sumber penghasilan blog

Bukan Hanya Adsense, Ini 17+ Sumber Penghasilan Blog yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Membahas sumber penghasilan blog tentu sangat menarik untuk dibahas. Mayoritas blogger pemula sangat fokus dengan Adsense, padahal sumber penghasilan blogger itu ada banyak sekali. Diantaranya adalah yang akan penulis paparkan dalam postingan ini.

Sebenarnya tulisan mengenai sumber penghasilan blog ini, sudah pernah penulis bahas di klikmania.net. Berhubung selalu muncul di halaman pertama, penulis jadi termotivasi untuk menyaingi tulisan sendiri di beranda pencarian Google, hehe… Tapi bukan itu juga sih, intinya selain agar dapat memotivasi pembaca, tentu tujuan utamanya adalah memotivasi diri sendiri.

Baca Juga : Tips Sukses Ngeblog dari Blogger Indonesia Berpenghasilan Ratusan Juta

Selain Uang, Ini Keuntungan Menjadi Blogger

Menjadi seseorang yang sukses kaya raya dari hasil ngeblog, bukanlah sebuah rahasia lagi. Tidak sedikit blog Indonesia dan luar negeri, yang telah membuktikan hal itu. Lidna Ikeji bahkan sudah membuktikan bisa meraih penghasilan fantastis, meski hanya menggunakan blog gratisan. Ada lagi Eka Lesmana yang hanya lulusan SMP, namun sudah terkenal dengan penghasilan fantastis dari blognya.

Saking menggiurkannya penghasilan seorang blogger, akhirnya tak sedikit orang yang banting setir, dari pekerjaan awal dengan penghasilan mencapai puluhan juta perbulan. Meski terdengar konyol, apalagi diantara mereka bekerja di perusahaan bonafit dengan posisi penting. Tapi dengan berjalannya waktu, toh mereka akhirnya bisa membuktikan, bahwa keputusannya fokus menggeluti dunia blogging tidaklah sia-sia.

Baca Selengkapnya : 4 Orang Ini Tinggalkan Pekerjaan Bergaji Tinggi Demi Menjadi Full Time Blogger, Hasilnya Mencengangkan!

Selain finansial berikut beberapa keuntungan menjadi seorang blogger :

Tabungan Akhirat

Sejarah mencatat mayoritas ulama yang masih memberikan manfaatnya hingga saat ini, adalah mereka yang pada masa hidupnya suka menulis. Berbagai kitab atau buku yang mereka tulis, menjadi panduan umat. Dengan hal ini, setiap kebaikan yang diajarkan dan diikuti, tentu akan membuat dirinya senantiasa mendapat pahala. Bukankah Rasulullah sudah mengingatkan kita, bahwa pahala yang akan terus mengalir higga ke kubur, salah satunya adalah ilmu yang manfaat.

Selain menulis buku, blogger merupakan salah satu aktifitas yang bisa mempermudah akan hal itu. Atas dasar itu, berupaya maksimal membuat tulisan bermanfaat dan bernilai fositif, adalah suatu hal yang harus selalu diutamakan. Lebih penting dari itu, tentu niat yang harus selalu diarahkan, agar bisa selalu dilandasi niat ibadah.

Saking khawatirnya dengan hal ini, penulis tidak membuat semua blog dengan custom domain. Penulis khawatir jika menggunakan domain tidak ada yang memperpanjang, oleh karena itu ada diantara blog penulis masih  menggunakan blogspot. Tujuannya satu, agar meski penulis sudah tidak ada di dunia, blog tersebut bisa tetap ada dan memberikan manfaat.

Catatan Sejarah

Hasil tulisan seseorang adalah salah satu hal yang  bisa dijadikan catatan sejarah, baik ketika ia masih, bahkan hingga sudah tidak ada di dunia ini lagi. Sebuah pepatah bijak ada yang mengatakan, bahwa tanpa menulis sepandai apapun orang ia tetap akan hilang dari sejarah.

Dengan menulis kita bisa selalu dikenang oleh anak cucu kita, bahkan hingga orang lain sekali pun. Hal ini karena kekuatan tulisan memang sangat besar, dimana dengannya sobat bisa berbagi ilmu, inspirasi, dan hal baik lainnya dengan siapapun, dan dimana pun.

Kepuasan Batin

Bagi penulis menjadi seorang blogger adalah salah satu panggilan batin, sehingg harus dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Jumlah visitor yang terus menanjak setiap waktunya, ditambah komentar para pengunjung yang merespon positif setaip tulisan yang dibuat, adalah suatu hal yang sangat membuat batin puas. Menulis memang kadang terasa berat, terutama jika rasa malas menghampiri di tengah aktivitas lain yang padat. Namun semua itu akan terbayar jika tulisan sudah terpublish, dan pembaca merasa sangat terbantu, termotivasi, hingga terinspirasi karenanya.

Bagian dari Portofolio

Menjadi seorang blogger berarti sedang mengumpulkan portofolio diri sendiri, sehingga semakin banyak kita menulis dan memiliki blog, maka portofolio diri kita pun akan semakin banyak pula.

Sebagai seorang blogger, penulis selalu berharap agar kelak bisa menulis sebuah buku. Ini yang selalu ada dalam angan-angan, salah satunya bisa menuliskan pengalaman dalam menulis. Oleh sebab itu, menurut penulis ketika kita bisa menjadi kontributor di banyak blog, tentu portofolio yang kita bangun akan semakin lengkap.

Sebenarnya penulis sendiri selama ini sudah beberapa kali menjadi kontributor blog, terutama pada situs berita. Namun baru penulis termotivasi memiliki blog sendiri,  setelah menjadi kontributor di klikmania.net, hingga akhirnya bersama dengan istri diibuatlah blog duniaelektrnik.net ini.

Pergaulan Menjadi Lebih Luas

keuntungan menjadi blogger

Saat ini diberbagai propesi atau hobi banyak sekali komunitas. Hal ini tentu berlaku bagi seorang blogger, menemukan berbagai komunitas blog di media sosial tentu tidaklah sulit. Tak sedikit juga komunitas bolg di berbagai daerah, dimana mereka sering melakukan kopdar bersama untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Mempermudah Mendapatkan Pekerjaan

Untuk sobat yang saat ini masih menempuh pendidikan, menjadi seorang blogger tentu merupakan suatu pilihan yang tepat. Keuntungan menjadi blogger bagi yang sedang menempuh pendidikan, selain dapat menghasilkan tambahan uang saku, juga dapat memeberikan keuntungan bagi masa depannya.

Hal ini karena blog yang dibuatnya, bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi sebuah perusahaan untuk menerimanya. Apalagi jika sobat mendaptarnya dibagian penulisan, seperti jurnalis dan lainnya tentu ini akan lebih membantu.

Bukan tidak mungkin ketika sobat lulus, blog yang dibangun jutsru sudah menghasilkan penghasilan tinggi.

Akhirnya yang semula berniat ingin melamar kerja, malah menjadi mencari karyawan. Bukankah membangun perusahaan sendiri itu lebih mengasikan. Lagi pula, banyaknya jumlah pengangguran ditambah ketentuan persyaratan saat melamar kerja, tidak sedikit yang akhirnya membuat banyak orang tidak bisa diterima kerja.

Investasi Jangka Panjang

Membangun sebuah blog memang terkadang menyita banyak waktu, dan untuk menghasilkan banyak uang tidaklah cepat. Namun itu hanya dirasakan di awal, sebab ketika blog yang kita bangun sudah memiliki banyak tulisan, dan sudah dikenal luas maka kita tinggal menikmati hasilnya.

Ingatlah selalu bahwa ketika sobat sedang menulis, itu berarti sedang mengumpulkan investasi. Meski tak sedikit yang menilai negatif aktifitas sobat, namun yakinlah setelah terlihat hasilnya setiap nyinyiran, akan berubah mejadi pujian. Atas dasar itulah, sangat disarankan ketika membangun blog, sobat harus memiliki pekerjaan lain, yang bisa mencukupi kebutuhan sobat dan keluarga.

Penulis sendiri, selain fokus di blog saat ini juga bertani bawang merah, cabe dan jagung. Disamping itu jika pagi sampai siang mengajr di SD, sepulang dari SD menjaga konter dan foto copyan di rumah. Namun ketika sudah punya penghasilan bukankah kita bisa membayar orang lain, sehingga tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.

Bertani bisa menyuruh orang lain untuk mengurus, begitupun dengan blog. Penulis yakin, blog yang kita bangun akan cepat sukses, jika kita memiliki tim penulis. Semakin banyak tim penulis yang kita miliki, maka kesuksesan pun bisa kita raih dengan lebih cepat.

Dengan menjadi seorang blogger penulis pun mantap tidak ikut daftar CPNS, padahal ini merupakan cita-cita utama penulis, ketika memutuskan kuliah keguruan dulu. Sekarang motivasi penulis adalah memiliki banyak penghasilan, sehingga mengajar hanya diniatkan untuk sarana ibadah saja. Dan salah satunya tentu dengan memanfaatkan beberapa sumber penghasilan blogger yang akan kita bahas ini.

17+ Sumber Penghasilan Blog

dari mana sumber penghasilan blogger

Setelah membahas keuntungan menjadi blogger, tibalah saatnya kita membahas 17+ sumber penghasilan bloger, yang akan kita bahas satu persatu. Semoga dengan mengetahui hal ini, sobat semakin semangat dan termotivasi untuk terus mengembangkan blognya. Adapun sumber penghasilan yang penulis maksud adalah sebagai berikut :

1. Jaringan Periklanan

Ini adalah satu sumber penghasilan yang sangat populer di kalangan blogger. Melalui program inilah penghasilan jutaan, hingga puluhan juta perbulan mereka dapatkan.

Jaringan Periklanan atau advertising network sendiri adalah layanan periklanan, yang dapat menghubungkan antara para blogger dengan pemasang iklan. Jadi dalam hal ini, blogger dibayar dari iklan yang mereka pasang pada blognya.

Salah satu advertising network yang sangat populer adalah Google Adsense. Dari sinilah Eka Lesmana, Ghani Sebastian, Timon Adoyoso dan lainya mendapatkan penghasilan pantastis tiap bulannya. Untuk mengikuti program ini, sobat tinggal mendaftar, dan jika telah disetujui adminnya maka sudah bisa bekerjasama.

Baca Selengkapnya : Tips Langsung Ditrima Google Adsense Hanya dengan Sekali Daftar

Adapun penghasilan blogger dari iklan ini biasanya dihitung dari jumlah klik pengunjung, terhadap iklan yang dipasang pasa blog kita. Sistem pembayaran ini, biasanya dikenal dengan istilah CPC (Pay per Click). Selain Adsense, beberapa contoh program lain yang sejenis yaitu Widget Bucks dan Text Link Ads.

2. Iklan Langsung atau Direct Advertising

Sumber penghasilan blog berikutnya adalah dari iklan langsung. Jadi dalam hal ini, para blogger mendapatkan atau memberikan penawaran pemasang iklan, untuk beriklan di blognya.

Pembayaran yang didapatkan dari program ini tentu lebih besar, sebab tidak melalui pihak ketiga. Kendati demikian, untuk mendapatkannya tidaklah mudah, apalagi jika kita masih pemula. Selain jumlah visitor yang banyak, tulisan yang kita buat juga harus senantiasa berkualitas.

Tema blog kita juga harus menarik, dan tentu saja blog tersebut memiliki reputasi yang baik dari para pembacanya. Nilai tambah, jika blog kita juga bisa menjadi rujukan bagi para blogger lainnya.

3. Dari Program Affilasi

Program affilasi adalah suatu program, dimana kita bisa menjual produk orang lain melalui blog kita. Jadi ketika kemudian ada pembaca yang membeli produk yang kita iklankan tersebut, maka kita akan mendapatkan bayaran.

Ada banyak sekali program jenis ini, misalnya saja seperti lazada, blibli.com, dan lain sebagainya.

4. Content Placement

content placeem

Jujur nih, ini adalah salah satu sumber penghasilan blogger yang sangat penulis sukai. Sebab selain dapat artikel gratis, kita juga akan mendapatkan bayaran.

Dalam hal ini, kita akan mendapatkan artikel dari perusahaan atau perorangan. Dalam artikel tersebut biasanya ada lnink yang mengarah pada blognya. Agar lebih jelas mengenai program ini, mending sobat baca aja deh postingan di bawah :

Baca : Penjelasan Lengkap Mengenai Content Placement di Dunia Elektronik

5. Blog Network

Blog network yaitu sebuah  sistem kerjasama antara para blogger. Contohnya saja sobat yang belum diterima Adsense, bisa bekerjasama dengan teman blogger lain. Dimana ia menempatkan iklan melalui akunnya pada blog sobat, dan sobat akan mendapat komisi dari presentase iklan tersebut.

Contoh yang lainnya misalnya seorang blogger mengundang sobat jadi penulis di blognya, kemudian sobat pun mendapat presntase penghasilan dari iklan blognya itu.

6. Jasa Review Produk

Dari mana sumber penghasilan blogger yang satu ini, adalah dengan cara mereview produk atau jasa yang dimiliki orang lain. Hampir sama dengan direct advertising, hanya saja bentuk iklan review produk ini dalam bentuk postingan, bukan baner.

Kebanyakan blogger yang menerima jasa ini, biasanya mengumumkan melalui blognya jika mereka menerima job jenis ini. Bisa juga blogger yang bersangkutan menawarkan langsung pada perusahaan, untuk mereview produk perusahaan tersebut pada blognya.

Selain jumlah visitor yang banyak, kualitas tulisan, dan kesesuaian niche blog adalah beberapa pertimbangan utama bagi berbagai perusahaan, untuk memutuskan mereview produknya pada suatu blog.

7. Menjual Produk Sendiri

Saat ini tidak sedikit situs jualan online di internet. Bahkan selain menjadikan sebagai sampingan, ada juga para blogger yang memutuskan membuat blog khusus untuk berjualan online.

Penghasilan dari menjual produk sendiri, tentu lebih besar dari  sumber penghasilan blogger yang lainnya. Bahkan hanya dengan menjual satu jenis produk saja,pemilik blog sugeng.id telah meraih penghasilan hampir satu milyar rupiah. Ini salah satu bukti betapa kuatnya kekuatan pasar melalui internet itu.

Jika sobat memiliki usaha di rumah, tentu tidak ada salahnya jika sekarang mulai mengiklankannya di blog.

8. Menjual Jasa Melalui Blog

Salah satu sumber penghasilan blogger yang sangat menguntungkan, adalah dengan menjual jasa. Cara yang satu ini sangat cocok untuk sobat yang memiliki keahlian, khususnya yang bisa disalurkan melalui internet.

Contohnya tentu sangat beragam, misalnya saja seperti jasa menulis artikel, jasa membuat blog, jasa desain, jasa menggambar, jasa edit tema blog, dan lain sebagainya.

9. Mengadakan Program Membership

membership blog

Program membership yaitu program premium yang disediakan seorang blogger, dimana ada banyak postingan sangat berkualitas, yang hanya bisa di nikmati membernya. Untuk menjadi member, para pelanggannya diharuskan membayar biaya langganan.

Banyak para blogger di dunia, tak terkecuali Indonesia yang telah merasakan besarnya penghasilan ini. Salah satu diantaranya adalah Yosef Ardi.

Penghasilan belasan juta perbulan dari jabatannya sebagai managing editor, bahkan sampai rela ia tinggalkan demi bisa fokus mengurus blognya. Dimana sumber utama penghasilannya adalah dari program membership ini.

10. Aktif dalam Lomba Blog

Selain semakin mengasah kemampuan dalam menulis, lomba blog juga akan membuat sobat berpeluang memiliki banyak penghasilan. Tak sedikit perusahaan yang mengadakan lomba blog, dengan hadiah jutaan hingga  puluhan juta. Bahkan sebuah perusahaan otomotif pernah mengadakan lomba blog, dengan hadiah utama kendaraan roda empat, dan roda dua. Alhamdulillah penulis ikut dalam lomba ini, dan belum bisa menang, hehe…

Sebaiknya setiap sebulan atau bahkan seminggu sekali, sobat aktif mencari informasi tentang lomba blog di search engine Google. Di Kompasiana sendiri, sering ada lomba blog dan penulis pun pernah beberapa kali mengikutinya. Namun tentu akan lebih bangga mengikuti lomba dengan blog sendiri, dan salah satu ketentuannya blog yang kita miliki harus rajin diupdate.

11. Menjual Merchandise

Menjual merchandise adalah salah satu tips menjadi bloger sukses. Sebab selain menjadi salah satu sumber penghasilan, blog yang dibangun juga akan lebih mudah untuk dikenal banyak publik.

Syarat utama blogger bisa melakukan ini, adalah memiliki banyak pembaca yang solid. Setelah itu, sobat bisa mengiklankan mechandiser, baik berupa topi, kaos, jaket dan lainnya yang bertuliskan blog kita. Cara mengiklankannya bisa melalui postingan blog, baner iklan dalam blog, atau pun melalui media sosial.

12. Menjadi Konsutan blog

Keuntungan menjadi blogger, diantaranya sobat memiliki kesempatan untuk menjadi seorang konsultan. Hal ini akan sobat dapatkan dengan mudah, jika blog yang kita bangun sudah sangat terkenal, serta memiliki citra yang begitu positif.

Dalam hal ini, sobat bisa menjadi konsultan untuk orang-orang yang ingin membuat blog, baik blog personal atau pun organisasi. Jika para blogger sudah banyak yang tahu akan kesuksesan blog yang kita bangun, maka tentu mereka pun banyak yang ingin berkonsultasi, agar blognya bisa berkembang. Dalam hal ini, kita bisa menentukan tarif untuk setiap konsultasi yang dilakukan.

13. Mengisi Seminar

seminar blog

Profesi seorang blogger bukanlah profesi sembarangan, dan tidak semua orang bisa melakukannya. Salah satu tips menjadi blogger sukses, adalah mau berbagi dengan sesama. Hal ini akan melatih kemampuan kita, baik kemampuan menulis maupun berbicara di depan umum.

Jika kita sudah bisa menjadi seorang blogger sukses, maka bukan hal yang sulit untuk mendapatkan undangan untuk mengisi sebuah seminar. Baik yang bertema tentang dunia blogging, atau pun yang sesuai dengan niche blog yang kita miliki.

Ini merupakan keuntungan menjadi blogger yang sangat menggiurkan. Selain sebagai salah satu sumber penghasilan blog, juga sangat baik untuk upaya sobat dalam meniti karier.

14. Bisnis Penulisan Blog

Di internet banyak sekali blogger yang menyediakan jasa penulisan. Mayoritas mereka memiliki tim yang cukup banyak, sehingga penghasilannya cukup pntastis. Banyaknya blog-blog baru yang bermunculan, ditambah blogger senior yang semakin tak memiliki banyak waktu mengurus blognya, merupakan suatu indikasi bahwa layanan ini akan selalu banyak diminati.

Dengan menyediakan jasa penulisan artikel untuk postingan blog, maka penghasilan besar bisa lebih cepat dapat sobat raih. Namun demikian, hal ini adalah sebuah bukti real bahwa blogger adalah salah satu profesi yang menjanjikan kesuksesan.

15. Menulis di Media Masa

Bagi seorang blogger senior yang sudah memiliki nama, menulis di media masa tentu bukanlah hal sulit. Namun bukan berarti blogger pemula tidak bisa melakukannya. Selama tulisannya berkualitas dan sesuai standar yang telah ditentukan, maka tentu kesempatan untuk terpublish juga besar.

Cara ini merupakan salah satu sumber penghasilan blogger yang cukup besar. Bayaran yang diterimapun bervariasi , tergantung dari media yag bersangkutan. Mayoritas blogger dibayar mulai dari puluhan, ratusan ribu, bahkan hingga jutaan rupiah.

Caranya sobat tinggal kirimkan saja tulisan sobat ke email media konvensioanl, misalnya seperti majalah dan koran. Jangan lupa cantumkan pula keterangan profesi sobat sebagai seorang blogger. Jika situs yang dikelola sudah besar dan terkenal, menuliskannya dalam data diri tentu akan menambah nilai tersendiri.

16. Menulis Buku

menulis buku dari blog

Ini adalah salah satu impian penulis, yang insya Allah harus bisa terwujud. Seperti sudah dibahas sebelumnya tanpa menulis kita bisa hilang dari sejarah.

Bayangkan betapa bahagianya kita, seandainya buku-buku kita bisa tersebar di berbagai rumah masyarakat, sekolah-sekolah, dan berbagai perpustakaan fasilitas umum lainnya.  Selain mendapatkan keuntungan secara materi dan kepuasan batin, insya Allah itu bisa menjadi perantara untuk kebahagiaan kita di akhirat kelak.

Penulis yakin, menulis buku bagi seorang blogger bukanlah hal yang sulit. Sebab memang menulis adalah passionnya, dan hampir setiap hari aktifitasnya dilalui dengan menulis. Selain membuat tulisan baru, kita pun bisa membukukan setiap tulisan terbaik yang ada dalam blog kita.

17. Menjual Blog

Di Indonesia mungkin ini jarang terjadi, meski dalam grup media sosial blogger penulis sering menemukan hal ini. Memang di luar negeri pun menjual blog yang kita bangun bukanlah hal baru.  Dimana setelah memiliki blog berkualitas, dengan jumlah vistor banyak kemudian kita bisa menjual blog tersebut. Adapun harganya tentu disesuaikan dengan kualitas blog tersebut.

Apabila blog sudah terjual, selanjutnya kita membuat blog baru dan membuatnya seberkualitas mungkin, sehingga harga jualnya akan tinggi.

17+ Sumber Penghasilan Blog yang Lainnya

Sobat mungkin bertanya kenapa 17+ bukan angka 18 yang penulis tulis. Sebab angka tersebut untuk menunjukan bahwa ada banyak sebenarnya sumber penghasilan blog itu. Angka 18 belum cukup untuk menggambarkan seberapa banyak sumber-sumber penghasilan blogger itu.

Sebab seiring berjalannya waktu, sumber penghasilan para blogger akan senantiasa bertambah. Misalnya saja seperti diajak kerja sama dengan media besar, dan lain sebagainya. Seperti baru-baru ini misalnya, salah satu blog penulis sudah bisa menampilkan iklan dari mgid, dan mendapatkan penghasilan darinya. Padahal bagi penulis ini merupakan informasi baru.

Baca Juga : Review Mgid Program Periklanan yang Membayar Mahal Publisher, Aman Disandingkan dengan Adsense?

Tips Menjadi Blogger Sukses

Sebelum mengakhiri tulisan ini, rasanya kurang lengkap jika penulis tidak membahas tips menjadi blogger sukses. Adapun beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan utama bukan mencari uang.
  2. Memiliki niche blog yang sesuai dengan passion.
  3. Memiliki domain yang simpel, mudah diingat, dan dapat mewakili semua isi yang ada dalam blog tersebut.
  4. Menggunakan tema yang nyaman dipandang, dan responsif.
  5. Cepat saat diakses.
  6. Postingan orisinil, dan selalu diupdate.
  7. Memiliki tim penulis
  8. Dan lain sebagainya, yang bisa kita bahas di kolom komentar.

Penutup

Setelah membaca postingan ini, sobat tentu tidak bingung lagi akan dari mana sumber penghasilan blogger itu. Begitu banyaknya sumber penghasilan blog, tapi percayalah jika hanya materi tujuan kita maka akan sulit untuk maju. Namun jika tujuan utama kita menulis adalah ibadah, maka Tuhan pasti ridho dan mudahkan segalanya. Keridhoan Tuhan adalah keuntungan menjadi blogger yang utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *