini, maka power bank bisa menjadi bekerja dengan normal. Oleh karena itu tips menjaga power bank yang tidak boleh kamu lupakan adalah menjaganya agar tidak terkena benturan.

10. Jangan Lupa Bersihkan Power Bank

Tips merawat power bank

Selain merawat bagian dalam, cara merawat power bank bagian luarnya juga tentu tidak boleh ketinggalan. Semahal dan seindah apapun produk yang kamu miliki, seiring berjalannya waktu maka dapat berubah menjadi sedikit kucel, baik karena debu atau pun karena tempat penyimpanannya. Agar tampilannya senantiasa kinclong, bersihkanlah permukaan power bank dalam periode waktu yang teratur.

Cara membersihkan power bank pada bagian ini tentu sangatlah mudah, kamu hanya perlu menggunakan tisu basah kemudian bersihkan dengannya secara hati-hati dan perlahan.

Penutup

Nah, itulah tips merawat power bank yang bisa kamu ikuti agar benda tersebut bisa lebih awet. Kamu pun tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki atau bahkan membeli yang baru. Sebab, harga power bank saat ini juga tidak murah. Semoga 10 cara merawat power bank ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *