Tutorial Cara Menggunakan Nmap dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Menggunakan Nmap

Cara Menggunakan Nmap – Tools Nmap merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui port yang terbuka pada server perangkat komputer. Pada saat port sebuah jaringan sudah terbuka, bisa dipastikan ada layanan yang tersedia di belakangnya.

Layanan bisa saja berupa Webserver, FTP, serta layanan lainnya. Nmap sering juga disebut sebagai tools Black Hat (Tool Hacking). Hal ini karena berkaitan dengan mengetahui celah pada sebuah server tanpa diketahui admin server tersebut.

Nmap juga sudah disediakan versi Windows maupun Linux. Namun sekali lagi meskipun termasuk tools hacking, tidak seharusnya menggunakan tools ini dengan seenaknya.

Cara Menggunakan Nmap

Cara install Nmap pada OS Linux menggunakan perintah berikut: Sudo apt-get install nmap

Namun bila anda menggunakan OS windows. Pertama anda harus download Nmap pada situs yang menyediakan tools tersebut. Cara install pada perangkat windows juga berbeda bila menggunakan Linux.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Menggunakan Mendeley yang Jarang Diketahui

Pada artikel ini tidak akan membahas cara menggunakan Nmap. Silahkan anda mengikuti petunjuk yang akan diberikan.

Cara Deteksi Perangkat Komputer Yang On Dalam Sebuah Jaringan Menggunakan Nmap

  • Pertama anda harus menggunakan perintah dasar yakni: nmap –SP [rangedip]

Cara Menggunakan Nmap

Tampilan hasil deteksi seperti pada gambar di atas. Anda bisa mengetahui IP Address dengan lengkap.Dari hasil deteksi sekitar 3 (tiga) komputer dalam keadaan On. Hal lainnya yang bisa anda dapatkan yakni bisa melihat Mac Address serta jenis kartu jaringan yang digunakan.

 

  • Deteksi Port Terbuka : Apabila anda ingin melakukan scan pada sebuah server, maka bisa melakukan deteksi apakah dalam keadaan On atau Off. Contohnya ketika anda menginstal SSH sebuah server pada remote gagal, hal tersebut bisa saja disebabkan karena SSH belum pada posisi On.

 

Untuk mengetahui port yang terbuka anda bisa menggunakan perintah:  nmap –sS [IPtarget]

Kurang lebih hasil dari perintah dasar tersebut seperti gambar di berikut.

Cara Menggunakan Nmap

Pada hasil scan yang sudah dilakukan bisa dilihat sekitar 5 port dalam posisi terbuka. Layanan port tersebut menyediakan file sharing serta remote desktop VNC.

 

  • Deteksi Sistem Operasi Yang Digunakan Perangkat Komputer: Bila ingin mengetahui jenis sistem operasi yang digunakan bisa menggunakan perintah nmap -0 [IPtarget]

Cara Menggunakan Nmap

Perlu diketahui bila nmap tidak akan bisa memberitahukan secara spesifik jenis OS yang digunakan pada perangkat komputer. Hanya saja bisa menebak OS yang digunakan. Bisa dilihat pada hasil scan menampilkan IP Address. Dari hasil scan bisa ditebak kemungkinan menggunakan OS windows.

Itulah cara menggunakan Nmap secara sederhana. Ada banyak langkah lainnya yang berkaitan dengan penggunaan Nmap. Selebihnya akan dibuat dalam artikel berbeda dengan trik lain. Maka dari itu selalu berlangganan pada website ini agar mendapatkan info update terbaru.

Perlu diingat juga bila Nmap harus digunakan pada jaringan anda sendiri. Jangan menggunakan tools ini pada jaringan orang lain. Gunakanlah tools ini dengan bijak serta tidak disarankan digunakan pada hal negatif.

Perkembangan teknologi seperti saat ini tidak bisa dihindari lagi bila banyak tools yang dibuat dengan tujuan berbeda. Termasuk tools serupa dengan Nmap. Hanya saja kita harus bisa menggunakan semua teknologi dengan cerdas serta bijak. Tujuannya agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain bahkan tidak melanggar aturan.

Ketika salah menggunakan tools seperti Nmap maka bisa saja mendapatkan sanksi dari orang lain. Terlebih melakukan tindakan yang merugikan mereka. Lebih smart menggunakan teknologi yang semakin modern.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *