10 Kesalahan Penggunaan Laptop yang Sering Dilakukan. Yuk Mulai Hindari Sebelum Terlambat!

  • Whatsapp
kesalahan penggunaan laptop

Kesalahan penggunaan laptop benar-benar harus kamu hindari. Sebab selain smartphone, laptop juga merupakan barang benda yang sangat penting di era ini dan sering dibawa oleh banyak orang. Biasanya laptop digunakan untuk membantu mengerjakan tugas-tugas kantor atau tugas kuliah bagi para mahasiswa. Sayangnya, karena terlalu lama menggunakan laptop inilah para penggunanya jadi sering mengabaikan berbagai kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan.

Kesalahan-kesalahan tersebut membuat laptop jadi cepat rusak dan tentunya kamu tak mau, bukan, jika hal ini terjadi? Oleh karena itu, mulai sekarang mulai hindari kesalahan-kesalahan yang kerap kamu lakukan saat menggunakan laptop. Berikut daftar kesalahan dalam penggunaan laptop yang harus dihindari.

1. Tidak Mematikan Laptop Dengan Benar Setelah Menggunakannya

Kesalahan penggunaan laptop yang satu ini sangatlah umum terjadi. Kadang karena saking terburu-burunya, banyak dari kita yang asal saja dalam menutup laptop dan tidak mematikannya dengan benar sesuai petunjuk. Biasanya kebanyakan pengguna laptop hanya akan menutup layar laptop saja yang membuatnya berada dalam kondisi sleep. Jadi, tidak benar-benar mati.

Jika hal ini sering dilakukan, maka kerusakan akan mulai muncul pada laptop yang kamu gunakan. Seperti misalnya saja baterai yang menjadi lebih boros, speaker mulai jadi bermasalah dan berbagai kerusakan lainnya yang membuatmu akhirnya harus menanggung hal tersebut. Pastikan saja bahwa kamu telah mematikan laptop dengan benar supaya perangkat tersebut dapat beristirahat dengan baik sebelum digunakan kembali.

2. Menutup Layar Begitu Saja Sebelum Laptop Benar-Benar Off

Selain mematikan laptop dengan benar, kurangnya rasa sabar, karena terburu-buru, karena ingin cepat dan berbagai alasan lainnya, mungkin pernah membuat kamu menutup layar laptop begitu saja, padahal laptop tersebut belum sepenuhnya off.

Jika ini kamulakukan, maka dapat memicu menyebabkan kerusakan pada bagian laptop. Misalnya seperti adanya bercak kotak-kotak pada keyboard. Mengantisipasi hal tersebut, pastikan laptop benar-benar off terlebih dulu, baru setelah itu menutup layar laptopnya.

3. Melepas Baterai Laptop dan Hanya Mengandalkan Chargeran Langsung

kesalahan penggunaan laptop

Pernahkah kamu melakukan ini, melepas baterai laptop kemudian mencolokan chargeran langsung ke listrik untuk menyuplai daya laptop ketika digunakan.

Saat melakukannya mungkin kamu menganggap hal itu untuk menjaga keadaan baterai, sehingga ketahannnya makin kuat. Padahal selain laptop bisa langsung mati ketika mati lampu, sehingga dapat mengganggu pekerjaan yang sedang digarap. Hal ini juga dapat merusak mainboard laptop, sehingga dapat menyebabkan loncatan daya yang tidak teratur, dimana dapat berpotensi menyebabkan korsleting.

4. Terus Mencharger Meski Baterai Laptop Tidak Habis

Ingin selalu melihat baterai laptopnya dalam keadaan full, atau karena ingin terus-terusan dapat menggunakannya dalam waktu yang sangat lama. Tak jarang membuat banyak orang yang terus-terusan mencharger laptopnya sekali pun kapasitasnya sudah banyak.

Ada juga yang merasa panik ketika daya baterai laptopnya sudah dianggap sedikit, sehingga meski masih berada diangka 30% dilakukanlah tindakan mencharger dayanya. Padahal hal-hal di atas adalah salah satu hal yang seharusnya dihindari, sebab hal tersebut justru dapat membuat kemampuan daya supali baterai menjadi semkin berkurang.

5. Sebelum ke Colokan Listrik Terlebih Dulu Memasang Chargeran Laptop

Salah satu kesalahan penggunaan laptop ini tentu banyak yang pernah melakukannya, dimana sebelum menyambung charger ke arus listrik kamu terlebih dulu menyambungkannya ke laptop. Padahal loncatan daya ketika pertama kali dicolokan itu tidaklah stabil, jika sudah terpasang ke laptop maka daya tidak stabil tersebut akan langsung masuk ke laptop. Jika hal ini sering dilakukan, maka lambat laun motherboard laptop dapat mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

Baca Juga : Harus Dijaga Dengan Baik, Inilah Kerusakan Pada Laptop yang Sering Terjadi

Mulai sekarang pakailah prosedur yang benar, yaitu dengan menyambungkan ke charger terlebih dulu pada arus listrik, setelah itu baru menyambungkannya pada lapto.

6. Terlalu Seringnya Membuka Beberapa Aplikasi Dalam Jangka Waktu Bersamaan

contoh aplikasi laptop

Perangkat laptop memang sering digunakan secara multitasking dan membuka banyak hal. Namun, kesalahan penggunaan laptop yang satu ini tak bisa jika dilakukan terus-menerus. Hindari membuka software pada laptop dalam satu waktu sekaligus jika tidak ingin perangkatmu cepat rusak.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan dalam waktu lama, maka laptop akan bekerja terlalu keras hingga pada akhirnya berdampak pada kinerjanya yang semakin lambat dan panas. Tidak hanya manusia saja yang bisa sakit atau rusak saat bekerja terlalu keras, bahkan laptop pun bisa demikian. Jadi, cobalah untuk memperlakukan laptop milikmu dengan baik.

7. Menaruh Laptop di Pangkuan

kesalahaan penggunaan laptop

Meletakan laptop saat digunakan pada pangkuan tentu sering dilakukan oleh banyak orang, mungkin termasuk kamu salah satunya. Padahal selain dianggap semakin memudahkan dalam menggarap pekerjaan, menaruh laptop di atas paha justru membuat aliran udara pada bawah laptop menjadi terhambat, sehingga dapat menyebabkan panasnya mengenadap.

Kamu tentu tidak mau bukan laptop kamu mengalami panas berlebih sehingga bisa merusak komponen di dalamnya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya letakan laptop pada bidang yang memudahkan aliran udara tetap mengalir di bawah bodinya. Jika digunakan dalam waktu lama, akan lebih baik lagi jika kamu juga menggunakan kipas pendingin sehingga suhu laptop akan senantiasa terjaga.

8. Memegang Layar Saat Mengangkat Laptop

Bagi para pengguna latop super tipis, atau yang ukurannya 13 inchi ke bawah, biasanya pernah melakukan kesalahan penggunaan laptop ini. Meski banyak yang mengganggpnya hal sepele,  dan merasa nyaman saat melakukannya. Hal ini padahal sangatlah berbahaya, terutama pada engsel LCD laptop tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Senantiasa Prima

9. Keseringan Meletakkan Laptop Pada Tas yang Longgar

menaruh laptop pada tas biasa

Mungkin kamu sudah tak asing dengan yang namanya tas laptop. Bentuk dari benda yang satu itu biasanya didesain dengan sangat pas dan terkadang justru memiliki beberapa pengaman tambahan. Sayangnya, mungkin kamu merasa tas laptop tersebut tak terlalu bagus dan kurang fashionable untuk dibawa ke mana-mana. Sehingga yang kamu lakukan adalah menaruh perangkat laptop pada tas biasa. Inilah kesalahan penggunaan laptop yang mesti kamu hindari.

Kesalahan ini harus dihindari karena memang tas biasa ukurannya terlalu longgar. Sehingga perangkat laptop akan memiliki resiko terbentur dengan benda-benda sekitarnya atau bahkan mungkin kamu tidak sengaja menjatuhkannya. Hal ini tidak bisa terus dilakukan jika kamu ingin laptop lebih awet. Maka dari itu, pertimbangkanlah untuk membeli tas laptop yang benar supaya laptop kamu lebih terjaga. Untuk desainnya sendiri, kamu bisa kok saat ini memesan secara kustom di beberapa penjual online. Sehingga akan lebih mudah dan sesuai dengan keinginan.

10. Menggunakan Laptop Meski Berada di Tempat Panas

Kesalahan berikutnya  yang dapat membuat laptop mengalami panas berlebih adalah menggunakannya di tempat yang panas. Hal ini sebenarnya sudah dijelaskan dalam buku panduan laptop kamu, dimana kamu tidak boleh menggunakannya pada suhu di atas 34 derajat celcius.

Demi menjaga keadaan laptopmu agar senantiasa bekerja optimal, dan dapat menghindari dari kerusakan, sepenting apapun sebaiknya hindari menggunakan laptop di tempat yang panas

Laptop harganya cukup mahal, jadi usahakan kamu mulai menghindari kesalahan penggunaan laptop agar tak membuatnya rusak dan mengharuskan kamu membeli baru. Memang banyak laptop yang saat ini dijual murah, sayangnya terkadang laptop murah tersebut tak sesuai dengan yang kamu harapkan. Jadi, jagalah dengan baik barang benda yang kamu miliki agar tak menyesal di kemudian hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *