Pendingin Ruangan Pengganti AC

Pendingin Ruangan Pengganti AC, Harga Terjangkau Kualitas Mumpuni

Diposting pada

Pendingin ruangan pengganti AC saat ini semakin beragam, dan mampu menjawab kebutuhan banyak orang. Harganya yang sangat terjangkau, akan membuat siapapun mudah untuk mendapatkannya.

Dengan memiliki pendingin ruangan tanpa AC ini, maka anda akan senantiasa dapat mengusir hawa panas ketika musim kemarau tiba. Lebih dari itu, hal ini pun akan berguna untuk mengusir berbagai hal yang bisa menyebabkan penyakit, seperti nyamuk, lalat, udara kotor, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Cara Memilih AC Berkualitas yang Sesuai Kebutuhan

Meskipun tak dapat dipungkiri, bahwa saat ini harga jual Air Conditioner pun semakin terjangkau. Namun tidak sedikit yang lebih memilih alternatif pendingin lain, dengan berbagai alasan. Umumnya hal ini dikarenakan budget yang belum cukup, ataupun kurangnya daya listrik yang tersedia di rumah, sehingga tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan daya AC.

Bagi sobat yang belum bisa memiliki AC karena beberapa alasan tertentu, tentu tak perlu berkecil hati. Apalagi setelah mengetahui alternatif pendingin ruangan pengganti AC ini. Meskipun kinerjanya mungkin belum seperti AC, namun peralatan ini tak perlu diragukan untuk berperan sebagai penyejuk suhu ruangan.

Baca : 10 Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik, Cocok untuk di Rumah dan Tempat Kerja

Lebih dari itu, pendingin ruangan pengganti AC ini, hanya membutuhkan daya yang sedikit, yang tentu lebih rendah dari daya yang dibutuhkan AC. Untuk lebih jelasnya mengenai alternatif pendingin ruangan ini, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Air Cooler

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Air Cooler merupakan pendingin ruangan pengganti AC yang terlihat modern, dan dapat dioprasikan dengan sangat praktis. Ukurannya yang tidak terlalu besar, akan membuat anda sangat mudah untuk memindahkannya, dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Daya yang digunakan Air Cooler umumnya bersumber dari daya listri. Namun demikian, alat ini harus tetap diisi dengan air ataupun es batu. Air Cooler adalah alat pendingin ruangan pengganti AC yang terbaik, anda harus tetap mengeceknya agar tangki air didalamnya senantiasa tersedia. Air yang dibutuhkan biasanya di bawah 10 liter.

Meskipun kelihatannya mahal, namun tidak sedikit air cooler yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Harga air cooler yang bervariasi tersebut, bergantung pada merk dan spesifikasi yang dimilikinya. Untuk bisa memiliki satu unit air cooler, anda bisa membeinya dengan harga mulai dari Rp. 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

2. Air Curtain

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Ketika kita melihat pendingin ruangan di pintu masuk mall, biasanya kita akan melihat alat berbentuk AC, bahkan saking miripnya tidak sedikit yang menganggapnya AC. Padahal sebenarnya itu adalah Air Curtain.

Selain digunakan untuk mendinginkan ruangan, Air Curtain juga berfungsi untuk menghalau serangga, sehingga ia tidak masuk ke dalam ruangan. Cara kerjanya adalah dengan menghembuskan udara dengan bertekanan tinggi, sehingga dengannya meski pintu mall terbuka maka udara panas dari luar tidak akan bisa masuk ke dalam.

Air Curtain membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sangat disarankan anda tidak menggunakan alat ini untuk kepentingan di rumah. Air Curtain hanya cocok digunakan di hotel, mall, supermarket, gedung bertingkat, ataupun di restoran yang besar.

3. Cooling Pack

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Alat pendingin ruangan pengganti AC berikutnya adalah Cooling Pack. Melihat bentuknya, mungkin sobat akan mengira kalau alat tersebut adalah bantal leher. Namun pada dasarnya itu adalah Coolong Pack, yang dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan yang dipasangkan dengan kipas angin.

Untuk menggunakannyaanda tinggal meletakan Cooling Pack ini, pada bagian belakang kipas angin. Adapun kipas angin yang cocok adalah yang berjenis portable maupun yang berdiri. Dengan hal ini, maka kipas angin akan dapat memancarkan udara yang sangat sejuk seperti halnya AC. Alat ini mampu menurunkan suhu ruangan antara 3-4 derajat celcius.

Sebelum menggunakannya, anda harus membekukannya terlebih dahulu dilemari es selama 4 jam. Selain dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan, Cooling Pack juga dapat digunakan untuk mendinginkan makanan dan minuman yang tersimpan dalam kotak.

Salah satu kelemahan alat ini, adalah anda harus menyiapkan alat khusus untuk menampung tetesan air pada bagian belakang kipas.

4. Exhaust Fan

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Exhaust fan meruapakan alternatif AC, yang dapat mendinginkan ruangan dengan lebih ekonomis. Alat ini, bekerja dengan menyedot udara dari dalam ruangan, kemudian menggantinya dengan udara baru sehingga akan terasa lebih sejuk dan segar. Melihat cara kerja dan bentuknya, alat ini sangat cocok diletakan di atas jendela ataupun pintu suatu ruangan.

Untuk daya listriknya, Exhaust Fan hanya memerlukan daya seperti halnya kipas angin portable maupun standing. Bedanya, angin yang dihembuskan alat ini tidak langsung memancar ke tubuh seperti halnya kipas angin, jadi dapat dipastikan akan lebih aman untuk kesehatan.

Baca Juga : 10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Cara Pencegahannya

5. Kipas Angin

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Kipas angin adalah pendingin ruangan pengganti AC yang sangat populer, keberadaannya hampir menyentuh semua lapisan masyarakat. Alat ini sendiri memiliki 2 tipe, yaitu standing dan portable. Bagi anda yang memerlukan kipas angin yang dapat dipindahkan dengan mudah, tentu anda bisa memilih yang berjenis portable.

Namun demikian, meskipun kipas angin standing berukuran lebih besar, sehingga kurang cocok untuk dipundah-pindah. Tenanganya yang lebih besar, tentu adalah nilai tersendiri dari jenis kipas angin ini.

Kipas angin memang memiliki harga yang sangat murah, lebih dari itu daya yang dibutuhkannya pun relative kecil. Namun udara yang dihasilkan darinya, tentu masih jauh dari kata sejuk seperti AC.Kendati demikian, alat ini sangat cocok untuk mengusir hawa panas dan rasa gerah anda.

6. Ventilating Fan

Pendingin Ruangan Pengganti AC

Alat pendingin pengganti AC yang terakhir adalah Ventilating Fan. Dilihat dari bentuknya alat ini memang mirip dengan Exhaust Fan, namun alat ini telah dilengkapi fitur yang lebih canggih dari Exhaust Fan.

Selain dapat digunakan untuk menarik udara keluar dari dalam ruangan, lebih dari itu alat ini juga mampu memasukan udara yang berasal dari luar ke dalam ruangan. Dengan perpindahan udara ini, tentu udara di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk.

Sekalipun lebih canggih, soal konsumsi dayanya sobat tak perlu khawatir. Sebab alat ini, hanay amembutuhkan daya yang sedikit layaknya Exhaust Fan. Dengan hal ini anda tentu takan khawatir tagihan listrik akan membengkak karenanya.

Demikian alat pendingin ruangan pengganti AC yang dapat kami jelaskan. Jika anda ingin lebih hemat energi, sebenarnya bisa menggunakan cara alami untuk membuat suhu ruangan senantiasa sejuk.

Untuk membuat ruangan terasa sejuk secara alami, pastikan ruangan nada memiliki jendela ventilasi yang cukup sehingga udara di dalam ruangan dapat mengalami pergantian secara teratur. Dengan terus bergantinya udara ini, maka suhu udara di dalam ruangan akan senantiasa sehat dan sejuk.

Selain itu, jangan lupa letakan beberapa tanaman hijau di dalam ruangan, hal ini akan membuat suhu ruangan terasa semakin sejuk.Tentu saja, karena tumbuhan hijau tersebut dapat memproduksi okigen (O2), dan menghirup gas beracun karbondioksida (CO2).

Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan ruangan secara berkala. Segera kemasi berbagai barang yang sudah tidak diperlukan lagi, dengan demikian ruangan akan terasa lebih sejuk dan bersih.

Untuk membuat ruang gerak semakin bebas, silahkan pindahkan beberapa perabot yang tidak digunakan ke gudang. Terlalu banyaknya perabotan di dalam ruangan, akan membuat suhu menjadi terasa lebih sumpek dan panas. Dengan menggunakan pendingin ruanagan pengganti AC tentu anda akan lebih menghemat biaya, namun akan lebih hemat lagi jika anda menggunakan cara alami ini. Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *