Cara Membuat Web dengan WordPress, Lengkap dari Awal Sampai Jadi Profesional

Diposting pada

Pada sisi kanan halaman, anda dapat melihat seperti halnya meta box, dimana setiap box tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Selesai membuatnya, anda tinggal klik publish untuk segera menayangkannya di jagat maya. Sementara untuk menghapus postingan tersebut, anda bisa melalukannya dengan mengklik tombol Move to Trash.

Untuk membuat kategori post yang spesifik, anda bisa menggunakan menu Categories. Untuk membuat berbagai kategori sesuai kebutuhan, silahkan klik tombol +Add New Category. Anda juga bisa menambahkan tag baru dengan cepat, yakni dengan memanfaatkan tombol Tags.

Untuk menentukan gambar artikel yang mucul di atasnya, silahkan anda bisa memilih menu Gambar Unggulan ( Featured Image).

6. Cara Membuat Halaman di WordPress

Halaman WordPress memiliki peranan yang sangat penting, khususnya dalam hal meningkatkan kepercayaan pembaca. Tak heran, jika Google Adsense sendiri, lebih memprioritaskan menerima website yang memiliki halaman tertentu, untuk bekerja sama dengannya.

Baca : Rahasia Jitu Agar Blog Langsung Diterima Hanya dengan Sekali Daftar

Pengertian halaman sendiri maksudnya adalah sebuah konten statis yang tidak terjadwal, contohnya About Us, Contact Us, dan Privacy Policy. Berbeda dengan jenis konten lainnya, halaman tidaklah memiliki tag dan juga category. Namun demikian, fungsi tersebut dapat digantikan oleh Page Attributes, yang sangat berguna untuk mengubah halaman dan juga membuat parent page. Dengan hal ini, maka dapat digunakan untuk menyatukan beberapa halaman, tepat di bawah parent page yang sama.

Cara membuat halaman di WordPress, anda tinggal menu Laman (Pages), kemudian silahkan pilih Tambah Baru (Add New).

7. Cara Mengoptimasi Situs WordPress

Tidak hanya cukup membuat website kita mengudara, kita pun harus berupaya maksimal agar situs yang kita miliki bisa bersaing dengan situs-situs besar, sehingga bisa cepat meraih kesuksesan. Upaya yang bisa kita lakukan untuk merealisasikan hal itu, adalah dengan mengoptimalkan kinerja website kita.

Dengan melalukan optimasi dengan tepat, maka situs WordPress kita, bisa dengan mudah nangkring di halaman pertama, proses loading yang cepat, dan tentu saja mudah mendapatkan banyak pengunjung. Adapun langkah-langkah optomasi WordPress kita adalah sebagai berikut :

1. Jangan Lupa Install Plugin Caching

Plugin memang sangat memiliki peranan sangat penting dalam sebuh situs WordPres, kemudahannnya sangat membantu para pengguna, tak terkecuali untuk mengoptimasi. Salah satu plugin yang harus anda gunakan, yaitu plugin Caching.

Dengan plugin ini, maka anda bisa membuat versi statis dari website anda, untuk kemudian mengirimkannya. Dengan hal inilah, maka proses loading situs anda akan berjalan dengan lebih cepat.

2. Optimasi Permalink

Selain tampak profesional, dengan optimasi permalink maka situs akan mudah diingat, dan lebih SEO Friendly. Secara default, struktur permalink dari WordPress cukup panjang, sebab memuat tanggal dan nama URL. Misalnya saja https://duniaelektronik.net/2019/08/17/judul-postingan.

Sebagai catatan, permalink yang disukai oleh mesin pencari adalah yang mengandung keyword atau kata kunci. Selain itu, dengan permalink yang lebih pendek, maka performa situs anda akan semakin meningkat. Contohnya https://duniaelektronik.net/judul-postingan.

Untuk melakukan optimasi permalink ini, silahkan anda bisa melakukannnya di menu dasboard situs, yaitu pada menu pengaturan (Settings), lalu pilihlah radio button Post Name. Silahkan atur sesuai keinginan, dan untuk menyimpan perubahannya silahkan klik Save Changes.

3. Optimasi Gambar

Banyak pemula yang tidak menyadari, bahwa gambar yang tidak dioptimasi dapat membuat buruk performa sebuah situs. Hal ini terutama dikarenakan ukuran gambar yang terlalu besar, sehingga dapat memperlambat proses loading.

Atas dasar itulah, kita perlu melakukan optimasi pada gambar, sehingga anda bisa mengunggahnya dengan ukuran lebih kecil, meskipun kualitasnya sama. Dengan hal ini, sekalipun sebuah postingan memiliki banyak gambar, maka pengunjung akan tetap bisa mengaksesnya dengan cepat.

Selain itu, dengan optomasi gambar maka, situs anda akan lebih mudah mendapatkan ranking terbaik dari search engine. Pembahasan lebih lengkap mengenai hal ini, ada pada artikel “Cara Optimaso SEO pada Gambar,” yang ada pada situs ini.

4. Jangan Lupa Aktifkan CDN

Apa itu CDN dan hubungannya dengan optimasi WordPress? Pada dasarnya CDN sendiri yaitu suatu teknologi terbaru yang merupakan bentuk mirroring konten situs website. Dengan menggunakan teknologi ini, maka content website kita, seperti inage, video, CSS dan custom scripts akan dimiror di berbagai negara.

8. Cara Meningkatkan Keamanan Situs WordPress

Hacker dan pencurian data, hanyalah sebagian kecil dari kejahatan di jagat maya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan optimasi keamanan, sehingga website dapat terhindar dari serangan hacker, virus, maupun malware. Adapun cara meningkatkan keamanan situs WordPress anda, adalah sebagai berikut:

Rajin Update WordPress

Untuk menghindari celah atau bug system dari versi sebelumnya, maka anda harus rajin update versi WordPress yang digunakan. Biasanya ketika ada versi terbaru, selalu ada pemberitahuan di halaman dasboard, dan anda bisa mengupdatenya dengan mudah di sana. Untuk mengurangi resiko keamanan, pastikan anda selalu menggunakan WordPress versi terbaru.

Update versi WordPress terbaru diperlukan untuk mengatasi celah (bug system) versi sebelumnya. Anda bisa melakukannya secara langsung melalui halaman dashboard WordPress ketika terdapat versi terbaru. Pastikan Anda selalu update versi untuk mengurangi resiko keamanan WordPress yang ada.

Update Plugin yang Digunakan

Sebagai upaya untuk selalu bisa menutup celah yang selalu dicari bug dan hacker, maka para pengembangpun selalu mengupdate pluginnya. Oleh karena itu, anda pun jangan sampai ketinggalan untuk mengupdate plugin yang digunakan, jangan sampai karena up tudate, situs anda justru yang menjadi sasaran empuk para hacker.

Update Tema Situs Anda

Bukan hanya pada plugin, para hacker juga bisa mencari celah dari tema yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan anda selalu mengupdate tema terbaru dari situs anda, dengan sebelumnya mencari di menu Appearance > Theme yang ada pada dasboard situs anda

Selain itu, jangan lupa untuk menghapus tema yang sudah tidak lagi anda gunakan.

4. Hapuslah Plugin yang Tidak Digunakan

Jika anda sudah tidak menggunakan suatu plugun tertentu, pastikan segera menghapusnya. Jika hanya dinonaktifkan, selain bisa memperlambat proses loading situs, juga dapat memberi celah para hacker untuk meretas situs anda.

angan hanya menonaktifkan plugin yang tidak perlu. Hapus plugin tersebut untuk menutup celah bagi para hacker untuk meretas website Anda. Selain itu, menghapus plugin yang tidak digunakan dapat meringankan kerja WordPress Anda.

Buatlah Custom Login yang Unik

Untuk melakukan login otomat, biasanya kita menggunakan link login /wp-login.php. Hal ini tentu diketahui para hacker, sehingga mempermudah para hacker untuk menerobos akun anda. Hal ini akan semaki memudahkan mereka, jika anda juga menggunakan pasword yang sama, untuk berbagai akun dari layanan yang anda miliki.

Mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya ubahlah url login tersebut. Untuk memudahkannya, anda bisa menggunakan plugin Cutom Login URL. Selain link login, dengan plugin ini anda juga bisa merubah link logout, lost password, dan lain sebagainya.

Lakukan Backup Secara Berkala

Salah satu hal yang tidak boleh anda lupakan, adalah melakukan backup secara berkala. Dengan hal ini, maka jika ada fungsi dari website yang tidak berjalan akibat terkena virus dan lainnya. Sebagai pemilik situs maka kita akan bisa dengan cepat menanganinya. Hal ini karena anda bisa melakukan restore backup yang telah dibuat, sehingga bisa segera melakukan langkah pemulihan.

Melakukan backup secara berkala sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Ketika terdapat fungsi yang tidak berjalan atau terkena virus dan dibutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan pemulihan dengan cepat dengan cara me-restore backup yang telah dibuat.

Untuk melalukan backup WordPress anda bisa menggunakan dua cara, yaitu manual dan otomatis. Untuk backup manual, anda bisa membackup penyimpanan file dan MySQL yang ada pada situs WordPress anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan backup otomatis dari layanan hosting.

Proses backup dapat dilakukan dengan dua cara, backup otomatis dan backup manual. Backup secara manual meliputi penyimpanan database MySQL dan file yang terdapat pada website WordPress Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur backup dari layanan hosting yang dapat dilakukan secara otomatis.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda memasang plugin agar dapat dilakukan proses back up secara otomatis, baik harian, mingguan, atau bulanan sesuai yang anda atur sebelumnya. Adapun plugin yang bisa anda pilih, diantaranya adalah plugin BackUp WordPress dan Updraftplus.

Plugin BackUpWordPress, menawarkan pengguna untuk membackup dan merestore dengan mudah. Memori yang dibutuhkan plugin ini juga kecil sehingga tidak akan memberatkan situs anda.

Sementara untuk Updraftplus, plugin yang sangat populer akan fitur backup dan restorenya ini, juga dilengkapi fitur lain yang lengkap. Menariknya lagi, anda bisa dengan mudah menentukan file apa saja yang akan diupdate secara berkala.

Kesimpulan

Dengan adanya WordPress maka anda akan semakin mudah membuat website profesional. Dengan hal ini, tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak memiliki website. Sebab anda bisa mendapatkan berbagai panduannya dengan mudah, salah satunya di situs duniaelektronik.net ini.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat web dengan WordPress. Semua teori di atas hanya akan menjadi kesia-siaan, kecuali anda segera bergerak untuk membangun wesbsite secepat mungkin. Semoga kesuksesan dan keberuntungan selalu berpihak pada kita semua, aamiin.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.