Hasil Print Bergaris

Hasil Print Bergaris ? Ini 11 Cara Mudah untuk Mengatasinya

Diposting pada
Solusi Hasil Print Bergaris

Jika anda mengalami hasil jetakan bergaris, coba atur kualitas cetakan pada kualitas tinggi. Meski prosesnya jauh lebih lambat, namun cara ini biasanya berhasil.

Caranya cukup mudah, yaitu klik Print (ctrl+p), silahkan pilih properties, pada menu Qualty silahkan rubah menjadi high, klik Ok, kemudian silahkan lakukan langkah printing seperti biasa.

6. Perhatikan Kondisi Catridge

Coba lihat keadaan catridge printer anda, dan ingat-ingat kapan terakhir kali anda mengganti bagian tersebut. Jika sudah sangat lama, sebaiknya ganti saja catridge tersebut dengan yang baru. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, belilah catridge yang sesuai merk dan tife, dan juga warnanya.

Dalam beberapa merk dan tife tertentu, printer ada juga yang memiliki head catridge yang menyatu dengan kepala printer. Interaksi antara head catridge dan head printer yang tinggi, membuat kualitas hasil print lebih baik namun resiko kerusakan catridge dan maintenancenya menjadi cukup tinggi.

7. Bersihkan Tinta Dalam Cartridge

Salah satu cara mudah mengatasi hasil print bergaris, adalah dengan mengosongkan tinta yang ada di dalam cartridge printer Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan suntikan yang biasanya digunakan untuk mengisi tinta. Silahkan sedot semua tinta yang ada dalam cartridge menggunakan suntikan tersebut sampai kosong. Jika sudah benar-benar kosong, silahkan isi kembali cartridge dengan tinta yang masih baru.

Baca Juga : Cara Cleaning Printer dengan Mudah dan Lebih Aman

8. Menggunakan Cartidge Warna

Langkah ini biasanya dilakukan ketika Head Cleaning belum mampu menyelesaikan masalah cetakan bergaris. Jika Anda mengalaminya juga, silahkan langsung saja rubah pengaturan menjadi Color Cartridge.

Caranya, silahkan buka terlebih dahulu lalu tekan CTRL + P pada keyboard. Pilih properties lalu Maintenance, kemudian klik Color Only, setelah itu klik OK. Silahkan lakukan langkah pengeprinan untuk memastikan cara ini berhasil atau tidak.

9. Cek Botol Infusnya

Bagi Anda yang menggunakan printer infus, sebaiknya cek juga botol infus tinfa ke cartridge. Jika tinta dari botol infus tidak mengalir dengan baik, hal ini juga dapat menyebabkan hasil prin menjadi bergaris.

Silahkan cabut selang infus, kemudian ceklah dengan teliti aliran tinta saat mengalir melalui botol infus. Jika alirannya terhambat, sedotlah menggunakan suntikan yang telah dimodifikasi sampai cairan tinta sampai di ujung selang. Jika sudah, masukan kembali selang pada lubang cartridge seperti sedia kala.

10. Manfaatkan Garansi Printer

Memanfaatkan garansi adalah pilihan yang sangat bijak ketika printer mengalami gangguan yang sulit diatasi. Garansi yang panjang, seperri Printer Epson yang mencapai dua tahun, merupakan suatu bentuk pelayanan yang sangat patut diacungi jempol.

Oleh sebab itu, pastikan untuk senantiasa menanyakan terkait garansi printer Anda ketika pertama kali membeli, baik ke toko atau pun langsung mengajukan claim garansi ke pusat produk tersebut. Dengan hal ini, maka ketika printer mengalami kerusakan Anda akan selalu tenang, sebab akan selalu mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak garansi resminya.

11. Bawa ke Service Center

Jika masa garansi printer telah habis, dan Anda merasa ragu untuk memperbaikinya sendiri. Membawa ke service center tentu merupakan suatu keputusan yang sangat bijaksana.

Demikian 11 cara menangani hasil print bergaris-garis atau cetakan tulisan putus-putus. Keseluruhan cara dapat Anda coba secara mandiri. Jika tidak kunjung berhasil, segera hubungi pusat servis dan teknisi langganan Anda. Jika masih memiliki garansi, Anda dapat melakukan klaim, lho. Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.